Tuesday, 5 March 2019

Mau Beri Mahar Mobil? Cek Harga Mobil di Sini




Berita pernikahan Syahrini dan Reino sedang hits nih, sampai-sampai debat politik pun hilang. Keduanya memang sensasional, terlebih karena dikaitkan dengan mantan pacar Reino yang juga seorang artis terkenal. Selain proses menikah yang hanya memakan waktu kurang lebih 5 bulan, konon kabarnya Reino memberikan mahar sebuah rumah mewah untuk Syahrini. Lalu, apa hubungannya dengan mobil? 

Menurut sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Ahmad, disebutkan bahwa "Sebaik-baik wanita adalah yang paling mudah maharnya dan rahimnya." Banyak ulama berpendapat bahwa itu berarti wanita sebaiknya tidak memberatkan calon suami dalam hal mahar. Nah, mudah atau berat, mahal atau murah itu relatif. Kalau suaminya seperti Reino yang kaya raya dan mampu memberikan mahar rumah mewah, ya kenapa tidak? Sebab, bagi Reino, sangat mudah untuk memberikan mahar itu. 

Begitu juga kalau calon suami mau memberikan mahar mobil. Selagi mampu, kenapa tidak? Nabi Muhammad Saw memberikan mahar 20 ekor unta kepada Khadijah. Hewan unta pada masa itu adalah kendaraan utama bangsa Arab. Sama halnya dengan mobil di masa sekarang. Harganya juga tidak murah. Jika calon suami mampu memberikannya, ya silakan saja diberikan. 

Di dalam hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Habban, disebutkan bahwa ada 4 hal yang menjadi kebahagiaan bagi seorang mukmin yaitu: istri yang baik, rumah yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang baik. Jadi, memiliki kendaraan itu salah satu hal yang disunahkan untuk mencapai kebahagiaan berumah tangga. Nah, kalau saat akan menikah, seorang lelaki memberikan mahar mobil, berarti dia langsung mendapatkan 2 kebahagiaan yaitu istri dan kendaraan. 

Mobil memiliki peranan penting dalam kemudahan transportasi. Memang kita bisa menggunakan transportasi umum tapi ada kalanya kita harus menggunakan mobil pribadi. Misalnya saat tengah malam, istri akan melahirkan atau anak sakit sehingga harus segera ke rumah sakit. Transportasi umum sudah terbatas jumlahnya pada tengah malam. Apalagi kalau rumah kita jauh dari fasilitas transportasi, seperti rumah saya sekarang ini karena masuk kampung. 

Tak heran kalau memiliki kendaraan menjadi salah satu faktor pendorong kebahagiaan seorang muslim. Jadi, ini bukan karena materialistis ya tapi dikaitkan dengan kebermanfaatannya. Membeli barang haruslah bermanfaat, dan mobil adalah benda yang bermanfaat. 

Saat memilih mobil pun, sebaiknya mobil keluarga yang luas jika ingin digunakan sampai memiliki beberapa anak. Sehingga nantinya kita tidak perlu mengganti mobil ketika sudah memiliki anak banyak. Mobil keluarga memiliki ruangan yang luas. Cukup untuk menampung 7 anggota keluarga. Selain itu, bagasinya juga luas sehingga bisa membawa banyak barang. 

Mau beli mobil baru atau bekas? Semua ada plus minusnya. Mobil bekas memiliki harga yang lebih murah, tetapi harus selektif memilih karena sudah mengalami penurunan fungsi sehingga bisa rusak tiba-tiba. Sedangkan mobil baru memiliki harga lebih mahal tapi performanya masih bagus. 

Saat ini, kita bisa membeli mobil secara online sehinga tak perlu capek-capek datang ke dealer. Tinggal buka smartphone dan cek saja harga mobil di Blibli. Harganya bervariasi tergantung pada merk, teknologi, dan lain-lain. Belilah mobil tergantung kemampuan dan kebutuhan. 

