Thursday, 1 December 2022

Jajan Getuk Goreng Asli Sokaraja

Mengawali bulan Desember, saya akan mulai mencicil pengalaman traveling Jawa Tengah sebelum pandemi Covid 19 menyerang. Berhubung ponsel tempat menyimpan foto-fotonya itu rusak karena dipakai main game oleh Salim, saya kehilangan banyak foto dan dokumen. Hiks. 

Getuk Goreng


Dulu memang sibuk banget, nggak sempat mau nulis pengalaman traveling ini. Padahal memorable dan bisa dikenang anak-anak kelak. Selepas liburan Idul Fitri di Garut, kami nggak pulang ke Jakarta tapi langsung ke Jawa Tengah melalui yang sepi dan didominasi oleh hutan.

Baca Juga: Soto Seger Mbok Giyem 

Jalanannya sepi lho. Makanya suami saya ngebut supaya nggak kemalaman lewat daerah itu. Di tengah jalan, kami mampir sejenak untuk jajan getuk goreng asli Sokaraja buat cemilan di jalan. Eh ternyata cuma saya yang suka nih, karena rasanya manis. Bukan hanya getuk, kami juga membeli tempe mendoan asli Sokaraja. 

Getuk Goreng Asli Sokaraja 

Getuk goreng ini makanan khas Banyumas. Terbuat dari singkong dan gula merah. Memang kalau makanan Jawa Tengah banyak yang menggunakan gula merah. Makanan ini sering dihidangkan di acara keluarga. 

Getuk Goreng Sokaraja Asli


Harganya murah meriah sih. Tiga tahun lalu itu satu paknya Rp 15.000 dengan aneka rasa. Ada rasa durian, cokelat, nangka, dan gula jawa. Saya membeli semuanya, dicampur dalam satu pak. Supaya saya bisa tahu semua rasanya. 

Berhubung getuknya masih hangat, jadi masih lembut ya teksturnya. Berminyak sekali, karena ini singkong yang dihaluskan lalu digoreng. Gula jawanya juga banyak, jadi rasanya tuh manis banget. Kayaknya makan 1-2 aja udah cukup deh. 

Rasanya sih enak, tapi kalau sudah dingin jadi agak keras. Makanya mending belinya pas masih baru digoreng dan langsung dimakan dong. Ini karena hanya saya yang makan, jadinya masih sisa sampe besoknya hehehe.... Sebenarnya ini mirip-mirip timus kali ya, bedanya ini digoreng. 


Getuk Sokaraja


Selain beli getuk, saya juga beli tempe mendoannya. Tapi lupa nih harganya berapa. Tempenya ini ukurannya besar. Memang khas banget sih ya mendoan Jawa Tengah. Enak dan nagih. Sayang cuma beli sedikit. 

Baca Juga: Imperial Kitchen and Dimsum The Park Mall Sawangan 

Jajan getuk goreng asli Sokaraja ini baru tahap pertama perjalanan kami wisata Jawa Tengah. Selanjutnya akan hadir pengalaman mencari hotel tengah malam di Jogja. 

Tonton juga testimoni icip-icip getuk goreng asli Sokaraja ini di youtube saya: 




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^