Thursday, 27 August 2020

5 Fakta dan Merek Menstrual Cup yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika menstruasi tiba biasanya wanita akan menggunakan pembalut (pads) atau tampon Namun, saat ini ada produk lainnya yang bisa digunakan. Produk tersebut dikenal dengan nama menstrual cup yang berfungsi untuk menampung darah menstruasi saja, bukan untuk menyerapnya.

 


 

Sebelum kamu mencoba mencari tahu dimana yang jual menstrual cup tersebut, kamu harus tahu terlebih dahulu nih berbagai fakta menstrual cup. Karena memang produk ini belum terlalu familiar di masyarakat Indonesia, bahkan mungkin kita saja yang membaca artikel ini baru tahu bahwa ada menstrual cup, bukan hanya pembalut yang digunakan ketika menstruasi. 

Lantas, apa saja sebenarnya fakta menstrual cup yang harus diketahui oleh wanita di Indonesia? Yuk simak pembahasannya di bawah ini. Fakta-Fakta Menstrual Cup:

1. Terbuat dari Bahan yang Aman 

Fakta yang pertama yaitu produk ini terbuat dari bahan yang sangat aman. Bahan yang digunakan berupa silikon karet atau lateks. Dimana bahan tersebut sudah memenuhi kualifikasi secara medis. Jadi, kamu tidak perlu takut ya akan lecet atau apapun itu jika memakai menstrual cup ini saat sedang menstruasi.

2. Kapasitas dan Lama Penggunaan 

Pengganti pembalut saat menstruasi  ini bisa menampung darah menstruasi hingga 30 ml. Rata-rata aliran menstruasi perempuan yaitu 30-40 ml setiap harinya. Produk ini bisa menampung darah menstruasi selama 12 jam tanpa ada kebocoran.

3. Tersedia dalam Beberapa Ukuran 

Produk ini tidak hanya tersedia dalam satu ukuran saja. Terlebih wanita memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pada usia dan sudah memiliki bayi atau belum. Ukuran yang tersedia ada dua yaitu ukuran untuk usia dibawah 30 tahun dan belum pernah hamil. Ada juga ukuran lebih besar di atas 30 tahun.

4. Ramah Lingkungan 

Produk menstruasi ini sangat ramah lingkungan sedangkan pembalut menghasilkan berton-ton sampah. Sedangkan produk untuk menstruasi dalam bentuk cup ini bisa bertahan tiga hingga empat tahun. 

5. Hemat 

Menggunakan produk menstruasi dalam bentuk cup ini bisa lebih hemat. Jika menggunakan pembalut atau tampon banyak uang yang dikeluarkan sangat besar. Sedangkan untuk membeli produk tersebut seharga Rp 300.000 – Rp 500.000 dan bisa digunakan selama tiga tahun.

Meskipun tidak sepopuler pembalut yang memang digunakan oleh hampir seluruh wanita di dunia, namun merek dari produk menstrual cup ini sudah banyak dan beragam. Nih ada berbagai macam merek menstrual cup yang direkomendasikan untukmu.

Rekomendasi Merek Menstrual Cup

Sebelum Kamu memutuskan untuk mengganti penggunaan pembalut ke produk tersebut sebaiknya lebih dulu mengetahui 5 merek menstrual cup terbaik. Apa saja itu?

1. Lena

Bagi pemula direkomendasikan untuk menggunakan merek ini. Hal ini dikarenakan Lena didesain supaya penggunanya bisa merasa nyaman seolah-olah tidak sedang menggunakannya. Produk ini juga mencegah risiko kebocoran dan bau serta aman digunakan jika memiliki kandung kemih yang sensitif.

2. Intimina atau Lily Cup Compact

Bagi Kamu yang suka berolahraga, traveling, dan aktivitas yang padat disarankan untuk menggunakan merek Intimina. Lily cup ini bisa melindungi Kamu dari kebocoran hingga 12 jam. Meski sedang menstruasi Kamu masih tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

3. Rhea

Rhea merupakan merek lokal yang sudah sesuai dengan standar FDA. Produk ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan bisa digunakan hingga 10 tahun. Selain itu, produk ini didesain khusus untuk meminimalisir limbah penyebab pencemaran lingkungan.

4. LunaCup

Jika Kamu sering merasakan kram perut saat datang bulan tiba disarankan untuk menggunakan menstrual cup yang terbuat dari bahan lembut. Produk dari Korea ini didesain lembut, lentur dan juga tipis sehingga nyaman saat digunakan. Merek ini mengklaim bisa menampung darah menstruasi selama 4 hingga 8 jam.

5. DivaCup

DivaCup merupakan produk dari Kanada yang terbuat dari silikon sehingga terasa lentur dan nyaman. Untuk model 0 direkomendasikan untuk wanita berusia dibawah 18 tahun. Sedangkan model 1 untuk wanita usia 19 sampai 34 tahun. Model 2 untuk wanita berusia di atas 35 tahun. 

Itulah berbagai fakta dan merek menstrual cup yang bisa disajikan untukmu. Produk ini sudah bisa kamu temukan dengan mudah di manapun, termasuk juga di online shop. Kamu bisa cari di Bukalapak dan akan menemukan berbagai produk menstrual cup dengan pilihan yang beragam.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^