Wednesday 18 May 2022

Resep Bakwan Mercon

Assalamualaikum. Apa kabar Ibu-ibu? Setelah libur lebaran dua minggu, saatnya kembali bekerja. Sebenarnya masih mager nulis setelah maraton menulis 30 artikel untuk BPN Ramadan 2022. Jadi, saya akan share resep masakan yang sudah diposting di instagram @leylaimtichanah saja ya. 

bakwan mercon



Alhamdulillah di bulan Ramadan itu ada aja job memasak, walaupun nggak banyak. Saya juga punya akun instagram khusus kuliner yaitu di @leylaimtichanah. Jadi awalnya resep ini saya posting di sana sebagai salah satu job endorse marketplace. Saya posting lagi di sini karena ini adalah blog tempat menyimpan resep masakan

Resep ini adalah recook dari postingan akun sponsor tapi saya memasak sesuai ketersediaan bakwan. Saya pun baru tahu nih beberapa bahan yang digunakan. Biasanya saya masak bakwan hanya memakai sayuran dan tepung terigu. Ternyata bisa dicampur dengan tepung beras dan tapioka juga supaya lebih krispy.

Selain itu, bisa dimasukkan juga potongan cabai rawit besar atau jalapeno supaya  pedas, bagi penyuka pedas. Bakwan ini memang semacam masakan wajib saat puasa. Konon katanya saya salah nih menyebutnya. Untuk gorengan yang satu ini namanya Bala-bala. Kalau Bakwan itu yang adonannya pakai cetakan bulat. 

Ah, kalau di tempat saya, keduanya tetap saja disebut "Bakwan." Apa pun namanya, mau Bakwan, Bala-bala, atau Ote-ote, yang penting enak dan bikin ketagihan. 

Berikut ini resep  Bakwan Mercon

Bahan-bahannya: 

Tepung terigu, 200 gram 

Tepung beras, 2 sendok makan 

Tepung tapioka, 2 sendok makan 

Wortel, 2 buah 

Tauge, 100 gram 

Daun bawang, 2 batang 

Cabai rawit merah, 5 buah 

Telur Ayam 1 butir 

Garam, 1/2 sendok teh 

Penyedap, 1/4 sendok teh 

Ketumbar bubuk, 1/4 sendok teh 

Lada bubuk, 1/4 sendok teh 

Air, 200 ml 

Minyak goreng, secukupnya untuk memasak gorengan 

Cara masaknya: 

Iris wortel, daun bawang, dan cabai rawit. Cuci bersih bersama tauge. Aduk rata di dalam mangkuk. 

Masukkan tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka. Tambahkan air. Aduk rata. 

Masukkan garam, ketumbar, lada,  dan penyedap. Aduk semuanya.

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Masukkan adonan bakwan satu per satu. Goreng sampai kekuningan.

Alhamdulillah rasanya enak dan pedas. Kalau kurang pedas, bisa dicocol lagi pakai saus sambal atau saus kacang. Menurut saya sih sudah pedas dengan irisan cabai rawit merah yang ada di dalam bakwannya.

Tepung tapioka dan tepung beras digunakan sedikit saja ya untuk menambah kerenyahan. Takarannya dikira-kira saja, karena memang begitulah kalau saya masak bakwan. Disesuaikan dengan jumlah sayurannya. Takaran di atas hanyalah contoh. Jika kurang banyak tepung terigu dan sayurannya, bisa ditambah. 

Telur ayam bisa dipakai, bisa juga tidak. Kalau dipakai, adonannya jadi lebih lembut dan nggak keras. Berhubung ini bakwan mercon yang ada cabai di dalamnya, jadi hanya untuk penggemar pedas ya. Jangan sampai nanti yang memakan itu kaget karena nggak suka pedas, eh tiba-tiba menggigit cabai. Selain bakwan mercon, saya juga pernah mencoba recook Resep Keripik Tempe Kriuk Anti Gagal

Selamat mencobaaa....

1 comment:

  1. ini sih camilan favorit banget. bikin sendiri lebih hemat ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^