Tuesday 28 January 2014

Bantuan Sekolah yang Tidak Bebas dari "Potongan"

Jadi ceritanya kemarin itu si bibi udah dua kali gak masuk kerja karena mau ambil bantuan sekolah untuk anaknya. Besarnya sekitar Rp 475.000. Untuk si bibi, jumlah segitu tentu saja besar. Makanya dia bela-belain deh ke Bank (gak tau Bank apa) yang menjadi tempat pengambilan bantuan. Dulu-dulu sih, ngambil bantuannya lewat kepala sekolah masing-masing. Tapi setelah ada aduan bahwa sekolah suka mengkorupsi uang bantuan, maka sekarang harus diambil lewat Bank. 


Ternyata ribet banget ambil bantuan lewat Bank. Semua orang tua murid yang dapat bantuan dari seluruh Bogor, harus mengambil di Bank itu. Gila, gak? Bank-nya cuman satu, yang ngambil ribuan. Hari pertama, si bibi berangkat jam 3 pagi (3 pagi, sodara-sodara!) untuk ambil nomor antrian. Itu baru nomor antrian. Eh, dia udah gak kebagian tuh karena jatahnya per hari hanya 200 nomor. Itu hari pertama si bibi bolos. Udah tentu saya kelimpungan dong sebagai majikan. Itupun belom berhasil ngambil bantuan, padahal udah nunggu sampe jam 5 sore. Ada yang pingsan juga lho. 

Seminggu kemudian, si bibi minta izin lagi gak masuk. Saya udah ngingetin supaya ngambilnya entar aja kalo antriannya udah sedikit. Berhubung dia bersikeras, ya udah deh terpaksa, hiks.... Syukurlah, alhamdulillah dia udah berhasil ngambil meskipun antri dari jam 3 pagi sampai jam 2 sore. Ya Allah, segitu beratnya ya perjuangan orang miskin buat ngambil bantuan. Belom ngambil nomornya, belom antrinya. Malah ada yang gagal ngambil karena surat-suratnya belom lengkap. 

Setelah ngobrol-ngobrol sama suami, dia bilang, "kenapa gak dibikinin tabungan aja masing-masing, jadi kan ga perlu antri begitu. Bisa kapan aja ngambilnya?" Nah, itu dia. Entah birokrasinya yang ribet, aparatur negaranya yang lemah otak (minjem istilah si Kobo) sampe gak kepikiran begitu, atau emang mau nyusahin rakyat miskin? 

Memang sih terobosannya udah bagus, gak lewat kepala sekolah lagi yang rentan dikorupsi. Tapi juga ya gak gitu juga dong susahnyaaaa.... Semoga aja suara hati si bibi ini ada yang baca ya. Walaupun saya gak ikut ngantri, kebayang juga susahnya sekadar ambil bantuan beberapa ratus ribu. Oya, itu masih dipotong juga lho sama kepala sekolah. Potongan "seikhlasnya" untuk Kepsek. Kalau satu orang dipotong Rp 10 ribu aja, Kepsek udah dapat Rp 200.000, karena yang dapat bantuan di sekolah anak si bibi itu 20 orang. Ada juga yang Kepseknya udah menetapkan potongannya, Rp 100 Rb/ orang. Aje gile.. berarti dapat Rp 2 juta dong tuh Kepsek. Padahal dia gak ngapa-ngapain. Yang capek ngantri kan ortu muridnya.. Heran ya, ternyata ada juga yang tega manfaatin orang miskin. Bukannya bantuin, malah minta juga :-(




1 comment:

  1. bener itu mak, di tempat saya gitu juga ngambilnya 400rb trus minta sumbangan seikhlasnya untuk uang lelah, yg ortu siswa ngantri sampe panas2. beneran tempatku juga ada yg pingsan hadeuh knp g sekalian dibikinin tabungan yah.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^