Thursday, 21 January 2021

6 Alasan Kenapa Harus Memilih Jasa Colocation Server Terbaik

Bagi suatu perusahaan yang mengutamakan manfaat bisnis dari sebuah website, maka colocation server bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan. Selain akan memperoleh keuntungan 24/7 dari para teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya, pemanfaatan layanan ini diklaim lebih hemat daripada membuat data center sendiri.




Alasan Di balik Penggunaan Colocation Server


1. Availability

Pada lingkup hosting, penyedia hosting akan menempuh tindakan antisipasi yang dibutuhkan guna memastikan data penggunanya bisa tersedia setiap saat. Bisa diibaratkan sebagai layanan darurat saat listrik padam, seperti pasokan baterai, listrik, maupun generator, bahan bakar pengganti, kontrak antara pemasok untuk pengadaan bahan bakar, serta SLA untuk pengisian bahan bakar tersebut.

Penyedia hosting juga mempunyai pengaturan tambahan berupa pemasok energi yang bisa digunakan sebagai koneksi energi berlebih yang memasuki gedung di kawasan berbeda. Dengan memanfaatkan colocation-server, pengguna akan memperoleh jaminan data selalu tersedia meskipun ketika terjadi masalah seperti mati lampu.


2. Business Continuity

Pada pusat data yang dimiliki oleh pihak penyedia hosting, seluruh data penggunanya akan memperoleh jaminan perlindungan atas resiko bencana alam seperti banjir, kebakaran, dan lainnya. Upaya pencegahan pun diambil untuk memastikan jika seluruh perangkat keras yang dipergunakan tidak overheat.

Ketersediaan pendingin ruang pengontrol suhu di pusat data dan sistem pendingin, diyakini mampu mencegah suhu meningkat pada tingkat berbahaya. Setiap pengguna berhak memilih agar datanya disimpan pada 2 pusat data di lokasi berbeda yang mungkin memiliki jarak berjauhan. Hal ini mungkin saja diperlukan untuk memastikan redundansi.


3. Security

Colocation data server mempunyai beberapa opsi keamanan yang berbeda. Meski begitu, semuanya memiliki peran yang sama pentingnya, yakni melindungi server dari serangan fisik, membatasi akses, serta menjaga server tetap aman dari jangkauan penyusup tak dikenal.

Upaya pengawasan itu mencakup pengawasan video selama 24 jam penuh dan pemantauan alarm, kabinet yang dilengkapi dengan kunci tumbler, akses kartu kunci masuk dan keluar, pagar listrik perimeter, dan banyak lagi lainnya.


4. Costs of Data Center Operations

Ketika hendak mempersiapkan atau mempertahankan ketersediaan, skalabilitas, kontinuitas, dan keamanan di suatu lokasi, tentu diperlukan biaya yang sangat mahal untuk pencapaiannya. Namun melalui colocation data server, biaya dan layanan akan dibagi antara seluruh pelanggan yang bergabung, sehingga menjadikannya sebagai opsi yang lebih terjangkau.


5. IT management

Secara garis besar, colocation data server akan menurunkan tingkat Total Cost of Ownership/TCO daripada hosting di lokasi. Bisa dibilang, ini masuk dalam kategori anggaran yang lebih murah untuk keperluan manajemen TI.

Staf TI yang sebelumnya Anda rekrut akan mempunyai lebih banyak waktu untuk fokus dan berkonsentrasi pada tugas khusus yang dijalankan oleh perusahaan, upaya mencapai tujuan bisnis, serta pengembangan inovasi terbaru.


6. Service and Support

Kebanyakan perusahaan di Indonesia yang memilih penggunaan jasa colocation data server akan memanfaatkan teknisi mereka sendiri, dan kemudian mengirimkan mereka ke data center untuk pemeliharaan ataupun keadaan genting.

Mengingat cukup banyak perusahaan besar yang memilih tingkat redundansi tertentu untuk dibangun ke dalam infrastruktur, para teknisi itu tak lagi perlu pergi ke data center di setiap kegagalan komponen perangkat keras yang terjadi.

Jika memungkinkan, perusahaan tersebut dapat menyewa tangan jarak jauh di data center untuk menggantikan komponen yang mengalami kerusakan, berdasarkan pada kontrak bayar per penggunaan yang disepakati oleh keduanya.

Secara umum, ketika suatu usaha mempunyai kebutuhan yang relatif stabil, colocation server besutan nexdatacenter.com bisa menjadi opsi terbaik untuk dipilih, baik dari sisi alokasi sumber daya maupun biayanya.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^