Tuesday 26 April 2022

Gamis Etnik, Baju Lebaran yang Adem dan Nyaman

Baju baru, alhamdulillah
Tuk dipakai, di hari raya

Siapa yang nggak inget lagu Trio Kwek-kwek itu? Lebaran memang identik dengan baju baru, meskipun tidak harus. Saya juga pernah berlebaran tanpa baju baru. Tapi sekarang alhamdulillah bisa beli baju baru saat lebaran. 

baju lebaran
Sumber foto: website Baneska Official



Fungsinya apa? Ya bukan apa-apa selain karena baju kami sudah nggak ada yang bagus dipakai saat lebaran. Kalau bajunya hanya dipakai sekali dua kali, masih bisa dipakai untuk lebaran. Nah, baju lebaran kami sudah dipakai berkali-kali, jadi sudah kusam. Otomatis tiap lebaran kami akan beli baju lagi. 


Saya memang sengaja membeli baju lebaran yang tak hanya bisa dipakai sekali. Saya tidak suka membeli baju lebaran yang bling-bling, terlihat mewah, dan menggunakan bahan mengkilap tapi bikin gerah. Kelihatannya memang gemerlap, tapi sayang hanya bisa dipakai di acara seperti pesta-pesta. 

Wajar saja kalau pakaian seperti itu hanya dipakai sekali, karena tak nyaman. Pakaian lebaran saya dan keluarga dipilih yang nyaman dipakai meskipun tak terlihat mewah dan modelnya pun sederhana, karena akan kami pakai lagi di hari biasa. 

Untuk lebaran tahun ini, saya membeli gamis etnik dengan bahan katun rayon yang nyaman. Anak-anak juga membeli baju koko dari bahan katun dengan model sederhana dan kaus oblong yang adem. Berhubung berat badan saya juga sudah makin bertambah, gamis etnik ini cocok saya gunakan karena membuat saya lebih nyaman bergerak. 


Ini tips memilih baju lebaran ala saya: 
  • Pilihlah pakaian dengan bahan yang adem seperti katun rayon supaya nyaman dikenakan saat bersilaturahim seharian. 
  • Model gamis yang sederhana saja, tidak terlalu mewah supaya bisa dipakai untuk sehari-hari juga. 
  • Sesuaikan ukuran dengan BB kita. Kalau beli online, ukur dulu badan kita dengan meteran. Perhatikan lingkar dadanya. 
  • Tidak ketat dan menerawang. 
Baju lebaran saya sepertu pada foto di atas. Berhubung belum lebaran, jadi belum saya pakai. Fotonya memakai foto dari website Baneska Official. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^