Tuesday 12 April 2022

Bagaimana Cara Menguasai SEO?

Setelah menekuni dunia blogger, ternyata tak cukup hanya menulis dan posting. Akan lebih baik lagi kalau artikel kita bisa menduduki halaman pertama google dengan kata kunci tertentu, sehingga bisa mendapatkan banyak pengunjung. 

Cara menguasai seo


Itulah gunanya belajar SEO (Search Engine Optimation) yang sampai sekarang masih belum saya kuasai. Teknik SEO sederhana sudah saya ikuti, tapi belum berhasil mengalahkan para master SEO jika artikel itu diikutkan dalam lomba SEO.

Baca Juga: Cara Meningkatkan DA Blog 

Yup, dulu saya pernah uji nyali mengikuti lomba SEO. Usaha mati-matian dengan membaca buku tentang  SEO dan googling juga. Nyatanya, satu kali pun saya tak berhasil menduduki halaman pertama google dengan kata kunci yang dilombakan. Hiks... Sedih.

Rupanya setelah saya mendengar penuturan teman, belajar teknik SEO yang lengkap itu harus mengikuti kursusnya dan itu bayarnya cukup mahal. Dulu sih sekitar 3 jutaan ya. Wow, buat saya yang waktu itu masih bokek, ya mahal lah. Saya jadinya hanya ikut pelatihan SEO sederhana dari komunitas-komunitas. 

Jadi, sampai sekarang teknik blogging yang ingin saya pelajari adalah bagaimana cara menguasai SEO? Kalau cara yang sederhana, sudah saya praktekkan. Kalau harus coding-coding gitu, saya masih belum paham nih. Kepala langsung blank deh melihat angka dan kode-kode hahaha....

Menulis sesuai teknik SEO itu ternyata cukup merepotkan. Kita harus riset keyword dulu untuk menentukan kw yang paling sering dicari pembaca. Kemudian kita sebar keywordnya di seluruh artikel. Belum lagi harus mengatur heading yang terstruktur. Soal heading ini saya masih belum paham. Entahlah bagaimana. Ada yang mau mengajari? 

Memang manusia itu nggak boleh berhenti belajar ya, termasuk menjadi blogger. Harus usaha terus agar blog memiliki SEO yang bagus, sehingga bisa menduduki halaman pertama google. Memangnya kenapa sih harus begitu? 

Baca Juga: Pengalaman Menang Lomba Blog 

Alasannya karena saat kita mencari artikel dengan keyword tertentu, kita hanya akan mencari maksimal sampai lima halaman ke belakang. Setelah itu ya udah malas mencari lagi. Jadi kalau bisa sih artikel kita menduduki halaman pertama sampai ketiga google. Ya kan? 

Yuk ah, terus belajar menulis yang baik dan menguasai SEO! 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^