Saturday 24 July 2021

Happy Parenting di Masa Pandemi, Bagaimana Caranya?

Halo, Mom, gimana kabarnya di masa gelombang dua covid-19 ini? Banyak kabar duka berdatangan. Semoga keluarga kita masih diberikan kesehatan dan keselamatan ya. Nggak apa-apa deh di tahun ajaran baru ini, kita kembali menjadi guru di rumah karena sekolah tatap muka harus ditunda akibat virus covid-19 yang makin mengganas. Hayo, siapa nih yang bingung gimana caranya berkegiatan bersama anak-anak di rumah setiap hari sepanjang waktu? 

hometown

 

Nah, untuk membantu Mama mewujudkan happy parenting di masa pandemi ini, Hometown Diary kembali mengadakan IG Live pada hari Sabtu, 24 Juli 2021, jam 11-12 siang.  Kali ini bersama dengan Jean Girsang (host) dan Saskhya Aulia P (Co-founder of @tigagenerasi & Child-Family Psychologist).

Kesehatan mental anak selama pandemi ini sangat penting, karena mereka harus di rumah terus. Anak-anak juga bisa bosan. Jadi orangtua harus menciptakan kegiatan yang menyenangkan selama di rumah.

Nutrisi yang baik juga menentukan kesehatan keluarga dan kecerdasan anak, supaya bisa membangkitkan semangat dan perasaan senang. Penting sekali menjaga kesehatan pencernaan. Sebisa mungkin pilihlah makanan yang alami dan tidak banyak melalui proses pengolahan. Salah satunya dalam hal memilih susu. 

Susu Hometown Diary bisa menjadi pilihan nutrisi untuk keluarga nih, Mom, karena terbuat dari susu segar alami tanpa penambahan gula dan pengawet. Bisa diminum langsung maupun ditambahkan ke bahan masakan.

Gimana sih caranya supaya banyak gerak meskipun ada di rumah? Untuk anak-anak, bisa difasilitasi dengan permainan yang membutuhkan banyak gerak, contohnya permainan Treasure Hunt, Trampolin, dll. Sedangkan untuk orangtuanya sih bisa dengan naik turun tangga dan rajin membersihkan rumah. 

Orangtua harus punya waktu yang rutin bertemu dengan anak setiap harinya dan fokus. Jadi benar-benar berinteraksi dengan anak. Minimal 20-40 menit sehari, agar anak-anak merasa orangtuanya telah memperlakukannya secara spesial. Kalau sedang berinteraksi dengan anak, jauhkan ponsel kita. Jangan melihat ke ponsel dulu, supaya anak benar-benar merasa diperhatikan. Tetap jangan melupakan koneksi antar manusia, termasuk orangtua dan anaknya agar bisa jadi lebih sehat mental dan fisik. 

tips parenting

Jangan melupakan orang-orang di sekitar kita, yaitu anak-anak dan suami. Masa pandemi ini sebenarnya menjadi kesempatan kita untuk memperbaiki hubungan dengan anak-anak dan suami, karena banyak kesempatan di rumah. Apalagi yang bekerja dari rumah, karena ada PPKM. 

Pilar kesehatan mental tak bisa dipisahkan dari kesehatan pencernaan, karena di pencernaan ada bakteri-bakteri baik. Contohnya, kalau salah makan, anak malah jadi ngantuk dan tak termotivasi untuk belajar. Kesehatan mental, fisik, dan otak berpengaruh pada kualitas makanan. 

Tips untuk di rumah saja agar bisa menjadi happy parent dan sehat secara fisik dan mental: 

Social Connection: berhubungan baik dengan anak dan pasangan. Apalagi kalau seharian di rumah terus karena WFH, terbuka kesempatan deh untuk banyak berinteraksi dengan anggota keluarga.

Olahraga: rutin berolahraga dan banyak bergerak. Berolahraga bersama anak-anak juga menyenangkan lho, Mom. Lakukan olahraga ringan yang bisa dikerjakan di rumah seperti senam.

Tidur Cukup: jangan banyak begadang, tidur harus cukup. Nggak hanya anaknya yang tidur cukup, orangtuanya juga. Kebiasaan tidur anak itu bergantung pada orangtuanya. Jadi kalau anaknya susah diajak tidur, maka orangtua harus ikut tidur dulu bersama anak.

Mencoba Hal yang Menyenangkan: cari kegiatan atau hobi lain yang menyenangkan yang bisa dikerjakan di rumah. Misalnya, memasak makanan yang unik, berkebun, membuat kerajinan tangan, dll.

Filter Social Media: jangan sering-sering membaca berita yang meningkatkan kecemasan. Termasuk berita covid. Baca secukupnya saja, selang-seling dengan berita gembira atau melihat tayangan humor.  

Kelola Stres: tetap harus mengelola stres agar tidak mempengaruhi imunitas tubuh. Bisa dengan apa saja, seperti menonton drama korea, membaca novel, makan makanan enak (tapi jangan berlebihan ya), dan lain-lain. Wah, itu sih kesukaan saya semua deh.

Kalau masih ingin mendapatkan diskusi-diskusi menarik mengenai tips parenting, ikuti instagram Hometown Diary. Acaranya diadakan setiap hari Sabtu jam 11-12 WIB.  Ada banyak hadiah menarik buat penonton yang melemparkan pertanyaan menarik. Nggak rugi deh ikutan IG Live ini, karena banyak ilmu yang dibagikan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^