Friday 8 April 2022

Resep Chicken Wings Menu Sahur Praktis

Masak sahur itu memang menantang. Mama-mama harus bangun setidaknya jam 3 untuk masak. Antisipasi bila bangun kesiangan, kita harus sudah menyiapkan bahan masakan malam hari sebelum tidur. 

Resep Chicken Wings.



Boleh dicoba nih resep Chicken Wings yang sudah beberapa kali saya gunakan ini karena amat sangat mudah. Sebenarnya kita juga bisa membeli chicken wings dalam bentuk frozen ya, tapi harganya lumayan. Untuk ukuran 400 gram saja harga normalnya di atas Rp 60.000.

Kalau sedang diskon hingga setengahnya, biasanya saya beli yang beku karena nanti tinggal digoreng. Nah, kalau mau membuat sendiri lebih murah. Harga sayap ayam mentah ukuran 500 gram itu kurang lebih Rp 22.000 di tukang sayur. Biasanya di supermarket lebih mahal tapi tidak sampai lebih dari Rp 30.000.

Untuk bahan-bahannya, selain sayap ayam, siapkan aneka saus seperti saus teriyaki, sambal, barbeque, kecap manis, dan saus tomat. Bisa juga ditambah dengan cabe bubuk. Tidak perlu minyak goreng ya, sama seperti Resep Tahu Kukus

Bersihkan sayap ayam, termasuk kalau masih ada sisa bulu. Kita bisa membelahnya lagi menjadi dua atau dibiarkan sebagaimana adanya. Kalau chicken wings beku itu biasanya dibelah dua lagi jadi ukurannya kecil. 

Letakkan sayap ayam di wadah tahan panas. Campurkan semua saus dan kecap ke sayap ayam itu, lalu diaduk-aduk sampai merata. Kemudian susun supaya rapi dan nantinya bisa terpanggang semuanya dengan sempurna. Kalau suka pedas, bisa ditambah dengan cabe bubuknya.

Setelah tercampur semua, jangan langsung dipanggang. Simpan dulu di dalam kulkas semalaman. Saat bangun sahur, kita bisa langsung panggang saja di oven. Kalau saya pakai suhu 180 derajat celsius selama 30 menit. Panaskan dulu ovennya selama 5 menit, baru masukkan sayap ayamnya. 

Saya gunakan api bawah dan atas secara bergantian. Diatur saja waktunya. Selama 30 menit menunggu matang, kita bisa melakukan pekerjaan lain. Misalnya menumis sayur, memasak nasi, atau mau salat tahajud juga bisa. Boleh juga dicontek nih Resep Tumis Pare Teri. Setelah 30 menit, Chicken Wingsnya pun matang dan bisa dimakan dengan nasi. Mudah sekali bukan? 

Nggak perlu dimasak pakai minyak goreng yang sedang mahal. Kita juga bisa menambahkannya dengan saus dan kecap lainnya yang ada di rumah. Selamat mencoba! 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^