Wednesday 27 April 2022

Nastar, Kue Lebaran Favorit

Berhubung di lini masa twitter sedang berseliweran tentang kue nastar mahal seharga Rp 500 ribu per toples, saya jadi punya ide menulis tentang kue lebaran favorit. Kebetulan pula kue nastar yang saya beli untuk lebaran sudah habis duluan. 


kue nastar lebaran


Harga kue lebaran memang bervariasi dari yang murah sampai mahal. Kalau yang murah, saya pernah nyicipin dan nggak enak. Kalau yang mahal, saya nggak pernah nyicipin hehehe. Maklum, circlenya masih kelas menengah. Jadi nggak ada yang ngasih hamper kue mahal hahaha *ngarep hamper. 

Saya sendiri kalau beli kue lebaran yang harganya pertengahan saja kisaran Rp 40 - 70 ribu. Pertimbangannya ya karena sayang duitnya kalau beli di atas itu. Mending dibelikan daging ayam atau sapi. Pokoknya kalau kue per toples Rp 500 ribu itu masih overpriced buat saya.

Baca Juga: Resep Pempek Tuna 

Lain halnya kalau penghasilan per bulan 100 juta, bisa deh beli kue lebaran yang mahal dan nggak mikir harga lagi. Jadi memang harga kue lebaran disesuaikan dengan penghasilan kita ya. Kalau penghasilan masih kecil ya nggak usah maksain beli kue mahal.  Daripada bayarnya pakai paylater kan.

Kalau ditanya kue lebaran apa yang paling saya suka? Tentu saja saya bingung jawabnya, karena saya suka hampir semuanya. Nastar, Putri Salju, Sagu Keju, dll. Makanya kalau beli kue nggak usah yang mahal dan enak banget, bisa-bisa saya ngemil terus.  Sekarang aja BB-nya udah overweight hahahaha..... 

Awalnya saya nggak begitu favorit dengan nastar, mungkin karena nggak pernah nemu yang enak. Apalagi nastarnya orang betawi, sering dikasih toping cengkeh. Duh, baunya naudzubillah. Apa enaknya nastar bau cengkeh? Katanya sih buat hiasan aja.

Jadi, waktu kemarin saya beli kue lebaran hanya mengambil Kastengel dan Putri Salju. Nastarnya mah nggak usah lah, nggak terlalu spesial pula rasanya. Eh, besoknya saya mampir ke toko grosir dekat rumah dan menemukan kue nastar seharga Rp 38.000. 

Saya beli bukan untuk lebaran tapi dimakan sendiri. Cobain ah buat ngemil-ngemil aja. Eh ternyata enak juga ya, meskipun pasti nggak pakai butter mahal. Dalam dua hari, langsung habis satu toples. Nanti kalau ke toko itu lagi, saya mau beli lagi. Segitu murahnya harga untuk menghibur lidah saya, nggak perlu 500 ribu. Mending buat beli gamis aja uang segitu mah kalau saya lho. Tapi kalo dikasih hamper sih mau-mau aja.


kue nastar habis


Apakah saya tidak pernah membuat nastar sendiri? Tentu saja pernah. Saya pernah membuat nastar menggunakan resep dari bibi saya. Beliau rajin membuat kue lebaran, tapi sekarang udah jarang karena kendala keuangan. Yup, bikin kue sendiri pun modalnya gede. 

Namun, membuat kue memang butuh skill mengolah adonan dan mencetaknya. Bahan-bahan yang saya gunakan sih yang murah, karena mengikuti resep masyarakat kelas bawah. Sebenarnya dari segi adonan sih masih enak di lidah, tapi dari segi membulatkan nastarnya itu yang kacau balau.

Baca Juga: Cara Membuat Bolu Wortel 

Saya tidak bisa sabar membulatkannya, sehingga bulatannya tidak sama. Alhasil, tidak bisa ditata di toples. Lalu, entah kenapa nastarnya hanya bertahan satu minggu. Setelah itu, berjamur. Apakah kuenya kurang kering saat dipanggang atau kurang dingin saat dimasukkan ke toples? 

Yang pasti sejak itu saya memilih untuk membeli saja. Daripada uangnya untuk membeli bahan kue dan hasilnya gagal, mending langsung beli saja. Jadi, haruskah saya membagikan resep membuat kue nastar di sini? Saya sudah lupa bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahannya karena sudah lama sekali. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^