Sunday, 21 November 2021

Hidup Sehat di Usia 40 Plus

Alhamdulillah, tahun ini usia saya 40 tahun. Perasaan sih masih muda aja, tapi tubuh nggak bisa bohong. Padahal mau seperti Song He Kyo yang walaupun sudah 40 tahun tapi seperti baru 25 tahun. Langsing dan awet muda. Butuh kerja keras dan uang yang nggak sedikit pastinya hehehe.... 

 


 

Jadi, sekarang yang penting itu tubuh sehat, masih bisa produktif bekerja, dan membersamai anak-anak sampai mereka mandiri. Memang di usia 40 tahun ini, kesehatan sangatlah penting karena metabolisme tubuh sudah berkurang. Alhamdulillah, saya dan suami di usia 40 plus ini masih diberi kesehatan. Walaupun sesekali sakit, tapi ringan.  

Gimana caranya jaga kesehatan di usia 40 plus?


Diet Sehat

Diet untuk kesehatan, kalau langsing ya bonus. Terpenting adalah mengurangi makanan berlemak, mengandung kolesterol, dan tinggi gula. Memang nggak mudah, asal tetap berusaha. Saya menghitung juga kalori yang masuk, agar tidak melebihi batas maksimal kalori per hari. Sekarang sudah harus mengurangi minuman manis, walaupun godaannya sangat kuat. Gimana enggak? Di mana-mana tersebar penjual minuman manis berupa kopi, teh, dan susu. 

Makan Sehat 

Asupan makanan yang masuk ke tubuh juga diusahakan makanan sehat, mengandung vitamin, mineral, dan serat. Lauknya harus ada sayurannya. Rutin makan buah juga. Dulu saya amat jarang makan buah, sekarang diusahakan tiap hari ada buah di meja makan dan di kulkas. 

Banyak Minum Air Putih 

Air putih berguna untuk membuang racun di tubuh dan melancarkan pencernaan. Minimal satu liter sehari. Saya pun dulunya jarang minum air putih, sekarang harus rajin. Walaupun tak berlebihan juga. Efeknya memang bagus untuk pencernaan, jadi mudah buang air besar. 

Tidur cukup 

Setiap orang perlu tidur. Jangan paksakan begadang, karena organ tubuh juga harus beristirahat dan membuang racun. Malam hari waktunya regenerasi sel-sel tubuh dan hanya bisa bekerja kalau kita dalam keadaan tidur. Tidur minimal 7-8 jam sehari. Gimana kalau sedang ada gangguan tidur atau insomnia? Bisa dibantu dengan obat tidur tapi pilih yang aman ya. 

Cukup Vitamin dan Mineral 

Vitamin dan mineral bisa didapatkan di dalam makanan sehari-hari, tapi kalau salah memasaknya berisiko pada rusaknya kandungan vitamin dan mineral itu. Jadi menambah vitamin dan mineral dalam makanan atau minuman dengan suplemen kesehatan sangat dianjurkan. Apalagi kalau kondisi tubuh sedang tidak sehat.

Misalnya kemarin saya bersin-bersin. Khawatir meningkat menjadi influenza, saya pun segera mengonsumsi suplemen vitamin C 1000 yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Alhamdulillah, bersinnya hilang dan nggak meningkat menjadi influenza. 


Olahraga Ringan 

Berhubung usia sudah 40 plus, olahraga yang ringan saja karena kinerja jantung juga sudah berkurang. Kemarin saya lihat seorang wanita usia 40 plus meninggal dunia saat sedang olahraga naik gunung sambil berlari. Lakukan olahraga yang tidak memforsir kerja jantung, seperti jalan kaki atau senam ringan (bukan aerobik). 


Nah, itulah tips hidup sehat di usia 40 plus ala saya. Jangan lupa juga untuk senantiasa berdoa agar tetap diberi kesehatan sampai lanjut usia. 



17 comments:

  1. Keren sekali tipsnya ini, Mbak. Pas semua diterapkan untuk kita yang sudah usia kepala 4 hahaha.
    Pokoknya terus jaga kesehatan, nikmati hidup, dan bahagia.

