Saturday 28 February 2015

Kue Boti (Bola-bola Roti)

Minggu lalu, belanja kebutuhan rumah tangga di Carrefour. Saat melewati tempat penjualan kue-kue, Ismail langsung mengambil satu toples kue putri salju. Ahaaaay... harganya lumayan juga. Berhubung saya bisa membuatnya (cieeeh....), jadi saya minta Ismail bersabar karena nanti Mama akan bikin sendiri di rumah. Kalau bikin sendiri kan modalnya irit. Sampai di rumah, saya langsung penuhi janji membuat kue putri salju ala kadarnya itu. Sebenarnya tidak ada sisa adonan, tapi saya ambil sedikit adonan untuk membuat BOTI, alias Bola-Bola dari Tepung Roti.


Adonan putri salju ala saya dan Boti ini sama, cuma yang satu dicetak bentuk bintang, satu lagi dibulet-buletin. Waktu panggangnya pun lebih lama, karena Boti lebih tebal. Cara membuatnya:

  • Kocok satu kuning telur, 250 gram mentega, dan 150 gram gula sampai merata. 
  • Ayak 350 gram tepung terigu, campur dengan adonan sebelumnya. Aduk-aduk sampai merata. 
  • Tambahkan 1/2 sendok teh garam.
  • Aduk-aduk semua pakai tangan sehingga tercampur dan bisa dibentuk bola-bola. 
  • Bentuk bola-bola kecil, celupkan ke dalam putih telur (sisa telur yang diambil kuningnya tadi), masukkan ke dalam tepung roti. 
  • Panggang selama 30 menit, sampai kering dan garing tapi jangan gosong. 
Kalau mau ditambahi parutan keju dan roombutter juga boleh banget biar tambah enak dan gurih. Alhamdulillah, semua kue langsung tandas saat itu juga :D

1 comment:

  1. baru denger,boti...enak nih..makasih resepnya mbak^^

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^