Saturday 18 June 2022

Pengalaman Belanja di Indogrosir Ciputat

Belanja grosir harga murah? Salah satunya di Indogrosir Ciputat yang lokasinya deket banget dengan rumah saya. Pokoknya semenjak tinggal di Sawangan, Depok, saya jadi lebih mudah ke tempat perbelanjaan. Hanya menempuh perjalanan 15 menit berkendara.
 
indogrosir ciputat

 

Kadang-kadang macet di lampu merah tapi hanya sebentar. Ini lebih baik sih daripada waktu masih tinggal di Citayam. Saya belanja ke Margonda Depok atau Cibinong City Mall, nggak hanya jauh sampai sejam perjalanan tapi juga macet. Bersyukur juga suami beli rumah di Sawangan. Dulu saya ngabuburit seru dan belanja lebaran di Cibinong City Mal, kalau sekarang ke Indogrosir Ciputat saja.

Namun, itu sebelum ada The Park Mal, saya belanja ke Ingrosir Ciputat ini. Sekarang udah jarang, kecuali kalau mau beli banyak banget. Misalnya untuk bagi-bagi hamper lebaran atau pas awal corona dulu ada isu lockdown. Saya dan suami langsung borong buat jaga-jaga. Ternyata alhamdulillah nggak sampai harus mati kelaparan di dalam rumah, karena barang-barang masih ada di pasaran dan nggak 100% dilarang ke luar rumah. 

Nah, pengalaman belanja ini saat awal corona dulu ya. Belanja di sini memang harus siapkan uang banyak. Biasanya saya habis antara Rp 700.000-1.000.000. Belanjanya memang grosir tapi ada yang satuan juga kok. Beberapa kali belanja grosir, ternyata sepertinya malah lebih boros karena anak-anak makan dan minumnya jadi nggak terkontrol.

Barang-barang yang saya beli di sini kan kebanyakan jajanan anak-anak, seperti susu, teh, dan snack. Belinya lusinan per produk. Rencananya kan untuk jatah sebulan. Eh, nggak sampai seminggu udah habis hahaha. Ya sudah deh, saya sekarang belanjanya nyicil saja, nggak borongan. Makanya udah jarang ke Indogrosir Ciputat lagi. 

Indogrosir Ciputat ini mirip gudang besar ya. Suasananya sedikit mirip LotteMart. Saat pandemi, pengunjung dibatasi. Jadi harus datang pagi. Memang pengunjungnya banyak banget dan kebanyakan pemilik warung atau toko. Indogrosir membuka kerjasama semacam minimarket gitu. Barang-barangnya dari Indogrosir. Di Citayam dan Sawangan dulu ada, tapi sekarang kok tutup semua ya. Entah kenapa. Mungkin karena sudah ada Indomaret terdekat. 
 
belanja di indogrosir

 
 
Lokasi 
Sebagaimana yang tadi saya sebutkan di atas, lokasinya tertulis di Ciputat tapi posisinya sih lebih dekat ke Bojongsari Sawangan Depok, sebelum Mal The Park. Posisinya di pinggir jalan raya, sehingga sangat mudah ditemukannya. Kalau dari Ciputat, posisinya di sebelah kiri ke arah Parung. Tidak perlu menyeberang jalan lagi. Kalau dari Parung-Sawangan, posisinya di sebelah kanan, jadi harus menyeberang lagi. 
 
Produk yang Dijual
Barang-barangnya sebagian besar mirip dengan yang ada di Indomaret. Jangan bayangkan tokonya seperti mal, karena nggak ada AC. Begitu kita masuk ke dalam toko, langsung terasa panas. Makanya saya nggak mau lama-lama di dalam. Penataan barang juga seadanya, kardus-kardus besar ditumpuk. Nggak serapi di mal. Menjual barang grosir, tapi bisa juga eceran. Kalau beli banyak, sudah tentu diskon. 
 
Selain menjual sembako dan snack, juga ada produk segar seperti daging dan buah. Beras, telur, peralatan kebersihan rumah tangga, dan obat-obatan tersedia di sini. Yang tidak ada itu pakaian, tak seperti di LotteMart yang juga menjual pakaian. Kalau mau beli pakaian, melipir saja ke Mal The Park deh hehe. 

Tempat Makan
Di bagian depan sebelum pintu masuk ada penjual makanan UMKM gitu, tapi tidak untuk makan di tempat. Sepertinya tidak disediakan tempat makan ya. Tidak seperti di supermarket dan mal-mal yang menyediakan tempat makan. Pokoknya di sini sih fokus berbelanja saja. Kalau mau beli makanan ya dibawa pulang ke rumah. Kalau mau makan, selesaikan saja dulu belanjanya lalu melipir ke Sop Ayam Pak Min Parung. Tinggal lurus saja dari Indogrosir Ciputat.

Kantong Belanja
Tidak ada kantong belanja tapi disediakan kardus. Selesai membayar di kasir, kita langsung menuju ke samping toko dan ada tumpukan kardus yang bisa dipilih untuk membawa barang-barang belanjaan. Gratis kok kardusnya. Ada toko lain yang kardusnya bayar Rp 1000. 
 
indogrosir ciputat

 

Perbedaan Harga 
Tersedia dua kartu, merah untuk pemilik warung dan biru untuk pembeli biasa. Bagi pemilik kartu merah yaitu pemilik warung mendapatkan harga lebih murah karena belanjanya banyak.  Itu kenapa antriannya panjang dan lama, karena di sini banyak pemilik warung yang berbelanja dalam jumlah banyak sampai berkardus-kardus. 
 
Kasir
Barang dihitung di kasir dengan cermat. Setelah dari kasir, kita masih harus melalui pemeriksaan petugas yang kembali mengecek barang dan struknya. Seolah memastikan hitungan kasir itu benar adanya. Jadi nggak ada kasus barang nggak terhitung atau kesalahan hitung. Si petugas ini juga memegang kalkulator. Di sini memang menambah waktu penghitungan dan antrian ya, karena kalau belum melewati petugas ini ya belum boleh keluar. 
 
Nah, itu dia pengalaman saya belanja di Indogrosir Ciputat bersama suami. Kalau belanjanya banyak, memang harus bawa pendamping nih buat angkut-angkut barang. Apalagi barang berkardus-kardus ya. Kapan mampir lagi ke sini? Nanti kali ya kalau mau ada pesta dan harus belanja banyak dengan harga lebih murah.

 
 




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^