    ReplyDelete
  2. Selamat bertambah umur mbak.. semoga selalu diberi sehat ya.. bener juga usia 40 harus hati2 pilih jenis olahraga..

    ReplyDelete
  3. Makasih, Mbak Hanna tipsnya. Mau mulai aku praktikan biar sehat dan tetap awet muda kayak Mbak.

    Kalo dari list, udah ada yang jadi bagian dari hidup aku kayak konsumsi air putih, minum vitamin, dan perlahan tidur cukup juga udah mulai bisa.

    Tinggal soal diet sehat, makan sehat, dan olahraga rutin nih yang masih jadi PR aku. Semoga abis baca ini, aku jadi semangat buat menggenapi semua tipsnya biar sehat terus sampe insyaallah usia 40 plus nanti.

    ReplyDelete
  4. memang yaa meskipun sudah mulai bertambah usia, olahraga tetep penting untuk dilakukan bair terus bugar dan sehat

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah semoga sehat2 terus ya mbaa, aamiin. Aku jg pengen tetep sehat meskipun nanti udah menginjak kepala 4. Semoga Allah kasih kita umur berkah dan membahagiakan yaa

    ReplyDelete
  6. wah sudah 40 tahun ya mbak
    katanya life begin at 40
    kunci tetap cantik di usia 40 adalah rutin olahraga dan konsumsi gizi seimbang ya mbak

    ReplyDelete
  7. Saya pun juga gara-gara pandemi seperti ini akhirnya merubah pola dan gaya hidup jadi lebih sehat sih. Makanan terjaga, olahraga juga cukup dan tidurnya juga cukup.

    ReplyDelete
  8. Sehat2 ya Ela emang usia 40+ udah makin banyak yg di rasa ya karena metabolisme tubuh berkurang, sdh sunnatullah tp tetep mesti dijaga biar bisa liat anak2 sukses kelak aamiin

    ReplyDelete
  9. Konon katanya semakin tua semakin sulit tidur malam ya mbak. Berarti memungkinkan ya untuk konsumsi obat tidur ya aman?

    ReplyDelete
  10. Wah gak sangka, Mbak Keyla seusia kakakku yang nomor 3, hehe. Yang penting sehat-sehat selalu ya mbak, sama bener itu kualitas tidur yang perlu untuk tercukupi

    ReplyDelete
  11. Diet sehat dan olahraga yang masih suka males, sama begadang nih yang susah apalagi kalau pas dikejar deadline. Tapi tips hidup sehat di atas memang penting banget untuk kesehatan, jaid pelan-pelan harus diterapkan

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah~
    Barakallahi fiik, kak Leyla.

    Yang bikin salut dari kak Leyla itu hidupnya seimbang banget, antara hobi dan keluarga. Ini rahasianya yaa.. tetap menjaga pola hidup sehat dan bahagia bersama keluarga.

    ReplyDelete
  13. Dan menerapkan hidup sehat begitu harus dimulai sesegera mungkin ya, Bu. Biar semakin terjaga kesehatannya. Jadi, hidup juga lebih berkualitas. Nggak gampang sakit meskin sudah berumur nantinya.

    Kudu tetap semangat hidup sehat nih.

    ReplyDelete
  14. Ngga ketahuan banget loh kalo kakak ini sudah masuk 40-an. Orang bijak bilang, life begin at 40. Semoga makin sehat, banyak rezeki dan sukses selalu ya kak. Resepnya sangat berguna banget nih. Apalagi di masa pandemi kayak gini. Minum Vit C itu harus sih buat jaga2 imun.

    ReplyDelete
  15. Usia itu emang ngaruh banget ya Mbak, PR ku ini soal makan sehat karena makan masih sesuka hati, tidur juga kudu cukup krn sering begadang nih, dan yang jadi PR banget itu olahraga.

    ReplyDelete
  16. Sehat selalu ya, Kak. Memang tambah usia harus semakin memperhatikan kesehatan tubuh nih. Istirahat cukup sepertinya masih jadi PR banget kalau buat aku... hahaha

    ReplyDelete
  17. Pas sekali nih, saya baru saja masuk umur 40. Udah mulai jaga tubuh biar nggak gampang sakit, tapi saya juga jadi susah tidur karena bertambahnya umur ini.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^