Friday, 24 July 2020

Sedekah Daging bersama Dompet Dhuafa

Assalamualaikum. Hai, Mom, alhamdulillah di tengah pandemi corona ini kita masih diberikan kesehatan dan insya allah akan merayakan Idul Adha. Apa yang pertama terbayang menjelang Idul Adha? Mama-mama pasti memikirkan mau masak daging sapi atau kambing seperti apa? Apakah gulai, rendang, sate, atau semur? Hidangan Idul Adha itu salah satu hal membahagiakan kita, kan?




Kalau kita saja yang berkecukupan ini merasa bahagia menyambut Idul Adha, sudah tentu orang-orang yang tidak mampu pun lebih bahagia. Di hari biasa, mereka sangat jarang atau bahkan tidak bisa memakan daging sapi dan kambing karena harganya mahal. Di hari raya Idul Adha, mereka mendapatkan daging-daging itu secara gratis dari umat Islam yang berkurban. 

Bagi muslim yang mampu berkurban, sangat dianjurkan untuk berkurban setiap tahunnya meskipun hukum berkurban itu sunah. Biaya untuk berkurban jika disesuaikan dengan harga kambing dan sapi, kurang lebih antara 2-30 juta tergantung berat hewannya. Untuk satu sapi, bisa dibiayai oleh 7  orang, jadi kalau harganya 15 juta, per orang menanggung Rp 2 jutaan. 
Bagaimana jika kita belum mampu mengeluarkan uang 2 juta rupiah? Sebenarnya, berkurban bisa diusahakan, misalnya dengan menabung setiap bulan. Kalau benar-benar tidak mampu, kita bisa belajar berkurban melalui sedekah daging. Niat dan akadnya adalah sedekah untuk donasi, tetapi nanti uangnya dibelanjakan daging kurban.

Sebab, di masa pandemi ini, banyak  orang kesulitan ekonomi. Barangkali juga kesulitan mengeluarkan uang jutaan untuk berkurban satu hewan. Jangan sampai mengurangi semangat berkurban. Kita bisa mengikuti program sedekah daging dari Dompet Dhuafa agar hari raya Idul Adha ini tetap terasa semangat berkurbannya. Biaya untuk sedekah daging ini mulai dari Rp 100.000.  Dalilnya:

"Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikana Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan." (QS: Ath Thalaq: 7).

Jadi, bila kita saat ini kesulitan ekonomi, cobalah bersedekah karena Allah sudah menjanjikan kelapangan dari kesempitan bila kita memberikan sebagian nafkah kepada orang yang membutuhkan. Mau ikut sedekah daging? Langsung klik saja linknya di sini ya:

Sedekah Daging Dompet Dhuafa

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^