Thursday, 22 September 2022

Resep Gulai Domba Sederhana Tanpa Santan

Siapa nih yang masih punya sisa daging kurban saat Idul Adha yang lalu? Saya masih punya di kulkas, karena kemarin memang baru diambil. Saya ikut kurban di Garut dan bagian daging kurbannya disimpan oleh ibu mertua. Seperti biasa, kalau berkurban di Garut pastilah pakai domba. Makanya selain terkenal karena dodolnya, Garut juga terkenal karena dombanya. Warga di sana banyak yang beternak domba.

Kreasi Resep Tiga Sapi

 

Keluarga suami saya juga banyak yang beternak domba. Jadi kalau mau berkurban pun kami membelinya dari saudara sendiri. Apa perbedaan daging domba dan kambing? Daging domba itu tidak sebau daging kambing. Dagingnya lebih berlemak dan mudah empuk. Pengalaman saya memasak daging domba pun memang baunya tidak sekuat daging kambing.

Akhirnya stok daging domba yang terakhir ini saya masak menjadi gulai domba. Tentu saja bisa diolah jadi masakan  apa pun seperti sop, tongseng, kari, dan sate. Berhubung saya punya bumbu gulai, jadi mari kita masak gulai domba. Resep ini juga saya ikutkan dalam Kreasi Resep Tiga Sapi. Kalau kemarin masak tumisan yaitu resep tumis bunga pepaya, sekarang kita masak yang berkuah dengan kuah  yang creamy dan gurih.

Kreasi Resep Tiga Sapi: Resep Gulai Domba Sederhana Tanpa Santan 

Gulai domba yang saya masak ini tidak menggunakan santan, supaya tidak menambah kolesterol karena daging dombanya saja sudah mengandung kolesterol tinggi. Saya mengganti santannya dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang lebih sehat. Bahan-bahan lainnya juga sangat mudah didapatkan di tukang sayur. 

Bahan-bahan Gulai Domba 

Daging domba 700 gram

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

5 buah cabai merah keriting

1 ruas jahe

1 ruas lengkuas

5 lembar daun salam

1 batang serai 

150 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi 

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir 

1 sendok teh penyedap rasa daging sapi 

1 sachet bumbu gulai instan 

Air secukupnya 

Tiga Sapi Susu Evaporasi

 

Cara Memasak Gulai Domba

  1. Presto daging domba selama 30 menit supaya empuk, lalu potong-potong kotak. 
  2. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan jahe dengan blender. 
  3. Tumis bumbu halus bersama bumbu gulai instan, lengkuas, serai, dan daun salam. 
  4. Masukkan daging domba ke dalam tumisan, tambahkan air dan rebus sampai airnya mendidih. 
  5. Tambahkan garam, gula, dan penyedap. Aduk rata. 
  6. Masukkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, masak hingga bumbunya meresap.
  7. Angkat dan hidangkan. 

Challenge Cerita Tiga Sapi

 

Untuk garnishnya, bisa ditambahkan taburan bawang goreng dan cabai rawit setan. Mudah banget kan cara memasaknya? Resep gulai domba sederhana ini juga bisa dimasak sejak malam hari, yaitu dipresto dulu dagingnya dan siapkan bumbu-bumbunya. Esok paginya tinggal dimasak selama 30 menit. Bisa dibawa untuk bekal ke sekolah dan kantor. 

Rasanya enak banget, lebih gurih dan creamy karena menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang menjadi pengganti santan. Bahkan saya ketagihan meminum kuahnya, meskipun daging dombanya sudah habis.  Itu dia Kreasi Resep Tiga Sapi ala saya yang mudah, hemat, dan sehat. Semudah memasak resep tumis kangkung favorit keluarga. Nggak percaya? Cobain deh resepnya! Sekalian ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi.

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Cerita Tiga Sapi 

Nah, sekarang saya mau cerita tentang Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis yang menjadi teman masak Kreasi Resep Tiga Sapi. Tiga Sapi praktis dan ekonomis digunakan untuk bahan masakan dan minuman. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah susu evaporasi pertama di Indonesia yang dikemas dalam kemasan kotak sehingga mudah banget dikeluarkan dan disimpan kembali di dalam kulkas kalau masih  bersisa. 

Kenapa saya bilang Tiga Sapi Susu Evaporasi ini lebih sehat daripada santan? Itu karena Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air sampai kepekatan tertentu. Diprosesnya juga higienis dan bisa ditutup lagi setelah digunakan sehingga dapat terjaga kebersihan dan kualitasnya. Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki rasa yang creamy, pasti gurih lezat, dan lebih sehat. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa menjadi pelengkap masakan dan minuman, seperti gulai, tongseng, kari, bubur kacang hijau, kolak, puding, kue bolu, kue basah, nasi uduk, nasi kuning, milkshake, smoothies, dan lain-lain. Tiga Sapi Susu Evaporasi dapat menjadi pengganti santan, sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam makanan. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Isinya 500g dengan harga Rp 15.000 dan bisa dibeli di marketplace, supermarket, maupun toko-toko kue dan bahan makanan. Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis ini membuat Kreasi Resep Tiga Sapi jadi  lebih istimewa.

Tiga Sapi Kental Manis juga bisa ditambahkan ke dalam makanan dan menjadi sumber kalsium, vitamin D2, vitamin A dan B1, yang bermanfaat untuk mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Bisa ditambahkan ke dalam makanan seperti martabak, roti, puding, minuman dingin, dan lain-lain untuk menambah kelezatannya. 

Tiga Sapi Kental Manis

 

Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis karena beratnya 490g dengan harga Rp 12.000 dan mudah ditemukan di minimarket terdekat atau beli online di marketplace.

