Saturday, 23 January 2021

Resep Sayur Kacang Merah khas Sunda

Kacang Merah dimasak jadi sayur? Jujur saya baru tahu setelah menikah dengan orang Sunda. Saya kenalnya dengan es kacang merah asal Palembang yang enak dan segar. Memang Indonesia tuh Bhinneka Tunggal Ika ya. Berbeda-beda resep masakannya, tapi terbuat dari bahan yang sama. 


Sayur Kacang Merah



Saat baru pertama mencoba sayur ini saya merasa lidah saya tidak cocok. Rasanya memang aneh sih, sayur tapi pakai gula merah. Sebagai orang Jawa Tengah, gula jawa biasanya dipakai untuk membuat bubur-bubur manis. Lah ini untuk sayur yang berarti rasanya gurih dan asin.

Baca juga: Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Mikser 

Namun, suami saya senang sekali memakannya. Kalau pulang ke Garut, pasti dia minta dimasakkan sayur Kacang Merah ini ke ibu mertua. Saya sudah pernah mencoba memasakkannya, eh rasanya tidak seenak masakan bumer. Aneh, gitu.


Lengkuas dan daun bawang


Resep masakan sayur Kacang Merah berikut ini dimasak oleh suami saya sendiri. Jadi bukan saya yang memasak ya.  Buat gadis-gadis yang berjodoh dengan jejaka Sunda, cus praktekkan resep masakan ini di rumah. Sebab, sayur Kacang Merah jarang tersedia di warung-warung makan sekalipun itu warung Sunda. 

Bahan-bahan

Kacang Merah 1/2 kilo 

Lengkuas 

Daun salam

Kayu manis 

Daun bawang 

Gula merah

Gula pasir 

Garam 

Tomat 

Cara memasaknya

Cuci dan rebus kacang merah selama 30 menit. 

Setelah itu, buang airnya dan ganti dengan air yang baru. Rebus lagi. 

Masukkan irisan lengkuas, daun salam, dan kayu manis. 

Masukkan gula merah 1 butir. 

Masukkan gula pasir dan garam secukupnya.

Masukkan irisan daun bawang dan tomat.

Tes rasa. Kalau sudah pas, baru dimatikan kompornya. 


Kacang Merah


Rasanya perpaduan manis dan gurih. Pas dengan selera Sunda Garut dan Tasik seperti suami saya yang memang tidak begitu suka pedas. Saat pertama mencoba, saya tidak begitu suka. Lama-lama karena sudah sering mencoba, ya jadi enak-enak saja meskipun tidak secandu suami saya. 

Selamat mencoba yaa! 


No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^