Saturday 2 April 2022

Tips Puasa Saat Pandemi

Bulan puasa tahun ini kita sudah bisa lebih leluasa menjalankannya, karena kasus covid-19 sudah berkurang. Akan tetapi, kita masih harus berhati-hati karena kasusnya bisa naik lagi. Kemunculan virus varian baru ada kemungkinan terjadi setelah virus Delta dan Omicron.

Tips puasa saat pandemi


Bulan Ramadan identik dengan keramaian. Acara buka puasa bersama, tarawih di masjid, itiqaf, Nuzulul Quran, tadarus, dan lain-lain bisa diadakan beramai-ramai. Selama dua tahun kita menahan diri untuk menjalankan Ramadan beramai-ramai. Semuanya dilakukan di rumah saja bersama keluarga.


Bagi saya sendiri sih tidak masalah, karena saya tidak terlalu suka dengan acara buka bersama. Untuk salat tarawih pun, sejak punya anak kecil, saya salat di rumah saja. Begitu juga dengan ibadah lainnya. Alhamdulillah karena lebih banyak di rumah, selama dua tahun pandemi ini tidak ada anggota keluarga kami yang tertular virus covid. 

Berikut ini saya berbagi tips puasa saat pandemi: 

Buka Bersama 
Acara buka bersama sudah mulai marak. Dua tahun lalu ditiadakan karena khawatir menularkan virus. Jika tidak terlalu penting, lebih baik buka bersama dengan keluarga saja di rumah. 

Jika ingin buka bersama di restoran, maka lebih baik pilih restoran yang sepi sehingga bisa terhindar dari kemungkinan terkena virus. Atau pilihlah tempat duduk di pojok dan terpisah dari banyak orang. 

Salat Tarawih di Rumah 
Jika masih khawatir dengan penularan virus, lebih baik salat di rumah saja. Kalaupun ingin salat di masjid, tetap kenakan maskernya saat salat. Apa tidak sesak salat pakai masker? Kalau saya sih tidak. 

Makanan Bergizi dan Suplemen 
Untuk sahur dan berbuka, tetaplah mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung vitamin untuk memperkuat imunitas tubuh, sehingga mencegah penularan virus. 

Tambahan vitamin, bisa minum suplemen sekali sehari. Terutama yang mengandung vitamin C dan D. 

Ngabuburit Aman 
Dulu ngabuburit di tempat ramai seperti di mall, biar sambil cuci mata eh tahu-tahu sudah jam berbuka. Atau jalan-jalan ke alun-alun dan kumpul-kumpul bersama orang-orang. 

Ngabuburit bisa juga dengan melakukan aktivitas lain yang tak perlu kontak dengan orang banyak. Misalnya, membaca buku, melakukan hobi apa pun di rumah, menonton drakor yang aman, dll. 


Nah, itu dia tips puasa aman saat pandemi. Ada yang punya tips lainnya? 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^