Saturday 19 March 2022

Resep Tahu Kukus Tanpa Minyak Goreng

Minyak goreng harganya makin melambung. Kemarin disubsidi, eh produknya hilang di pasaran. Sampai ibu-ibu harus antri panjang untuk membelinya. Sekarang subsidinya dihapus, produknya melimpah tapi mahal. Pertama kalinya nih harga minyak goreng sampai Rp 50 ribu per dua liter. Padahal dulu cuma Rp 23 ribu per dua liter. Syok.

Resep Tahu Kukus

 

Sebenarnya sudah sejak beberapa bulan ini saya mengurangi penggunaan minyak goreng. Bukan karena harganya yang mahal, tapi untuk kesehatan. Kalau mau gorengan, beli aja cukup 2-5 gorengan. Kalau masak sendiri kan jadi banyak, alhasil berlebihan deh. Sedangkan suami sudah kena kolesterol, jantung, dan diabetes. 

Baca Juga: Cara Membuat Putu Ayu

Saya mencoba memasak menu hemat atau tidak memakai minyak goreng. Salah satunya tahu kukus ini. Resepnya saya dapatkan dari ibu mertua. Mudah banget kok memasaknya. So, kita tidak perlu lagi menggoreng tahu. Walaupun tahu goreng memang enak dan saya pun paling suka tahu goreng. 

Bahan-bahannya

Tahu Cina atau tahu putih 

Bawang merah 1 siung 

Bawang putih 1 siung

Cabai merah 2 buah 

Cabai rawit 2 buah 

Garam secukupnya 

Penyedap rasa secukupnya (optional) 

Telur 1 butir (optional)

Cara memasaknya: 

Iris bawang merah dan cabai. Hancurkan tahu cina dan masukkan ke dalam wadah tahan panas. Aduk rata bersama telur, garam, dan penyedap. Kukus sekitar 15 menit. Tahu kukus pun siap dinikmati. 

Beneran gampang kan memasaknya. Insya Allah lebih sehat. Kalau nggak mau pakai telur juga bisa. Kalau ada daun pisang, bisa dipepes. Saya suka malas pakai daun pisang. Pakai wadah tahan panas saja biar praktis dan bisa dimasukkan semuanya sekaligus. 

Baca Juga: Cara membuat Bolu Merah 

Kalau tahunya tidak langsung habis sekali makan, jangan lupa dihangatkan di kukusan lagi ya supaya tidak basi. Yuk, mulai membiasakan makan makanan tanpa minyak goreng demi kesehatan tubuh dan dompet. Bonus langsing juga nih.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^