Tuesday 4 January 2022

Bakso dan Nasi Goreng Halal di Bakso Kraton Depok

Assalamualaikum. Sudah hari keempat di bulan Januari 2022. Rasanya sayang kalau blog ini belum update juga. Berhubung kemarin tanggal 31 Desember kami sekeluarga memperingati hari kelahiran anak kedua dengan makan di luar, saya akan review tempat makannya. Siapa tahu dibutuhkan oleh pembaca yang sedang mencari tempat makan murah, enak, dan halal di Depok. 
 
bakso campur
Bakso Campur

 

Sebelum ke sini, saya juga googling dulu dengan kata kunci: tempat makan murah di Margonda Depok. Kata "murah" nih penting ya karena masih pandemi. Bukan deng. Soalnya kami sekeluarga cukup sering makan di luar. Jadi supaya budgetnya cukup, cari tempat makan yang harganya sesuai budget. 

Sekarang bukan hanya murah, tapi juga halal. Berkaitan dengan trending di media sosial kalau Hanamasa belum halal. Kaget juga sih, kok saya baru tahu? Saya pernah makan sekali di sana tapi pakai voucher hadiah. Memang saya tidak terlalu memperhatikan soal sertifikasi halal tempat makan, asalkan tidak disebutkan ada makanan haramnya. Misalnya, restoran babi. Apalagi kalau melihat banyak konsumen muslim yang juga makan di sana. Jadi peringatan nih buat saya supaya ke depannya melihat dulu ada sertifikasi halalnya tidak. 
 
makanan halal depok

 

Untungnya Hanamasa itu mahal, jadi saya menolak permintaan suami. Sudah ke sekian kalinya saya menolak, karena suami sangat suka makan daging. Per orang Rp 200.000, dikali 5 orang jadinya Rp 1 juta. Terlalu berlebihan sepertinya kalau harus menghabiskan uang segitu untuk sekali makan. Kecuali kalau ditraktir hahaha. Yowislah, makan di restoran Jepang yang sudah halal saja seperti di Ramen1 Indonesia yang pernah saya review juga. 

Sampailah kami di Bakso Kraton Jl Siliwangi Depok. Di judul buku menunya sudah tercantum logo halal MUI. Jadi insya Allah lebih tenang ya karena sudah ada jaminannya. Kalau ada yang bilang logo halal MUI itu bisa dicurangi, ya dosanya kan pindah ke MUI dong atau ke orang yang mencurangi. Yang penting kita sudah mendapatkan jaminan halalnya dan sudah berusaha mencari makanan halal. 
 
buku menu bakso kraton


Walaupun nama restorannya adalah restoran bakso, restoran ini tidak hanya menjual bakso. Ada makanan Jawa lainnya, yang saya ingat sih seperti Nasi Pecel. Saat buku menu datang, saya langsung mengecek harganya dan harganya standar saja. Hanya selisih sedikit dengan kedai makanan kaki lima. Harga makanan kisaran Rp 20.000 - Rp 30.000-an. 

Bakso yang dipesan adalah bakso campur dan bakso urat. Sedangkan anak-anak memesan nasi goreng udang, nasi goreng spesial, dan nasi goreng seafood. Makanan-makanan ini katanya bisa dicampur bahan haram. Nasi goreng konon menggunakan angciu. Sedangkan bakso bisa saja ada campuran babi atau lemaknya. Nah ini jadi notice juga buat saya, memang harus beli di restoran yang sudah memiliki sertifikat halal MUI seperti di Bakso Kraton ini. 

Harusnya sih kalau pedagangnya nggak bilang bahwa makanannya mengandung babi atau bahan haram lainnya, kita bisa merasa aman ya. Nyatanya banyak pedagang makanan yang nakal. So, lebih baik sekarang kita hanya makan di tempat makan yang sudah bersertifikat halal. Biar saja deh kalau dibilang mematikan rezeki orang, karena untuk pengusaha UMKM juga ada bantuan pemerintah agar bisa mengurus sertifikat halal secara gratis. 

Untuk rasa baksonya memang enak, dagingnya terasa. Kan ada tuh bakso yang lebih banyak tepungnya. Nah kalau ini memang bakso daging sapi. Mungkin karena enak, jadi saya merasa porsinya sedikit. Belum kenyang euy. Untunglah Salim tidak habis makan nasi gorengnya, karena kekenyangan. Porsi nasi gorengnya memang sudah banyak. Selain itu sebelum makan besar, anak-anak sudah makan dimsum pula. Jadi saya dan suami kebagian menghabiskan nasi goreng Salim. 
 
Nasi Goreng Udang
Nasi Goreng Udang

Nasi Goreng Spesial
Nasi Goreng Spesial

Nasi Goreng Seafood
Nasi Goreng Seafood

 
Dimsum
Dimsum


Minuman yang kami pesan hanya teh manis dan soda susu dengan harga wajar. Teh manis Rp 5.000 segelas dan soda susu Rp 12.000. Soda susu itu ternyata Fanta dicampur dengan susu kental manis ya. Padahal dulu seingat saya soda susu itu sudah dikocok seperti milkshake. Kalau di sini kita harus mengaduk sendiri hehehe. 
 
Bakso Kraton Depok



Alhamdulillah selesai makan tinggal bayar. Syukur banget bisa bayar pakai QRIS BCA, karena saya tidak lagi mencetak kartunya. Ambil uang di ATM pun pakai fitur cardless. Jadi senang kalau ada resto dan tempat belanja yang metode pembayarannya sudah komplit. Total harga semua makanan dan pajak Rp 201.850. Untuk biaya makan berlima, cukup terjangkau kan. 


Restoran Bakso Halal






2 comments:

  1. Kapan2 kalo ke Depok, cobain ah baksonya. Kami sekeluarga suka bangt bakso, tapi memang susah nemuin yg rasanya bener2 klik di hati 😁. Namanya aja selera beda2 Yaa.. tapi yg pasti kalo Nemu bakso yg pake toge, duuuh aku LGS ilfil mba biasanya 🤣. Padahal suka Ama toge, cuma kayaknya ga cocok aja kalo buat bakso hahahah. Bakso di atas, dari penampakan kuah dan baksonya, udah bikin kepengiiin ih 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung liat lagi fotonya dan ini baksonya ga pake toge hehehe. Pake sawi aja.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^