Membeli mobil bisa secara kredit maupun cash. Kalau tabungan belum terkumpul, ya bisa beli dengan kredit. Daripada uang gaji sekadar untuk beli kopi mahal, mending untuk kredit mobil toh. Eit, jangan salah. Kalau setiap hari nongkrong di kafe dan membeli kopi secangkir Rp 50.000, dikalikan sebulan jadi berapa? Rp 1.500.000. Kalau minum kopinya 3x sehari, total Rp 4.500.000. Uang segitu bisa untuk kredit mobil lho. Dalam jangka waktu 3 tahun, sudah punya mobil dan diberikan untuk mahar calon istri.

Wah, pasti bahagia nih calon istrinya kalau diberi mahar mobil. Yuk ah, semangat! Kalau Reino saja bisa, yang lain juga bisa. 



50 comments:

  1. Jujur saja, kalau saya pribadi, nggak akan happy kalo maharnya mobil. Soalnya mobil kan nilainya bisa mengalami depresiasi atau penurunan nilai.

    ReplyDelete
  2. Wah mahar mobil? Hihihi aku mau ah kalau dapat calon suami yang tajir trus dapat mahal mobil saat nikah... Kelihatan matrenya hehehe.... Tapi bener juga ya mbak jatah ngopi bisa banget dialihkan untuk beli mobil. Mobil memang jadi kebutuhan saat ini. Pastinya ada banyak alasan setiap orang untuk memiliki mobil, kalau aku alasannya untuk mudik ke Jawa aja biar hemat pengeluaran.

    ReplyDelete
  3. Sekarang semua online ya, cek harga mobilpun bisa online sekarang nggak harus rempong pergi ke dealer mobil. Ngomongin mobil, jadi pengin ganti yang baru nih, sudah 10 th usia mobil dan banyak yang harus diperbaiki sana sini. Semoga kesampaian deh tahun ini bisa ganti.

    ReplyDelete
  4. Wah setuju mbak, daripada minum di cafe mending uangnya buat nyicil mobil. Jadi ingat pengalaman dulu pas mau beli mobil kudu ikat pinggang agar bisa wujudkan mobil yang gede sekalian jadi kalau anaknya banyak bisa masuk semua hehe.

    ReplyDelete
  5. Saya juga mau dapat mahar mobil, tapi pinginnya harus yang cash, kalau kredit nggak jadi mahar namanya yaa. Kalau suami disuruh nyicil dulu sampai lunas baru bisa nikah, berarti mobilnya sudah nggak baru lagi, heheeh. Mending nyicil bareng-barena aja setelah nikah :)

    ReplyDelete
  6. Waduh dibandingi dengan si inces yang dapat mahar rumah mewah, aku tuh langsung tutup muka, hehehe...

    Untungnya anak sulungku kasi mahar ke istrinya nggak mahal, hanya seperangkat alat sholat dan itupun istrinya udah bahagia banget. Lah udah dilamar baik-baik siapa yang nggak bahagia, iye kan. Hahaha
    Eh kamu siapa juga sih? Itu kata anak saya loh.

    Tapi betul juga tuh, beli mobil sekarang udah gampang, nggak bisa kontan ya bisa nyicil apalagi kalau pakai aplikasi. Cukup klik..klik...terus gesek..gesek dan tadaaa mobilnya sudah terparkir di depan rumah.

    ReplyDelete
  7. Setiap pasangan pasti mempunyai prioritas dan kebutuhan yg berbeda-beda ya mba.. nah kalo memang mobil jd prioritas kenapa tidak? Hehe..

