Wednesday 29 December 2021

Tips Berkendara Aman saat Liburan Akhir Tahun

Tak terasa kita sudah di penghujung tahun. Sebentar lagi liburan akhir tahun. Meskipun sedang pandemi, sebagian dari kita tetap merencanakan perjalanan liburan. Tak masalah, asal memperhatikan panduan PPKM Level 3 yang akan diterapkan di seluruh Indonesia mulai tanggal 24 Desember  2021 – 2 Januari 2022. Tips yang  ada di dalam artikel ini juga tetap akan bermanfaat untuk liburan tahun depan atau tahun-tahun berikutnya lagi di saat kita sudah bebas liburan ke mana saja. 

Dealer Toyota

 

Perjalanan liburan akhir tahun adalah perjalanan yang menyenangkan, karena menjadi sarana penyegaran setelah setahun berkutat dengan rutinitas. Mengapa liburan akhir tahun? Sebab, waktunya pas sekali dengan liburan Natal dan Tahun Baru, liburan semesteran anak-anak sekolah, dan liburan cuti akhir tahun. Biasanya, karyawan mendapatkan jatah cuti tahunan yang baru bisa digunakan di akhir tahun. Tidak heran kalau banyak orang memanfaatkan liburan akhir tahun ini untuk menikmati perjalanan keluar kota bersama keluarga.

Agar liburan tetap aman, nyaman, dan menyenangkan, maka kita harus melakukan persiapan. Termasuk memperhatikan tips berkendara aman saat liburan akhir tahun, karena lalu lintas akan menjadi lebih padat daripada biasanya. Terutama lalu lintas di tempat-tempat wisata. Ditambah lagi saat ini sedang musim hujan, sehingga jalanan yang basah dan licin mengharuskan kita untuk berhati-hati saat berkendara. Ada pilihan transportasi untuk bepergian, tips berikut ini adalah untuk pengguna kendaraan pribadi seperti saya.

Menentukan Rute yang akan Dilalui 

Pertama kali adalah menentukan tempat liburan yang akan dituju, lalu rute yang akan dilalui. Cari tahu apakah rute tersebut aman untuk dilewati, jalannya bagus, dan terhindar dari kemacetan. Kita bisa bertanya kepada orang yang sudah pernah berlibur ke tempat itu dan memanfaatkan Google Maps. Hati-hati jika bepergian jauh dan melewati jalan yang sepi dan tidak mulus. Sebaiknya berkendara saat siang hari saja agar lebih aman.

Mematuhi Keamanan Berkendara  

Banyak peraturan berkendara yang harus dipatuhi, seperti mengenakan sabuk pengaman,membawa SIM dan STNK, dan mematuhi rambu lalu lintas. Sabuk pengaman harus digunakan oleh supir dan semua penumpang. Berkaca dari kejadian kecelakaan lalu lintas yang menewaskan seorang artis di mana korban terlempar keluar mobil karena tidak mengenakan sabuk pengaman. Maka semua penumpang juga harus mengenakan sabuk pengaman. Pastikan kendaraan kita dilengkapi sabuk pengaman untuk semua penumpang. Untuk bayi pun, dudukkan di Car Seat dan kenakan sabuk pengamannya.

Memastikan Kesehatan Pengemudi

Untuk perjalanan jauh, supir atau pengemudi harus dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk. Jika supir hanya satu, berikan kesempatan beristirahat beberapa kali selama di perjalanan. Misalnya dengan menepi di pinggir jalan tol, lalu biarkan supir tidur sejenak. Bisa juga beristirahat di Rest Area. Jangan biarkan supir mengemudi dalam keadaan mengantuk, karena sangat berbahaya. Patuhi juga batas kecepatan berkendara, jangan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.


Membawa Perlengkapan Darurat

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan darurat seperti P3K yang berisi obat-obatan, ban serep, lampu cadangan, dongkrak, dan lain-lain karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di perjalanan. Bisa saja bannya bocor atau ada yang sakit di tengah jalan.


