Thursday 2 February 2023

Resep Pokcoy Bawang Putih

Duh, sedih sekali bulan Januari lalu saya hanya berhasil menerbitkan satu artikel di blog ini saking sibuk di blog utama. Sebenarnya banyak yang ingin saya ceritakan, tapi nggak sempat-sempat. Andai ada yang bantu ngetikin ya. Resep masakan juga biasa-biasa saja sih, karena saya belum bisa masak yang susah-susah. Bumbunya juga hampir sama semua hehehe.

Pokcoy Bawang Putih

 

Seperti resep masakan yang akan saya bagikan ini. Super gampang. Kebetulan saya suka sayur Pokcoy ini ya. Tadinya saya nggak terlalu suka, karena teksturnya mirip sawi hijau. Malau dibilangnya ini memang masih keluarga sayur sawi, tapi impor. Entahlah yang benar mana. Lalu, ketika saya makan di Imperial Kitchen and Dimsum ini ada pokcoynya. Ternyata enak juga ya. 

Asal memasak pokcoynya jangan terlalu lama, supaya masih renyah saat digigit dan warna sayurannya masih hijau segar. Bahkan di masakan Cina itu hanya direndam air hangat sebentar sepertinya sih ya. Biasanya kalau mencampur pokcoy ini dengan mie instan. Anak-anak saya pun suka juga, padahal mereka itu masih tahap pilih-pilih sayuran. Akhirnya sayuran lain yang disukai anak-anak selain wortel dan bayam. 

Nah, kemudian beberapa hari lalu saya melihat ada postingan di twitter tentang Pokcoy Bawang Putih. Nggak ada resepnya sih, tapi saya sepertinya bisa membuatnya. Saya pun mencobanya dengan mengira-mengira resepnya, karena memang segampang itu. 

Resep Pokcoy Bawang Putih

Bahan: 

Sayur Pokcoy

Dua siung bawang putih

Saus tiram 

Minyak goreng 1 sendok makan 

Air satu gelas

Cara Masak: 

Pokcoy dicuci bersih, tidak perlu diiris-iris ya. Yang perlu diiris-iris adalah bawang putihnya. Bisa juga ditambahkan irisan cabai. Masukkan minyak goreng dan tumis bawang putihnya. Kemudian masukkan airnya satu gelas. Biarkan mendidih. Lalu masukkan pokcoynya dan rebus sebentar. Tambahkan saus tiram sambil diaduk rata. 

Lama memasaknya hanya kurang lebih 10 menit saja ya, supaya pokcoynya tidak terlalu layu. Saya memakai saus tiram yang sudah mengandung garam dan penyedap, jadi tidak perlu menambah garam lagi. Kalau rasanya masih kurang gurih dan asin, bisa ditambahkan garam secukupnya. 

Setelah saya cicipi, eh enak juga. Yang terpenting sih masaknya itu super gampang. Buat menu kalau sedang malas masak. Saya nggak tahu sih resep Pokcoy Bawang  Putih yang lain itu seperti apa, karena saya cukup pakai resep saya sendiri. 

Kemarin saya masak pokcoy bawang putih ini bersama menu lainnya, yaitu Ikan Gurame Bakar Kecap yang cara masaknya juga gampang banget. Alhamdulillah, masakan saya ludes semua. Makasih ya base twitter yang sudah kasih ide masakan.

1 comment:

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^