Tuesday 27 July 2021

Resep Daging Sapi Teriyaki

Assalamualaikum. Hai, Mom, mau masak apa hari ini? Alhamdulillah stok daging kurban masih ada. Kemarin saya masak jadi daging sapi teriyaki ala Hokben. Anak saya suka banget tuh. Seminggu sekali pesan Hokben demi makan daging sapi teriyakinya. Saya coba masak sendiri di rumah, yah meskipun nggak mirip-mirip sekali. Yang penting udah coba masak hehe.... 

Daging Sapi Teriyaki

 

 

Banyak cara memasak daging sapi, bukan hanya direndang dan digulai. Ada yang lebih gampang lagi dan nggak perlu banyak bumbu, yaitu daging sapi teriyaki. Memasaknya juga nggak perlu direbus lama sampai menghabiskan gas. 

Kalau mau ikut cobain masaknya, gampang kok. Siapkan saja bahan-bahannya sebagai berikut: 

Daging sapi setengah beku 1/4 kg 

Bawang putih 8 siung

Jahe 1 ruas

Lada dan garam secukupnya, kurang lebih 1/2 sendok makan

Kecap manis secukupnya

Saus Teriyaki secukupnya

Bawang bombay 1 siung 

Margarin 2 sendok makan

Kenapa takarannya "secukupnya"? Ya, karena terserah Mama mau segurih apa. Untuk pemakaian kecap, saya usahakan warnanya mirip dengan daging sapi teriyaki hokben yang kehitaman. Kalau hanya pakai saus teriyaki, warnanya nggak terlalu hitam. 

Cara memasaknya: 

Potong daging sapi setengah beku secara memanjang dan tipis-tipis. Mengapa harus setengah beku? Agar lebih mudah memotongnya. 

Haluskan jahe dan bawang putih. 

Masukkan jahe dan bawang putih halus, lada, dan garam ke daging sapi yang sudah diiris-iris itu. Tambahkan kecap manis dan saus teriyaki. Aduk-aduk sampai rata (marinasi). Simpan di dalam kulkas agar bumbunya menyerap. Minimal durasi penyimpanan satu jam. Lebih enak lagi kalau semalaman. 

Setelah siap dimasak, tumis margarin di atas wajan anti lengket. Masukkan daging sapi yang sudah dimarinasi. Aduk-aduk sampai berubah warna. Kemudian, iris bawang bombay dan masukkan lagi ke dalam daging sapi. Aduk-aduk sampai daun bombaynya layu. Jika warna daging sapinya masih kurang hitam, bisa tambahkan kecap manis dan saus teriyakinya.

Angkat, lalu sajikan. Nggak perlu dicicipi lagi, insya Allah rasanya sudah pas deh. Boleh dicoba dulu untuk tahu apakah daging sapinya sudah empuk. Kalau belum, boleh tambah air sedikit dan tumis lagi sampai airnya meresap. Biar lebih mirip dengan menu Hokben, bisa tambahkan dengan gorengan nugget. 

Hasilnya memang belum sesempurna Hokben, karena saya nggak tahu resepnya. Yang penting sudah mencoba memasaknya. Resep ini saya simpan di sini dan youtube saya, biar sewaktu-waktu saya bisa intip lagi cara memasaknya. Kadang-kadang saya lupa lagi cara memasaknya kalau lama nggak dipraktekkan hehehe.... Tonton juga di youtube biar lebih jelas lagi cara memasaknya ya. 



Coba juga resep saya yang lain ya, Ma. Jangan kapok kalau rasanya nggak enak. 

Resep lainnya: Resep Chicken Teriyaki 

 

 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^