Tuesday 12 April 2022

Resep Keripik Tempe Kriuk Anti Gagal

Assalamualaikum. Sudah minggu kedua di bulan Ramadan. Insya Allah masih kuat ya. Gimana sahur dan buka puasanya? Bersyukur karena kami masih bisa sahur tempat waktu dan berbuka saat Magrib.

keripik tempe kriuk

 

Menu buka puasa dan sahur di bulan Ramadan ini kalau buat keluarga saya, justru lebih sederhana daripada di bulan lainnya. Sudah jadi kebiasaan kalau kami berbuka puasa dengan lontong dan gorengan.

Omong-omong soal gorengan, pernah dengar isu nggak sih soal tukang gorengan yang masak gorengan dengan memasukkan plastik ke dalam minyak gorengnya, supaya gorengannya jadi lebih renyah dan kriuk. Entah benar atau tidak ya, tapi saya memang penasaran. Terutama keripik tempenya yang kriuk banget.

Baca Juga: Resep Chicken Wings

Saking khawatirnya, saya pernah lho nggak mau beli keripik tempe di tukang gorengan. Tapi kalau coba masak sendiri, kok gagal kriuk ya? Nggak disangka, di bulan Ramadan ini saya dapat resep keripik tempe kriuk anti gagal. Tentunya tanpa memasukkan plastik ke dalam minyak gorengnya lho! 

Yup, saya dapat resepnya dari Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan yang ada di website Dapur Kobe. Salah satu resepnya itu adalah Keripik Tempe. Wah, senang sekali bisa menemukan inspirasi menu ini, karena sangat membantu menyiapkan lauk untuk sahur dan berbuka puasa.

Memang bingung mencari menu sahur dan buka puasa yang itu-itu saja. Di website Dapur Kobe sudah ada inspirasi menunya untuk 30 hari yang bervariasi dan sangat membantu kita untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka. Nggak bakalan bingung lagi deh, karena saya lihat semuanya menggugah selera.

Baca Juga: Resep Tumis Pare Teri

Jadi, kemarin saya mencoba mengikuti resep membuat Keripik Tempe yang ada di website Dapur Kobe itu. Mudah dan hasilnya memuaskan. 

Resep Keripik Tempe Kobe

Bahan-bahan: 

1/2 Papan Tempe

1 bungkus Kobe Tempe Kriuk (70 gram) 

125 ml air 

3 lembar daun jeruk yang diiris halus

500 ml minyak goreng

 

bahan keripik tempe

 

Cara Memasaknya

1. Iris tempe tipis-tipis, lalu goreng sampai matang dan kering, kemudian ditiriskan.

2. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air, aduk hingga larut.

3. Tambahkan irisan daun jeruk, aduk hingga rata.

4. Masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam adonan basah itu.

5. Goreng ke dalam minyak panas sampai kuning kecokelatan.

6. Angkat dan biarkan dingin, masukkan ke toples.

Gampang, kan? Masaknya juga sebentar. Ternyata keripik tempenya nggak bisa bertahan lama karena langsung habis dimakan. Kriuknya beneran, tanpa harus memasukkan plastik ke dalam minyak gorengnya. Baru kali ini saya berhasil memasak keripik tempe yang kriuk begini. Ini dia hasil recook keripik tempe kriuk yang dari resep di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan di website Dapur Kobe. 

kobe keripik tempe kriuk


Serius rasanya enak banget deh. Bumbu Kobe Tepung Tempe Kriuk mengandung rempah-rempah yang kuat, terutama ketumbarnya. Jadi memang tidak perlu ditambah bumbu apa pun lagi. Diracik secara khusus supaya gorengan tempe jadi lebih sempurna, kriuk, dan bumbunya pas di lidah. Saat buka puasa, saya nggak bisa berhenti makan keripik tempe yang dimasak menggunakan Kobe Tepung Tempe Kriuk ini. 

Baca Juga: Resep Tahu Kukus

Selain hasil gorengan tempenya yang renyah tahan lama, rasanya juga gurih dan lezat karena mengandung ketumbar asli. Bebas bahan pengawet dan pewarna buatan pula. Jadi, aman ya kalau mau sering-sering masak keripik tempe pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk ini. 

Produknya sendiri mudah didapatkan di mana pun. Di tukang sayur maupun di minimarket juga ada. Ukurannya bervariasi, tergantung kebutuhan kita mau masak gorengan berapa banyak. Harganya juga terjangkau. 

Nah, besok mau masak apa lagi nih? Gampang, tinggal intip resep-resepnya di website 30 Hari Inspirasi Menu Ramadhan

Inspirasi Menu Ramadhan




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^