Friday 20 October 2023

Teman Blogger Seperjalanan

"Besok rutenya gimana? Bareng ya?" 

"Oke. Janjian jam berapa?" 

"Jam 7 udah di stasiun." 

"Sip, deh." 

 


Di atas adalah percakapan saya dengan teman blogger seperjalanan setiap kali mau berangkat ke event blogger. Sebagai ibu-ibu rumahan yang jarang bepergian, saya itu nggak tahu jalan. Sejak kuliah, saya selalu nyari teman jalan supaya nggak nyasar. Kalaupun pergi sendiri, rutenya udah hapal di luar kepala karena sering saya lalui. Misalnya, rute berangkat ke kantor.

Setelah  nikah dan di rumah saja, saya makin takut jalan jauh sendirian. Saya selalu minta diantar suami. Awal-awal ikut event blogger, suami  selalu mengantar saya ke lokasi acara. Bahkan dulu ya sebelum jadi blogger, saya datang ke kementerian agama untuk menjadi juri lomba menulis pun dengan mengajak kedua adik saya. Bayangkan betapa penakutnya saya jalan sendirian. 

Lama-lama suami pun komplen. Saya harus belajar bepergian sendirian, karena ya nggak selamanya suami bisa menemani kan. Akhirnya saya beranikan diri untuk pergi sendiri dengan aneka persiapan dong. Saya pun berusaha keluar dari zona nyaman di rumah saja dengan mengikuti event-event blogger. Salah satu tujuannya ya supaya saya bisa mandiri bepergian sendiri dan tahu jalan. 

Percaya deh, ibu-ibu yang seperti saya itu nggak cuma saya. Beberapa teman blogger juga ternyata mirip-mirip kasusnya dengan saya. Saking nyamannya di rumah, jadi gagap kalau disuruh pergi sendiri. Soalnya biasa ke mana-mana bersama suami. Walaupun sekarang saya sudah terbiasa pergi sendiri, saya tetap berusaha mencari teman jalan. Jadi kalau ada teman yang seperjalanan, kami akan janjian. Mereka itulah teman blogger seperjalanan yang kemudian menjadi akrab. 

Event-event yang diadakan oleh KEB (Kumpulan Emak Blogger) itu menjadi sarana saya berkenalan dan menjalin hubungan lebih akrab dengan teman blogger seperjalanan. Berhubung saya tinggal di Depok, jadi saya sering bareng nih dengan teman-teman blogger Depok. Gara-gara itu juga, saya jadi tahu ternyata banyak yang rumahnya berdekatan dengan rumah saya.  

Siapa saja sih teman blogger seperjalanan yang sering janjian berangkat ke event dengan saya? Nih saya sebutin ya nama-namanya:

Teman Blogger Seperjalanan

Eni Martini (www.duniaeni.com) 

Duh, kalau Mbak Eni ini sih teman yang paling lama deh karena ketemunya saat aktif menulis novel. Lalu kami jadi blogger juga bareng-bareng. Mbak Eni ini awalnya tinggal di Jakarta, kemudian pindah ke Depok. Nah, setelah pindah ke Depok tuh, jadi bisa sering berangkat bareng. Kalaupun nggak ketemu pas berangkatnya, ya pas pulangnya kami bareng.

Seru banget kalau lagi jalan bareng gitu jadi bisa cerita-cerita. Kami bahkan pernah me time sepulang dari event, mampir dulu ke mall ITC Depok. Padahal anak-anak sudah nunggu di rumah ya. Kapan lagi sih bisa me time bareng bestie? Sekarang dia sudah pindah lagi ke Jakarta dan jadi jarang bareng berangkat ke event.

Tetty Tanoyo (www.tettytanoyo.com)

Mak Tetty ini rumahnya tetanggaan dengan saya di Citayam. Pertama kali jalan bareng itu ke acara buah-buahan ya. Setelah itu ya jadi sering janjian. Seru juga punya tetangga yang sama-sama blogger. Bisa minta tolong fotoin buat endorse. Dulu saya sering main ke rumahnya, bahkan nitipin anak juga kalau sedang ada event. Kami pun pernah  tergabung dalam event  KEB untuk promosi kue cokelat dan eventnya tuh nggak cuma sekali. Acaranya pernah berlokasi di Bekasi, yang sudah tentu jauh banget. Udah gitu acaranya juga acara buka puasa bersama. 

