Thursday, 11 June 2020

Cara Memasak Daging Sapi Lada Hitam

Assalamualaikum. Selama pandemi virus corona, saya jadi lebih sering memasak nih dan rencananya bertahap akan saya bagikan resepnya di sini. Saya nggak ahli banget sih, masih dalam tahap belajar. Nah, salah satu masakan yang berhasil saya masak adalah daging sapi lada hitam. 



Sejujurnya, memasak daging sapi ini saya cuma bisa digulai dan dibalado. Kalau menu-menu ala restoran begitu, belum bisa. Padahal, anak-anak saya suka masakan dari daging sapi tapi ibunya cuma bisa resep itu-itu saja hehehe. Ada gunanya juga selama pandemi virus corona ini saya banyak di rumah, jadi sempat memasak beberapa menu masakan supaya tidak sering ke luar rumah. 
Kemarin saya belajar masak daging sapi lada hitam yang ternyata mudah sekali. Resep aslinya ada di kemasan Saori Saus Lada Hitam. Jadi saya hanya meniru saja. Bahan-bahannya juga tidak susah dicari. Paling paprika merah dan hijau yang harus dibeli di supermarket karena jarang ada di tukang sayur dekat rumah.

Bahan-bahan: 
Daging sapi 250 gram
Bawang Bombay 1/2 siung
Paprika Merah 1/2 buah
Paprika Hijau 1/2 buah
Saori Saus Lada Hitam 1 sachet
Minyak Goreng 2 sendok makan


Cara memasak: 
Iris dadu daging sapi, lalu tumis dengan minyak goreng sampai berubah warna.
Iris memanjang bawang bombay 
Iris dadu paprika merah dan hijau.
Masukkan bawang bombay, paprika merah, dan paprika hijau ke dalam tumisan daging yang sudah berubah warna. Aduk-aduk terus sampai berbau harum. Kemudian masukkan Saori Saus Lada Hitam dan aduk sampai tercampur rata.

Daging sapi lada hitam pun siap disajikan. Mudah sekali, kan? Kalau ada yang tanya apakah dagingnya sudah empuk tanpa diungkep atau direbus dulu? Yup, dagingnya sudah empuk. Iris dagingnya jangan tebal-tebal ya, lalu ditumisnya sampai  berubah warna dari yang warnanya merah sampai menjadi abu-abu. Tadinya saya juga ragu apakah daging sapinya bisa empuk, ternyata bisa. Anak-anak saya pun bisa menggigitnya. 

Alhamdulillah, anak-anak saya suka dengan masakan ini. Memasaknya juga tidak butuh waktu berjam-jam. Hanya sekitar 15 menit saja. Amazing banget karena saya tidak butuh waktu lama untuk mengungkep daging sapi. Oya, saya beli daging sapinya di supermarket jadi sudah dalam kondisi bersih. Daging yang saya beli adalah jenis daging rendang. Saya tidak tahu kalau pakai jenis lain apakah bisa empuk juga. Sebaiknya pilih daging yang tidak banyak lemaknya karena buat anak kecil itu cukup alot. 

Memasak daging sapi lada hitam ini juga tidak membutuhkan air. Jadi biarkan saja ditumis dengan bawang bombay, paprika, dan Saori Saus Lada Hitam. Porsinya cukup untuk sekali makan. Kalau mau memasak lebih banyak, berarti semua bahannya ditambah ya. Bukan hanya dagingnya yang ditambah. Saori Saus Lada Hitam 1 sachet cukup untuk 250 gram daging, tanpa harus ditambah kecap lagi warnanya sudah cokelat kehitaman.

Selengkapnya, bisa ditonton di video youtube saya ya ya. Maaf saya lupa memfoto hasil masakannya hehehe. Tapi bisa dilihat di video ini.


2 comments:

  1. Kebetulan aku msh punya banyak stok daging gara2 pas lebaran kemarin nyetok banyak, secara asisten pulang :D. Biasanya cuma aku semur, kayaknya ntr mau dibikin sapi lada hitam ah mba :D. Duuuh itu paprika aku suka bangettttt . Kalo makanan udh ada paprikanya, aku pasti LBH tertarik Ama itu drpd lauk lainnya. Ini resep biasanya aku banyak si paprika mba :D.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^