Ada kabar gembira nih buat kita yang mau mendapatkan hadiah saldo OVO atau GoPay dengan total Rp 5 juta untuk 5 pemenang dan paket spesial dari Tiga Sapi. Yuk, ikutan kompetisi foto Cerita Tiga Sapi di Instagram Tiga Sapi dengan mengunggah fotomu beserta daganganmu yang menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis. Berikan hastag #ceritatigasapi. Challenge Cerita Tiga Sapi berlangsung dari tanggal 9-30 September 2022.

Tiga Sapi praktis dan ekonomis untuk ditambahkan ke dalam makanan dan minuman agar lebih lezat, nikmat, dan sehat dengan kandungan nutrisi yaitu kalsium dan vitamin yang tinggi di dalamnya. 

 

20 comments:

  1. wow itu gulainya bikin laper. Soto betawi juga ada ya, yg gak pake santen, tapi pake susu bikinnya. Aku belum coba deh, pengen kapan2 pake susu bikinnya, soalnya selama ini taunya pake santen doang.

    ReplyDelete
  2. 2022.

    Dengan produk Tiga Sapi yang praktis dan ekonomis untuk ditambahkan ke dalam makanan dan minuman, membantu banget bagi yang berkutat dgn urusan dapur ya. Makanan tdj hanya jd lbh lezat tp jg sehat krn ada kandungan nutrisi berupa kalsium dan vitamin

    ReplyDelete
  3. Jadi pingin ikutan challenge nyaaaa

    Aku sering nemu produk ini d minimarkettt

    Pastinya membantu Bunda² bgt yaaaa

    ReplyDelete
  4. Sebetulnya aku baru tahu bahwa ada susu yang tanpa lemak...

    ReplyDelete
  5. Wah, menarik banget ini... Gulai domba. Tekstur atau aroma dagingnya apakah ada beda dengan kambing mba?

    ReplyDelete
  6. Masya Allah cantiknya yg masak 😍
    Enak ini sedap pakai rawit yaa. Lengkap bisa buat makanan dan minuman ini ya mba. Aku udah mau coba penasaran rasanyaaa

    ReplyDelete
  7. Dulu banget pernah coba masak gulai domba, tapi hasilnya kurang memuaskan. Dagingnya alot kata orang rumah. Ada yang kurang ya di resepnya tidak pakai tiga sapi susu

    ReplyDelete
  8. alternatif buat yang mau menghindari santan tapi tetep pingin makan gulai atau soto nih ya, bisa pakai susu evaporasi kayak gini. bahkan lebih gurih katanya

    ReplyDelete
  9. Oooh..jadi susu evaporasi ini susu skim-kah? Kalau kental manis Tiga Sapi, saya sudah sering lihat di toko. Tapi, saya belum pernah lihat yang susu evaporasi. Coba deh ntar kalau ke swalayan cek deratan susu, mungkin selama ini saya aja yang nggak pernah mencermati. Dagingnya awet yo mbak....dari Idul Adha sampai sekarang. Terberkatilah penemu dan pengembang teknologi pendingin :D

    ReplyDelete
  10. Dengan adanya Tiga Sapi Susu Evaporasi maupun Susu Kental Manis, kita di rumah bisa bebas berkreasi makanan. Entah itu main menu atau pun camilan.

    Harganya juga terjangkau banget nih.

    ReplyDelete
  11. aku sering dengar kalau buat gulai atau kuah bersantan yang dimasak dengan susu biar lebih gurih... sepertinya memang eank dan bisa dicoba yaa mba

    ReplyDelete
  12. Selama ini ibu saya menghindari gulai domba karena selain kadar kolestrol juga menghindari olahan santan. Sekarang kalau bisa buat gulai tanpa santan, wah super sekali. Ibu saya bisa mencicipi nih nanti

    ReplyDelete
  13. Aku kayanya belum pernah makan daging domba. Di sini adanya kambing sih. Kalau masak daging kaya gini, pakai susu evaporasi jadi lebih enak ya karena gantiin santan

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen makan daging domba nih, Tiga Sapi Susu Evaporasi pengganti santan bisa banget nih untuk stok di rumah apalagi kalau dingin dingin cocok banget nih masakan yang berkuah kayak gini

    ReplyDelete
  15. Susu avaporasi cap tiga sapi memang praktis tinggal cemplung2 bahannya dan tuang susun

    ReplyDelete
  16. Ini Lebih praktis jadi gàk perlu pakai Santan ya... Pakai Sapi Susu Evaporasi, masak hingga bumbunya meresap udah diangkat..

    Mudah lagi didapatkan siap nih mau coba resepnya

    ReplyDelete
  17. Gulai domba ini emang enak
    Apalagi kalau dimasak pakai susu cap tiga sapi, pasti lebih gurih

    ReplyDelete
  18. Wah baru tahu nih kalau di Garut org2 kurbannya kebanyakan dengan domba, jd penasaran nih sama rasa gulainya yang pakai bahan susu ini.
    Aku terus terang belum menemukan susu ini di minimarket dekat rumah tapi kapa hari liat di toko kue gitu. Kapan2 mau ah nyoba beli buah masak makanan2 gtu :D

    ReplyDelete
  19. Wah aku belum pernah makan daging domba. Kayaknya belum pernah ketemu di sini masakan dengan daging domba. Jadi penasaran nih sama rasanya apalagi dibikin gulai dombanya

    ReplyDelete
  20. Enak banget pasti ya kalau makan gulai daging domba dengan Susu Evaporasi Tiga Sapi. Lebih gurih dan aman dong pastinya karena rendah lemak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^