Monday, 11 April 2022

Cara Meningkatkan DA Blog dengan Blog Challenge

Assalamualaikum. Terima kasih sudah mampir ke blog kedua saya ini. Awalnya blog ini saya buat hanya untuk menulis kisah keseharian ibu rumah tangga, seperti memasak, mengasuh anak, berhubungan dengan suami, dll. Apa bedanya dengan blog pertama? 

Cara meningkatkan da blog


Blog pertama lebih banyak menulis tentang traveling, tips menulis buku, review film, ulasan produk kecantikan, fashion, dan gaya hidup lainnya. Tadinya blog ini masih pakai domain gratisan. 

Setelah memenangkan lomba blog berjudul Tak Hanya Enak dan Murah, Ini 5 Alasan Memilih Es Krim Aice yang menjadi juara pertama mendapatkan hadiah Rp 5 juta, saya jadi ingin membelikan domain. Alhasil sekarang saya harus membayar sewa domain untuk dua blog. 

Namun, PR besar menanti. Saya harus meningkatkan DA dan PV blog ini supaya bisa mendapatkan sponsor untuk membayar biaya iklannya. Alhamdulillah, dulu blog ini sering memenangkan lomba blog. Sekarang sudah nggak pernah, karena banyak blogger baru yang tulisan dan disain blognya bagus-bagus. 

Sebulan pertama, DA blog ini melonjak jadi 5. Beberapa bulan kemudian, secara mengejutkan DA-nya menjadi 18. Namun, tiba-tiba saja ada penurunan massal DA dan blog ini kena imbasnya. DA-nya jadi 12. Hiks, sedih. Padahal, baru saja dapat job backlink dengan fee lumayan.

Saya akui blog ini menjadi sepi karena saya jarang menulis lagi dan mengikuti lomba blog. Saya hanya fokus di blog utama. Jadi, saat ini saya mencoba menaikkan DA dan PV blog ini lagi. Berikut adalah cara meningkatkan DA blog yang saya ikuti: 

Optimasi SEO 
Baru SEO sederhana yang saya ikuti setiap kali menerbitkan artikel. Di antaranya dengan memberi judul yang SEO Friendly, memasukkan internal link ke artikel lainnya, mengisi keterangan pada nama foto, alt image, dan text image, menulis minimal 500 kata, membuat permalink yang pendek, mengisi search description, dll.

Mengisi Google Search Console 
Usahakan memasukkan link artikel ke google search console agar mudah terindex oleh google. 

Membagikan Artikel 
Bagikan artikel ke semua media sosial secara rutin. Saya paling sering membagikannya ke twitter. 

Perbanyak Backlink 
Caranya dengan sering blogwalking ke blog lain, terutama blog wordpress karena bisa meninggalkan link blog kita. Kalau blogspot, saya gemas dengan captchanya, jadi berkomentar menggunakan profil saja. 

Rutin Menulis 
Ini yang terpenting, blognya harus sering update. Saat DA blog ini turun drastis, memang saya jarang banget update. Hanya kalau ada sponsor. Itu karena saya juga harus update di blog utama. 

Kadang bingung ya mau nulis organik tentang apa? Solusinya bisa mengikuti lomba blog dan blog challenge. Itulah mengapa pada bulan Ramadan ini, saya mengikuti blog challenge di komunitas Blogger Perempuan yang rutin diadakan setiap tahun.

Targetnya setiap hari menulis, jadi sebulan ada 30 tulisan. Saya baru berhasil menulis tiga artikel hehehe. Yah, tidak apa daripada tidak sama sekali. Semoga saja saya bisa mengejarnya sebelum tenggat.  

Masih banyak tips lainnya untuk meningkatkan DA blog, tetapi belum semuanya saya praktekkan karena memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Sekarang fokus dulu dengan perbanyak konten melalui Blog Challenge BPN Ramadan 2022 ini. 

Intip artikel lainnya ya tentang 5 Kegiatan Bermanfaat saat Bulan Puasa yang juga saya tulis untuk Blog Challenge Blogger Perempuan. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^