Sunday 3 April 2022

Kamar Tempat Ngabuburit Asyik

Cukup lama juga saya berpikir di mana tempat ngabuburit asyik ala saya? Apakah di mal? Di restoran? Taman? Tempat wisata? Akhirnya pilihan jatuh pada suatu tempat yang masih ada di dalam rumah yaitu kamar. 

tempat ngabuburit


Yup, bagi kami sekeluarga, kamar adalah tempat ngabuburit paling asyik. Anak-anak saya malah sudah susah diajak ke luar rumah. Maunya di kamar saja. Begitu juga dengan saya. Di kamar bukan hanya rebahan, ya walaupun sebagian besar kegiatan dilakukan sambil rebahan. 


Apa saja kegiatan yang dilakukan di kamar sambil menanti buka puasa? 

Kerja dan Belajar 
Saya dan suami sama-sama bekerja di kamar, baik itu sambil rebahan atau duduk di kursi. Ada meja kerja juga di kamar. Kalau duduk di kursi, biasanya saat mau ikut zoom yang on cam. Posisi harus rapi, jadi ya sambil duduk. Kalau rebahan, untuk zoom off cam atau nulis santai. 

Tidur 
Ya sudah tentu kamar untuk tidur. Biasanya kalau tengah hari tuh, supaya cepat menuji waktunya berbuka puasa, ya tidur setelah salat zuhur. Apalagi kan tengah hari tuh panas banget ya. Bangun lagi saat azan Asar. Jadi nggak terasa kan puasanya hehe.

Ibadah 
Saat puasa harus perbanyak salat sunah dan mengaji. Ibadah paling enak ya di kamar karena khusyuk dan sepi. Selepas ibadah pun bisa langsung tidur di atas sajadah, enak banget deh. 

Nonton 
Sekarang mau nonton nggak perlu lagi depan televisi. Nonton bisa pakai hape dengan berlangganan platform nonton. Kalau saya nonton di Disney+ Hotstar karena gratis kalau isi kuota Telkomsel. Asalkan dipilih tontonannya yang aman ditonton saat sedang puasa. Jangan sampai yang bisa membatalkan puasa ya. 

Bercerita
Si kecil masih belajar puasa. Supaya kuat puasa sampai magrib, ngabuburit dengan membacakam cerita atau bercerita apa saja sambil rebahan di atas kasur. 

Supaya ngabuburit di kamar berjalan lancar, tentunya butuh modal juga. Apa saja nih yang harus tersedia di kamar untuk mendukung ngabuburit? 

  • Wifi
Berlangganan wifi terhitung lebih murah daripada membeli kuota internet. Dengan biaya per bulan Rp 250 ribu, sudah bisa menutup kebutuhan internet semua anggota keluarga. 

  • AC atau Kipas Angin 
Udara Depok sangat panas kalau tidak ada AC atau kipas angin. Dua kamar pakai AC, satu kamar pakai kipas angin besar. Jadi semua orang bisa nyaman seharian di kamar. 

  • Kebersihan Kamar 
Harus banget nih kamar bersih, biar enak rebahannya. Seprai dan sarung bantal rutin diganti. Lantai kamar pun harus sering dibersihkan biar nggak ada binatang-binatang kecil seperti kecoak. 


Nah, itu alasan kenapa menjadi tempat ngabuburit paling asyik bagi keluarga kami. Gimana dengan mama-mama semua? 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^