Saya jadi bersyukur karena ada teman blogger seperjalanan yang tetanggaan, jadinya nggak takut pulang dari Bekasi malam-malam. Ada temannya gitu lho. Kemudian saya pindah ke Sawangan, jadi udah jarang bareng lagi. Mak Tetty juga hanya sesekali ikut event. Kalau bukan karena ngeblog, mungkin saya nggak pernah kenal dengan Mak Tetty meskipun tetanggaan.

Utie Adnu(www.utieadnu.com) 

Nggak disangka ternyata saya punya tetangga blogger lagi yaitu Utie Adnu. Ketemunya juga di acara blogger, ngorol-ngobrol, dan rupanya dia pun tinggal di Citayam. Sampai sekarang nih kami selalu janjian kalau ada event yang sama. Walaupun saya sekarang juga sudah pindah lagi ke Depok 2, kami tetap janjian. Ketemunya di stasiun tujuan, lalu barengan deh ke lokasi acara. 

Momen sama Mak Utie ini banyak banget, karena memang sering ketemu di acara yang sama. Terakhir baru saja kemarin kami ketemu di acara CFD. Pulang dari acara, makan bareng deh di dekat stasiun. Saya sering mengandalkan dia nih untuk penunjuk arah, karena dia sering jalan jadinya dia tahu jalan. 

Ade Ufi (www.adeufi.com) 

Nah, sama Mak Ade ini juga saya sering janjian kalau kebetulan dapat acara yang sama. Senengnya saya pernah kebetulan dapat event yang sama dengan Mak Ade, eh ternyata dia lagi ulang tahun dan saya pun ditraktir. Wah, hepi banget. Yang tadinya nggak begitu akrab, sekarang jadi akrab. Kami mulai sering bareng ya baru belakangan ini, karena baru dekat. 


 

Mira Utami (www.miramiut.com) 

Sekarang saya tetanggaan sama Mak Mira ini, karena sama-sama di Depok 2. Kami juga pernah bareng jalan ke event sewaktu Mira tinggal sebentar di Sawangan pas zaman covid. Terakhir kami pulang bareng dan turun di stasiun Pocin. Saya yang baru pertama kali turun di Pocin, akhirnya tahu deh kalau ternyata untuk naik ojol harus jalan dulu ke depan Gramedia yang lumayan banget jaraknya. Mana saya pakai sepatu flat yang bikin lecet kaki.

Sebenarnya masih banyak lagi teman blogger seperjalanan terutama yang rumahnya di Bogor dan Depok. Sayangnya sekarang sudah jarang ketemu ya, malah sudah nggak pernah ketemu lagi karena satu per satu meninggalkan dunia blogging. Sedih deh rasanya. Momen bareng itu harus berakhir.  Diantaranya ada Melly Feyadin yang pindah ke  Lampung, Mak Nefertite yang sudah jarang ikut event, Mak Tina Sindi yang pernah nyasar bareng di stasiun Depok lama, Rach Alida, Lia Lathifa, Dian Ismy, Evrina, dan banyak lagi. Duh, kalau nggak saya sebutin namanya nanti marah nggak ya mereka? Hehehe....



Teman blogger seperjalanan ini memberikan kesan mendalam bagi saya. Buktinya saya masih ingat saja momen jalan bersama mereka. Ibu-ibu rumahan seperti saya ini memang butuh sesekali ketemu dengan  yang sefrekuensi, jalan dan makan bareng. Ngobrol apa pun, terutama ngobrolin anak-anak dan ngeblog. Kalau bukan karena ngeblog, sepertinya teman saya hanya Mak Eni Martini itu deh.

Jujur saya itu orangnya introvert lho. Saya tidak mudah bergaul dengan orang banyak. Saya baru bisa terbuka kalau sudah sering jalan bareng. Seperti dengan teman-teman yang saya sebutkan di atas itu.  Kami malah sudah pernah main ke rumah juga. Mak Utie, Mira, dan Tetty pernah main ke rumah saya. Saya juga pernah main ke rumah Mak Eni, Tetty, dan Mak Ade. Semoga saja ya mereka juga mengingat saya sebagai teman blogger seperjalanan. 

Jadi memang benar kalau ngeblog itu bisa memperluas pergaulan. Bukan hanya saling membaca tulisan di blog ya, tapi kita juga bisa ketemuan. Salah satunya ya di event-event KEB yang sudah mempertemukan saya dengan para tetangga. Andai nggak ketemu di event, pastilah saya nggak tahu kalau ternyata kami tetanggaan.  

Thanks, bestie... Berkat kehadiran mereka, hidup saya nggak terasa sepi dan bisa menghilangkan 3 alasan malas nulis blog

 




 

 




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^