    ReplyDelete
  8. Orang kaya mah bebas mau kasih mahar apa saja pada istrinya yaa, hehehe. Yap, beli mobil sekarang memang udah mudah banget, gak kayak dulu syaratnya belibet, sekarang via online pun jadi yaa saking mudahnya :)

    ReplyDelete
  9. Saya kalo disuruh milih beli mobil baru atau bekas, pasti pilih mobil baru dong. Apa daya kami baru mampu beli mobil bekas, jadi tetap harus disyukuri, hehehe :)

    ReplyDelete
  10. Mahal atau murah tergantung kemampuan suami . Mahar mobil wuih asiknya bisa jadi modal transportasi bagi orang yang super sibuk.

    ReplyDelete
  11. wah dulu waktu saya dan suami mau beli mobil, nggak kepikiran buat searching di blibli.com
    akhirnya dapet beli mobil bekas ke temen sendiri, hehe

    ReplyDelete
  12. lihat berita di TV sekarang memang lagi trend ya mahar mobil :D kalau menurut saya selama calon suaminya mampu gpp hihi saya juga mau sih *eh

    ReplyDelete
  13. aku kan malu-malu kucing masa nyebutin mahar mobil ya, padahal mah mau hihihi. Kalau calon suaminya mampu bener banget mau mahar apa aja bisa dikasih.
    Ternyata cuma syahrini yang mampu menggoyangkan hestek politik ya

    ReplyDelete
  14. Waw mahar Mobil hihi. Semoga si dia mau ya dimintain mahar Mobil. Biar gak kalah sama yang lagi ngetrend sekarang

    ReplyDelete
  15. Wah saya mah gak mau mahar mobil saya kan sudah nikah maunya mobil jadi kado ulang tahun saja hehe, btw keren juga ya sekarang di blibli bisa beli mobil :)

    ReplyDelete
  16. Waduh mahar mobil tapi kalau suaminya bersedia gpp kali ya mbk

    ReplyDelete
  17. Wuaaa....aku mau dibeliin mahar mobil *lha manten lawas kok mau mahar lagi, wkwkwk.
    Semoga tahun ini bisa beli mobil. Langsung sodorin harga mobil di Blibli

    ReplyDelete
  18. Iya sih, kalau calon suaminya mampu, minta diberikan mahar apa pun gak masalah. Asalkan tidak memberatkan ya, kan?

    Eh,sekarang di Blibli ada mobil juga ya, semakin lengkap dan mudah berbelanja di sana, deh!

    ReplyDelete
  19. Waaupun sudah nikah 15 tahun aku masih mau lhooo dikasih mahar hehe.. apalagi kalau boleh pilih mobil yaa :)

    ReplyDelete
  20. Mbak Leyla bisa saja ngehubungin syahreino sama mahar mobil. Iya, sih mobil memang alat transportasi yang saat ini saya pikir sudah mulai bergeser pengertiannya menjadi kebutuhan, bukan lagi barang tersier y.

    ReplyDelete
  21. Ide bagus untuk kasi mahar mobil ya. Selama memang bermanfaat dan sama2 rela ��

    ReplyDelete
  22. Hari gini semua emang serba online ya Mbak, bahkan mobil pun bisa dibeli secara online juga. Mantaaap.
    MasyaAllah yaaa jika bisa memberikan mahar sebuah mobil, benar2 bermanfaat banget itu. Secara saat ini mobil itu juga termasuk kebutuhan yg nyaris pokok, apalagi klo udah punya anak lebih dari dua dan keduanya sama2 bekerja.

    ReplyDelete
  23. Wohooo, mahar mobil. Mau jugala dikasih mahar mobil, huahaha. Tapi emang si, berata atau tidaknya mahar tergantung kemampuan masing-masing pria ya, apalagu buat pengusaha kaya macam Reino, hehe

    ReplyDelete
  24. Wah mau lah ngasih maharnya diulang hahahaha. Aku maunya Audi nih yang biru metalik ada ga ya :D

    ReplyDelete
  25. Saya lihat-lihat harga mobil juga di Bibli, Mbak.. Duh, semoga tahun ini bisa kebeli. Aamiin YRA.

