Tuesday, 11 February 2020

Ini Dia Tips Mudah Mengganti Lampu Bohlam Mobil dengan Benar sesuai Aturan Pemerintah!




Sumber: seva.id

Seiring perkembangan zaman, lampu mobil mulai muncul, seperti lampu LED. Banyak mobil mulai mengadaptasi jenis lampu ini. Pemilik mobil tua harus menggunakan lampu segi kelistrikan dan mempunyai usia lebih panjang hingga dengan pencahayaan lebih cepat serta warna lebih terang.




Sumber: seva.id

Cahaya dari Lampu, warnanya hampir mirip dengan sinar matahari saat siang hari. Lampu LED dapat menghasilkan cahaya lebih terang dari 5.000 Kelvin. Tidak hanya itu, untuk cahaya dari lampu LED di kondisi beam dipped dapat mencapai 100 meter lebih serta kondisinya menjangkau lebih dari 250 meter.

Beberapa merk lampu LED mobil seperti lampu Philips atau Osram yang memproduksi lampu LED untuk mobil mengklaim, kalau produknya dapat mempunyai umur pakai lebih panjang. Jika boleh dibandingkan lampu led mobil buatannya diklaim mampu bertahan lebih dari 1.000 jam dalam pemakaian normal.

Lampu LED mobil sudah tergolong cukup canggih. Bahkan beberapa perusahaan otomotif sangat leluasa memproduksi beberapa lampu mobil, di mana kekuatan cahayanya dikontrol secara otomatis. Sehingga bisa mendukung cara mengendara pengemudi di kondisi apapun tanpa harus mengganggu pengendara lain dari arah yang berbeda.

Di sisi lain hal ini memiliki risikonya, yakni kalau lampu LED sudah mengalami kerusakan maka semua lampu LED harus diganti, bukan cuma satu lampu saja. Hal itu hanya untuk lampu utama bawaannya, bagaimana kalau kamu mengganti dari lampu utama standar ke lampu LED after market? Lalu, apa rugi dan untungnya dalam menggunakan lampu LED?



Sumber: seva.id

Untuk mengganti lampu utama menjadi lampu LED di mobil akan memberikan keuntungan, seperti:
  • Daya listrik cuma setengah dari lampu standar. 
  • Harga jauh lebih hemat dari lampu original.
  • Warnanya lebih terang, sehingga dapat menambah jarak pandang pengendara lain dan pengemudi.
  • Tidak harus memodifikasi rumah lampu seperti menggunakan lampu HID.


Sumber: seva.id

Tapi tetap ada kekurangan dalam penggunaan lampu LED dari menggunakan lampu bohlam standar, yakni:
  1. Karet penutup lampu yang belakang tidak bisa terpasang lagi atau dapat dipasang kalau memperbesar diameter pada karet penutup lampu.
  2. Lampu LED sudah dibekali dengan kipas untuk mendinginkan lampu, maka kalau lampu menyala dari bagian luar mobil akan sedikit terdengar bunyi kipasnya.
  3. Di saat hujan, penerangan lampu LED dianggap tidak bagus seperti lampu bohlam standar H4.
  4. Cahayanya cukup terang serta silau dari lawan berarah lain karena dalaman lampu utama yang ada di dalamnya masih besar.


Sumber: seva.id

Nah, sebelum kamu mengganti lampu standar kamu menjadi Lampu LED mobil terbaru, tidak ada salahnya untuk melihat aturan terlebih dahulu serta untung ruginya memakai lampu LED. 

Belum bisa ganti lampu LED mobil karena belum punya mobil? Baca ini dulu deh, harga mobil dan tips untuk membelinya. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^