Monday, 1 March 2021

Resep Sop Kaki Sapi

Assalamualaikum, Mom. Kali ini saya akan membagi resep Sop Kaki ala Ibu Mertua. Masakan ini kesukaan suami saya dan sering dimasak ibu mertua kalau kami sedang pulang ke Garut. 

Sop Kaki Sapi


Belakangan ini saya mulai sering memasak sop kaki sapi karena alhamdulillah kondisi ekonomi sudah membaik. Jadi bisa deh sering-sering masak daging sapi. Kaki sapi memangnya enak dimakan? Enak dong....

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer 

Kaki sapi biasanya saya beli di pasar. Harganya mulai dari Rp 50.000-Rp 70.000 per kilo. Tergantung harga daging sapi di pasaran ya. Harganya kan fluktuatif. Jadi, apa saja bahan dan cara membuatnya? Gampang banget kok.

Bahan

Kaki sapi 1 kg. Boleh lebih kalau pancinya besar. Beli di pasar yang sudah dibersihkan bulunya ya. Ada yang dagingnya saja, ada yang masih dengan tulangnya. Kalau hanya dagingnya, harganya lebih mahal. 

Wortel

Kentang 

Daun Bawang 

Bawang Bombay

Bawang merah 10 siung

Bawang putih 10 siung

Tomat

Lada

Gula

Garam

Penyedap 

Cara memasaknya

Kaki sapi dibersihkan, kemudian direbus sampai lunak. Pakai panci presto kurang lebih 1,5 jam. 

Iris wortel dan kentang. Masukkan ke dalam tebusan kaki sapi.

Haluskan bawang merah dan bawang putih. Tumis bersama irisan bawang bombay. Tumis sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan sop kaki.

Iris daun bawang dan tomat. Masukkan ke dalam rebusan.

Tambahkan gula, garam, lada, dan penyedap rasa secukupnya. 

Selesai deh. Sop kaki sapi siap dihidangkan. Rasanya jangan ditanya. Gurih dan sedap. Saya aja sampai ketagihan, tapi nggak sering-sering masaknya. Palingan dua-tiga minggu sekali karena lemaknya banyak Mom.

Baca Juga: Resep Sayur Kacang Merah 

Kaki sapi ini rasanya kenyal banget, apalagi kalau merebusnya cukup waktu ya. Kalau kurang lama sih bisa keras dimakan. Makanya pastikan kaki sapinya sudah empuk saat diberikan bahan tambahan lainnya.

Video memasaknya juga sudah saya unggah di youtube nih. Mudah sekali cara memasaknya. Dijamin yang baru belajar masak pun pasti bisa. Selamat mencoba....











No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^