Memastikan Kendaraan Layak Jalan

Tidak kalah penting adalah kendaraan yang digunakan itu layak jalan. Banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena kendaraan tidak layak jalan seperti rem blong, lampu mati, dan ban kempes. Untuk itu, sangat penting membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk dilakukan perawatan dan pengecekan sebelum dibawa bepergian jauh.

Kendaraan yang saya gunakan adalah Toyota Rush, sehingga saya membawanya ke Dealer Toyota.  Melalui website Auto2000 kita bisa melakukan booking service dengan lebih mudah. Kita tinggal mengisi data pelanggan dan memilih jadwal serta cabang Auto2000 untuk melakukan perawatan kendaraan. Bahkan ada layanan Auto2000 Home Service di mana kita bisa melakukan perawatan kendaraan di rumah. Jadi, tim Auto2000 yang akan datang ke rumah kita kalau kita sibuk dan tidak sempat ke bengkel. Mendapatkan garansi pengerjaan dua minggu dan 1000 km. 

Dealer Toyota Auto2000


Website Auto2000 adalah website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris yang resmi dari Toyota. Menggunakan konsep seamless-end-to-end-customer experience, website Auto2000 memberikan pengalaman pelayanan melalui platform digital yang juga memuaskan sebagaimana bila kita datang langsung ke cabangnya. Untuk urusan perawatan kendaraan juga jadi lebih mudah. Tidak perlu mengalami antrian panjang saat di bengkel, karena sudah kedatangan sudah terjadwal. Kita jadi lebih mudah membeli mobil maupun melakukan perawatan kendaraan sebelum perjalanan liburan.

Semoga liburan akhir tahunnya menyenangkan, ya!



 

9 comments:

  1. wah kalo aman dan nyaman gini perjalanan jadi menyenangkan ya mbak gak worry lagi

    ReplyDelete
  2. Bener nih, kalo perjalanan keluar kota wajib banget cek n ricek kondisi mobil dulu deh sebelum akhirnya berangkat.

    ReplyDelete
  3. Setuju banget sama tips-tipsnyaaa mba, btw aku juga sering lihat2 websitenya Auto2000 buat lihat2 harga mobil dan promo hehehe sambil berdoa semoga cepet kebeli :D

    ReplyDelete
  4. Kalau liburan pakai kendaraan pribadi itu memang persiapannya harus bener-bener ekstra ya mbak. Perlu banget dicek dulu ke dealer sebelum berangkat. Biar aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

    ReplyDelete
  5. betul mba, memastikan kendaraan layak untuk perjalanan itu penting banget kita lakukan sebelum bepergian. lebih baik semuanya siap terlebih dahulu, biar kita juga merasa aman dan tenang

    ReplyDelete
  6. penting banget niy Bun, soal berkendara ini biar selalu aman dan nyaman, apalagi di masa pandemi seperti ini ya. Terus akhir tahun pula yang notabenenya banyak macet-macet kalau mau kemana-mana itu, jadi tips di atas bakal bermanfaat banget

    ReplyDelete
  7. Tiap kali road trip, suamiku juga selaku memastikan mobilnya ga bermasalah mba. Walopun sebenernya dia memang rutin servis mobil, tapi sebelum berangkat dipastikan lagi. Namanya aja perjalanan jauh kan Yaa, mobil wajib dlm kondisi prima. Kalo ga, mending sewa kendaraan lain atau naik moda transportasi lain :)

    ReplyDelete
  8. Tipsnya membantu banget sih supaya lebih aman pas berkendara pas mau bepergian. Thank you for sharing

    ReplyDelete
  9. kejadian suami mengantuk di perjalanan dan nyaris nabrak benar2 perjalanan berharga.
    sekarang klu mau jalan suami harus tidur siang dulu dan saya jg siaga memperhatikan jalan
    kesehatan mobil jg dijaga karena itu paling penting

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^