Saturday 9 April 2022

5 Kegiatan Bermanfaat saat Bulan Puasa

Menunggu waktu berbuka puasa memang sangat menantang, apalagi buat kita yang selama ini suka ngemil. Mau melakukan aktivitas apa pun, mulut nggak berhenti mengunyah. Nah, kalau sedang puasa gimana? 


5 Kegiatan Bermanfaat


Dulu saat masih remaja, saya lebih banyak tidur di siang hari bulan Ramadan. Jadi bangun tidur setelah siang dan tinggal menunggu waktu berbuka. Sekarang setelah menikah dan punya anak, saat puasa pun tetap sibuk. 

Ini 5 kegiatan bermanfaat yang saya lakukan saat bulan puasa: 

Memasak 

Memasak itu memang sudah rutinitas, apalagi di bulan puasa begini. Eit, tapi kalau bulan puasa itu saya jadi lebih sering mencoba-coba resep masakan karena banyak lomba memasak di instagram. 

Biasanya sih sponsor yang mengadakan lomba memasak itu mengeluarkan produk berupa bahan masakan seperti tepung, susu kental manis, pasta, puding, dan lain-lain. Lombanya bertema membuat masakan untuk berbuka dan sahur. Tahun lalu saya mengikuti lomba memasak pasta sehingga jadilah 5 Resep Pasta Hemat dan Simple. Satu pun tidak ada yang menang, tapi saya tetap senang mengikutinya. 

Cocok kan untuk mama-mama yang mau mengisi bulan puasa dengan kegiatan bermanfaat. Coba deh ikutan saja lomba-lomba memasak di instagram itu. Siapa tahu menang. Kalau nggak menang, ya anggap saja sebagai sarana belajar memasak. 

Menulis 

Kegiatan menulis ini sudah pasti saya lakukan sih di bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan. Namun, intensitasnya justru lebih tinggi di bulan Ramadan karena ada banyak platform yang mengadakan lomba menulis, baik itu menulis fiksi maupun blog.

Contohnya artikel blog ini saya ikutkan ke tantangan menulis 30 hari selama bulan Ramadan dari Blogger Perempuan. Lalu, saya juga mengikuti lomba menulis novel di aplikasi KBM. 

Memperbanyak Ibadah 

Bulan Ramadan adalah waktunya memperbanyak ibadah, karena suasananya lebih membangkitkan semangat. Yang biasanya jarang mengaji, jadi rutin mengaji. Bukan semata karena pahalanya yang dilipatgandakan, melainkan juga karena ada dorongan motivasi dari lingkungan sekitar. 

Jangan mau kalah dengan anak-anak sekolah yang memiliki target Ramadan. Target membaca Al Quran, salat sunah, bersedekah, berzikir, dan lain-lain. Dijamin nggak sempat lagi berghibah deh kalau sibuk memperbanyak ibadah. 

Mendampingi Anak Memenuhi Target Ramadan

Mama-mama yang anaknya sudah sekolah, pasti anaknya mendapatkan modul target Ramadan. Anak saya juga begitu. Misalnya dalam seminggu itu harus berapa kali salat tarawih, sahur, mendengarkan kultum, salat sunah, membaca Al Quran, dll. 

Agar target itu terpenuhi, saya harus mendampingi mereka. Seperti membaca Al Quran setelah sahur. Kalau tidak didampingi, kadang-kadang mereka tidak membaca Quran. Nah, kan saya jadi harus meluangkan waktu untuk mendampingi mereka. 

Selain dalam hal ibadah, saya juga mendidik anak laki-laki melakukan pekerjaan rumah tangga

Membaca Buku Agama 

Usia bukan halangan untuk terus belajar agama. Masih banyak pengetahuan agama yang harus ditambah. Banyak pula doa-doa yang belum saya hapalkan. Contohnya doa setelah salat tarawih. Karena saya salat tarawih di rumah bersama anak yang bungsu, jadi saya mencoba menghapalkan doa setelah salat tarawih yang cukup panjang. 

Nah, itu dia 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa yang saya lakukan. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^