Sunday 5 September 2021

Resep Nasi Liwet Rumahan

Waw.... Nggak nyangka ternyata udah sebulan saya nggak update di blog ini dan lebih banyak di blog www.leylahana.com. Maklum, selain sibuk menemani anak belajar daring, mengurus rumah, nulis di 2 blog lain, saya juga nulis novel di aplikasi KBM. Buat yang suka baca novel, bolehlah mampir ya ke aplikasi KBM dan cari akun LeylaHana52 dan LeylaImtichanah.

Resep Nasi Liwet

 

Nah, sebagai pembuka di bulan ini, saya mau sharing resep Nasi Liwet dari mertua. Foto yang ada di sini juga foto nasi liwet buatan mertua. Sejak makan nasi liwet ini, saya ketagihan. Tapi masaknya nggak tiap hari karena ada ikan asinnya. Bahaya buat yang darah tinggi.

Bahan-bahannya: 

Beras secukupnya 

Bawang merah 3 siung, iris

Bawang putih 3 siung, iris

Sereh 1 batang, geprek 

Daun salam 3 lembar 

Lengkuas 1 ruas jari, geprek 

Cabe rawit setan kalau mau

Ikan asin/ teri/ cumi asin 

Telur puyuh

Bakso 

Daging ayam, rebus dan suwir-suwir

Cara memasaknya 

Cuci beras dengan bersih 

Kalau pakai ikan teri/ cumi asin, saya rendam dulu dengan air panas biar kadar garam berkurang.

Tumis bawang, sereh, lengkuas, daun salam, lengkuas, teri/ cumi, cabai sampai harum.

Kalau pakai ikan asin, goreng dulu ikan asinnya. 

Masukkan tumisan bumbu ke dalam beras yang sudah dibersihkan. Tambahkan air kurang lebih 1,5 ruas jari. Masak sampai matang. Bisa ditambahkan bakso dan telur puyuh ke dalamnya. Bisa juga dengan daging ayam disuwir-suwir. 

Wangi harum nasi liwet pun sudah bisa kita nikmati. Sedap banget dan bikin ketagihan. Awas BB melonjak! Untuk lauk pauknya, biasanya ibu mertua saya menambahkannya dengan bihun goreng, ikan mas goreng, tempe orek, dan gorengan-gorengan lain. Jangan lupa sambalnya ya. 

Nggak ditambah lauk lagi juga nggak apa-apa sih kalau di dalam nasi liwetnya udah ada lauk seperti ikan asin, telur puyuh, dan bakso. Anak-anak juga suka deh. Rasanya sudah tentu nggak sehambar nasi biasa, karena dimasak bersama ikan asin/ teri/ cumi asin.

Nasi Liwet ini masakan khas Sunda dan biasanya ada di restoran Sunda. Jadi kalau nggak bisa masaknya, cus ke restoran Sunda aja. Tapi kalau ngikutin resep saya ini mah guampang banget masaknya. Yang penting ada kemauan untuk masak. Jadi inget deh kalau saya belum masak juga. 

Baca juga: Resep Daging Sapi Teriyaki



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^