Monday, 12 April 2021

Cerdas Memilih Produk Sehat bersama Frisian Flag

Hai, Mom, gaya hidup sehat sekarang sudah menjadi pilihan masyarakat Indonesia lho. Apalagi di masa pandemi ini, orang-orang jadi semakin termotivasi untuk hidup sehat. Untuk itulah tanggal 6 April 2021 lalu, saya mengikuti webinar bersama Mom Blogger Community bertema "Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, untuk Investasi Kesehatan di Masa Depan." 


Webinar Frisian Flag
Ikut Webinar Frisian Flag 



Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Andrew Saputro, Corporate Affair Director PT Frisian Flag Indonesia, memaparkan bahwa apa yang kita konsumsi akan berdampak pada kualitas hidup kita di masa mendatang. Maka perlu menerapkan konsumsi yang berkesadaran. Di pasaran banyak produk beragam. Bagusnya jadi banyak pilihan, tapi kita jadi harus selektif memilihnya. Pertimbangkan dengan matang sebelum membeli dan mengonsumsi produk pangan. 


Narasumber Webinar Frisian Flag


Untuk membantu masyarakat memilihnya, BPOM menghadirkan logo Pilihan Lebih Sehat untuk membantu masyarakat memilih produk lebih sehat dan aman. Frisian Flag pun menerapkan logo Pilihan Lebih Sehat pada rangkaian produk susu unggulannya dan berkomitmen menghadirkan produk dengan kemasan ramah lingkungan. 

Menyambut hari kesehatan sedunia pada tanggal 7 April 2021, Frisian Flag Indonesia berkomitmen menghadirkan produk yang sehat untuk masyarakat Indonesia. Semoga masyarakat juga lebih cermat memilih produk pangan untuk investasi kesehatan masa depan. Pilih produk dengan logo Pilihan Lebih Sehat dan perhatikan kandungan produknya pada kemasan. 


Logo Frisian Flag
Logo Pilihan Lebih Sehat pada susu Frisian Flag


Dra. Rita Endang, Apt., M. Kes Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM menyebutkan bahwa sesuai UU No 18 tahun 2012 tentang pangan, negara berkewajiban menyediakan konsumsi pangan sesuai gizi seimbang. Kebijakan untuk pola pangan sehat sangatlah penting dengan cara mengurangi gula, garam, dan lemak di dalam makanan.  

Upaya BPOM untuk mengatur pangan sehat ini dituangkan dalam berbagai peraturan yaitu Peraturan BPOM No 31 tahun 2018 an Nomor 22 tahun 2019.  Di mana disebutkan bahwa keterangan kandungan gizi wajib dicantumkan dalam kemasan. Tidak semua produk wajib dicantumkan informasi nilai gizi, misalnya kopi, teh, dan alkohol. 

Selain informasi nilai gizi, BPOM juga mengakomodir logo Pilihan Lebih Sehat berupa contreng hijau untuk memudahkan konsumen memilih pangan sehat. Dipilih berdasarkan profil gizi pangan olahan. Sudah diterapkan pada minuman siap konsumsi tanpa bahan tambahan pemanis dan pasta atau mi instant. Untuk minuman siap saji, batas maksimum gulanya adalah 6 gram per 100 ml. 


Logo Pilihan Lebih Sehat


Nantinya logo ini juga akan ditambahkan pada berbagai produk lainnya. Semoga masyarakat jadi bisa memilih pangan yang lebih sehat dan menurunkan asupan GGL (Gula, Garam, Lemak) dalam pangan olahan yang dikonsumsi. Kewajiban pencantuman informasi nilai gizi ini dimulai tahun 2018. 

Jadi, mulai sekarang pilih produk pangan yang mencantumkan informasi nilai gizi, logo Pilihan Lebih Sehat, dan CEK KLIK. Mudah-mudahan bisa membantu kita untuk hidup lebih sehat. 


Kandungan Nutrisi
Cek Kandungan Nutrisi


Seala Septiani, Nutrisionist, memaparkan soal mindful eating yaitu cara makan dengan kesadaran penuh. Sebelum makan, kita sadari dulu apakah kita memang sedang lapar atau haus, kemudian nikmati makan, kenali emosi saat makan, hindari makan sambil melakukan kegiatan lain, dan tingkatkan kesadaran. 

Ternyata mindful eating adalah bagian dari mindful consumption yang  tidak hanya berdampak pada diri sendiri tapi juga orang lain, lingkungan, dan generasi yang akan datang. Jadi kita harus memilih hal-hal yang kita konsumsi dengan penuh kesadaran. 

Kita harus mengetahui pedoman gizi seimbang, kemudian pedoman sekali makan. Jalankan dengan mindfulness, berupa batasan konsumsi terutama gula, garam, lemak. Intinya, semua boleh dimakan tapi ada batasannya. Dan selanjutnya harus cermat membaca label produk. Penting untuk tahu reputasi produknya. Utamakan produk yang selalu menyajikan makanan dan minuman sehat.

Ada hubungannya juga lho gizi dan imunitas, yang sangat dibutuhkan di masa pandemi. Masalahnya, selama pandemi dan di rumah saja malah jadi meningkatkan risiko obesitas karena di rumah saja, jarang bergerak, dan jadi lebih banyak makan. 

Susu adalah sumber tinggi protein, kalsium, dan fosfor, sehingga perlu dikonsumsi setiap hari dan menjadi salah satu produk minuman untuk menunjang kesehatan. 

Produk Frisian Flag sekarang sudah ada logo Pilihan Lebih Sehat sehingga dipilih oleh keluarga Indonesia yang mengutamakan makanan dan minuman sehat. Kandungan susunya juga rendah lemak, gula, dan garam. 


Frisian Flag
Aktif Berkegiatan bersama susu Frisian Flag 


Bahan baku untuk kemasan karton juga ramah lingkungan yang mudah didaur ulang. Begitu juga dengan sedotan kertasnya, karena Frisian Flag ikut serta menjaga kelestarian lingkungan. 

Susu Frisian Flag memiliki aneka rasa termasuk rasa Kacang Hijau, Ketan Hitam, dan Kelapa. Bisa digunakan untuk pengganti santan tapi dididihkan tidak lebih dari dua menit. 

Frisian Flag selalu menghadirkan inovasi sehingga memiliki banyak rasa. Tinggal ditunggu saja ke depannya akan ada inovasi terbaru. 

Ada kolaborasi Jaga Gizi, Jaga Bumi dengan mengumpulkan kemasan frisian Flag bekerjasama dengan farmers market di titik-titik pengumpulan. Setiap satu kemasan mendapatkan satu sticker yang bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik. Program ini berlangsung sampai Juni 2021. 

Yuk, lebih cermat memilih produk pangan yang dikonsumsi sesuai arahan BPOM. Dan utamakan produk yang menggunakan logo Pilihan Lebih Sehat. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^