    ReplyDelete
  26. Nah bener tuh, daripada uang dihabis-habiskan untuk nongkrong di cafe, sebaiknya ditabung untuk bisa beli mobil ataupun rumah. Dikit2 nyimpennya tapi bakalan nyata hasilnya kalau kita konversikan setiap hari udah keluarin uang berapa untuk kebutuhan2 tersier itu.

    ReplyDelete
  27. Hayuk ah move on dari kongkow kongkow unfaedah. Ditabung aja uangnya buat beli keperluan sarana prasarana diri sendiri biar mapan

    ReplyDelete
  28. Jadininget belum lama ada orang yang kasih mahar mobil. Tapi bener juga sih nongkrong di kafe ga cukup 100 ribu huhu kalau di kumpulin jadi lumayan banget kan duitnya.

    ReplyDelete
  29. aku baru tahu maharnya Reino ternyata rumah mewah mantul ya mba :)

    iya nih kendaraan emang penting banget apalagi punya mobil dulu sebelum punya mobil juga susah banget kalau mau keluar kemana-mana bawa anak yg masih kecil :)

    ReplyDelete
  30. Ya, siapa juga yang nggak senang klu dapat mahar mobil ya mbak. Memang aturan dalam islam sungguh luar biasa. Sebaik2 wanita adalah yang tidak memberatkan namun dikatakan pula laki-laki yang paham pasti akan memberikan mahar terbaik untuk pasangannya.

    ReplyDelete
  31. mewah atau tidaknya memang tergantung kondisi si pemberi mahar ya,
    memang kalau punya kendaraan sendiri itu lebih enak ga usah cari pinjeman. Dan beli mobil itu sama kayak beli rumah, jodoh jodohan. Kalau waktunya punya, ada aja rejeki buat beli..

    ReplyDelete
  32. gampang banget yach buat cari tau harga mobil. sekarang sudah bisa intip di blinli aja. mau harga mobil berapa ada pokoknya pas di kantong

    ReplyDelete
  33. Wow otomatis inget adeknya Incess, dulu maharnya mobil mewah hihi.

    ReplyDelete
  34. Dulu aku mikirnya ga macem macem mbak soal mahar, kata guru ngajiku, berikan mahar yang paling mudah dan mungkin bisa dipenuhi calon suami dan benar ada dasarnya ya, yaitu sabda Rasulullah.

    Tapi kalau calon suami mampu belikan mobil boleh uga hehe

    ReplyDelete
  35. bisa aja yaa nyambung ke mahar mobil. Aku pun mau, sekalian pajak tahunannya yaa.

    ReplyDelete
  36. Kalau keluarganya Syahrini memang dari Mamanya maharnya mobil mewah semua mbak #lah malah nggosip haha

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah dulu aku juga nggak ngerti soal mahar
    eh pas dapet suami, maharnya dengan uang yang dia mampu nggak masalah sepanjang dia ada niatan ibadah. Tapi kalo mampu belikan mobil asik juga ya, eh tapi nggak bisa nyetir hehehe

    ReplyDelete
  38. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete
  39. DEWALOTTO - Salah Satu Bandar Togel Online Terpercaya Khusus Untuk Anda Semua Pecinta Togel Online.
    Menyediakan 8 Pasaran Terbaik, Terbesar & Terpercaya Di Indonesia.
    Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga & Menangkan Jackpot Setiap Harinya Disini Bersama Kami.
    Berapapun Kemenangan Anda, 100% Kami Pasti Bayar !!!
    Salam Hangat DEWALOTTO.ME - Happy Betting Guys !!!
    Kepuasaan anda dalam bermain adalah perioritas kami salam DEWALOTTO semua bisa jadi DEWA...
    Wujudkan Impian Anda Disini & Ajaklah Teman-Teman Anda Semua Untuk Ikut Bergabung Bersama Kami Hanya Di http://www.dewalotto.club !!!
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!
    Happy Betting Guys !!!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^