Friday, 14 January 2022

5 Tips Belajar Bisnis Pemula yang Mudah

Lapangan kerja yang terbatas membuat kita terpikir untuk memiliki bisnis sendiri. Sayangnya, memulai bisnis bagi pemula tidak semudah yang dibayangkan. Banyak kegagalan yang dialami akibat kurang persiapan. Tak hanya persiapan modal dan tenaga kerja, tetapi juga kemampuan dan keahlian mengelola bisnis tersebut. Tentunya kita tidak bisa langsung memiliki keahlian berbisnis, apalagi kalau kita masih pemula. Segala sesuatu harus dipelajari, termasuk berbisnis. 
 
tips belajar bisnis pemula yang mudah



Pada dasarnya, berbisnis itu memerlukan keberanian dan pantang menyerah. Kita bisa mulai berbisnis dengan modal kecil. Selanjutnya adalah memperbanyak ilmu bisnis yang dapat mendukung kemajuan dari bisnis kita itu. Apa saja sih ilmu bisnis yang harus kita pelajari? Berikut ini ada 5 tips belajar bisnis pemula yang praktis dan mudah:

Belajar Bisnis Sederhana

Sebelum berpikir untuk membuat bisnis yang besar dan memerlukan modal yang banyak, cobalah untuk belajar memulai bisnis dari yang kecil dulu. Ibu-ibu di sekitar saya sudah mempraktekkannya dengan berdagang kecil-kecilan melalui media sosial atau marketplace. Dari situ kita bisa mempelajari produk apa yang diminati oleh pembeli, bagaimana mempromosikan produknya agar banyak orang yang membeli, dan lain-lain. Setelah itu, kita tambah modal sedikit demi sedikit sampai akhirnya kita berani membuat bisnis yang lebih besar dengan modal yang lebih banyak.

Belajar dari Pebisnis Lain

Caranya dengan membuka pergaulan dengan sesama pebisnis. Kita bisa saling berbagi ilmu, cerita, dan pengalaman saat menjalankan bisnis itu. Selain bergaul secara langsung, kita juga bisa mendapatkan inspirasi bisnis dari membaca pengalaman para pebisnis senior. Bagaimana mereka memulai bisnis, belajar berbisnis, dan mengatasi kegagalan saat berbisnis. Sebagian besar pebisnis mengalami kegagalan saat memulai berbisnis, tapi mereka yang berhasil adalah mereka yang pantang menyerah dan terus mencoba menemukan bisnis yang cocok. 

GreatNusa



Lakukan Survei dan Riset

Jika tidak tahu mau berbisnis apa, kita bisa lakukan survei dan riset dulu. Survei kecil-kecilan bisa dilakukan di media sosial, misalnya dengan menanyakan bisnis apa yang sedang digemari saat ini, berapa harga barang yang bisa dijangkau oleh calon konsumen, dan lain sebagainya. Kita juga bisa mengamati calon pesaing mulai dari barang yang dijual sampai harga yang mereka pasang.

Menyusun Rencana Bisnis

Selanjutnya buatlah rencana bisnis untuk memudahkan realisasi bisnis kita. Apa saja rencana bisnis itu? Bisa dimulai dari menentukan bisnis apa yang mau kita jalankan, berapa modalnya, siapa saja target pasarnya, bagaimana cara pemasarannya, siapa supplier nya, di mana lokasinya, dan lain-lain.

Mengikuti Kursus Pembelajaran Online

Berbisnis itu juga membutuhkan ilmu. Saat ini, kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang dapat menunjang perkembangan bisnis kita melalui kursus pembelajaran online. Belajar bisnis pemula bisa dilakukan secara online untuk menghemat biaya dan waktu. Salah satu tempat kursus pembelajaran online yang menyediakan kursus bisnis adalah website GreatNusa. Kita bisa belajar bisnis dasar, bisnis digital, manajemen pemasaran dan penjualan, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan lain-lain.

Kalau kita ingin belajar bisnis dasar, ada 15 kursus yang tersedia. Salah satunya membuat rencana bisnis sebagaimana yang saya sebutkan di atas. Biayanya gratis lho. Kursus-kursus bisnis lainnya ada yang gratis, ada yang berbayar. Bila berbayar pun, biayanya sangat terjangkau mulai dari Rp 100.000 sudah bisa mengikuti kursus belajar bisnis pemula di GreatNusa.

Untuk bisa mengikuti kursus pembelajaran online belajar bisnis pemula ini, kita harus membuat akun dulu di GreatNusa. Jika kursusnya bayar, kita harus transfer dulu pembayarannya melalui nomor rekening bank yang tersedia. Setelah itu kita bisa mengakses materi pembelajarannya. Tertarik untuk belajar bisnis pemula?

6 comments:

  1. Dapat ilmu baru nih dalam berbisnis.Tahun 2021 aku memutuskan untuk pensiun dini karena sudah lelah juga ya kelamaan kerja diperusahaan retail.Nah rencananya pengen berbisnis tapi bingung mulainya darimana,memang kudu harus belajar banyak ya

    ReplyDelete
  2. Asik banget ada 15 kursus bisnis pemula tapi tidak berbayar di GreatNusa :) Best deal banget buat yang pengen bisnis tapi nggak tahu harus mulai dari mana dulu. Makasih banyak infonya yah mba :)

    ReplyDelete
  3. Memang berbisnis perlu keberanian dan sedikit nekat ya mbak. Apapun usahanya yg penting ditelateni kalau kata org Jawa. Survey itu penting sebelum mulai usaha

    ReplyDelete
  4. wah makin mudah sekarang ya mau belajar bisnis ya mbak, karena bisa dilakukan secara online baik berbayar maupun gratis. biayanya juga terjangkau yaa.

    ReplyDelete
  5. Bener memulai bisnis memang harus belajar terlebih dahulu, ga asal langsung terjun. Bisnis terencana tentu lebih menjanjikan dari pada yg asal jalan.. senengnya sekarang ada GreatNusa ya mba

    ReplyDelete
  6. wah belajar bisnis bagi pemula di GreatNusa ini cukup terjangkau ya, secara ilmu itu kan memang mahal apalagi jika yang ajarkan udah benar-benar Pro ya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^