Sunday 10 April 2022

5 Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Keberkahannya sama dengan seribu bulan. Bersyukur kita telah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan. Semua amal kebaikan di bulan ini akan dilipatgandakan. 

kegiatan puasa



Jangan sia-siakan kesempatan menangguk pahala di bulan puasa ini. Perbanyak juga melantunkan doa karena berpeluang besar dikabulkan. Saya pun yakin kalau berdoa di bulan Ramadan itu, cepat dikabulkan. Saya merasa rezeki di bulan puasa lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lain. 

Itu kenapa saat bulan puasa sebaiknya kita punya target aktivitas positif dan ibadah. Ada 5 hal yang ingin saya lakukan saat bulan puasa, selain dari 5 Kegiatan Bermanfaat di Bulan Puasa

Rutin Salat Tarawih 

Jujur, salat tarawih itu berat lho. Saya juga merasakannya. Salat dengan jumlah rakaat yang banyak usai berbuka puasa, memang membutuhkan tekad kuat. Pengennya sih ngemil aja terus kan, karena besok puasa lagi. 

Walapun salat tarawih itu sunah sehingga kita bisa sesekali meninggalkannya, tapi saya ingin rutin melakukannya. Ya bila terpaksa nggak salat tarawih, jangan banyak-banyak liburnya. Toh, saya sudah libur juga salat tarawih di awal puasa karena haid. 

Kalaupun nggak bisa salat tarawih jam 7 malam, bisa dilakukan tengah malam atau sebelum makan sahur. 

Sedekah Setiap Hari 

Sedekah mendidik diri agar menjadi orang yang dermawan. Nabi menganjurkan kaum wanita agar rajin bersedekah, untuk menghapus dosa-dosa yang disengaja maupun tidak dikarenakan kaum wanita sering tergelincir berbuat dosa salah satunya suka ghibah. 

Sedekah tiap hari tidak harus ke pengemis. Kebetulan di sekolah anak saya disuruh membawa uang sedekah setiap hari. Ya sudah saya titipkan saja sedekahnya ke sekolah anak saya.  

Membaca Al Quran

Kesibukan seringkali membuat kita lupa membaca kitab suci. Hal itu juga terjadi kepada saya. Maka di bulan Ramadan ini, saya bertekad akan membaca Al Quran setiap hari. Walaupun mungkin tidak sampai khatam, setidaknya saya sudah berusaha membaca ayat-ayat-Nya. 

Menulis Novel 

Ada lomba menulis islami yang dimulai di bulan Ramadan ini. Saya berniat mengikutinya. Walaupun mungkin tidak bisa cepat tamat, setidaknya saya sudah berusaha menulis novel setiap hari. 

Mengikuti BPN Ramadan 2022 

Menulis blog tiap hari selama bulan Ramadan? Yup, saya juga berusaha menaklukkan tantangannya supaya puasa di rumah saja tetap produktif. Tantangan dari Blogger Perempuan ini diadakan tiap tahun di bulan Ramadan, tapi baru dua kali saya ikuti. Semoga saya bisa menaklukkan tantangannya. Semangat! 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^