Saturday 16 April 2022

Balada Sekolah Tatap Muka di Bulan Puasa

Alhamdulillah kasus covid-19 sudah menurun, sehingga sekolah-sekolah pun mulai menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka. Hal ini dilakukan pula di bulan puasa. 

Curahan hati


Namun, tidak semua sekolah menerapkan PTM 100%. Ada yang hanya 50%. Nah ini perbedaannya. Di sekolah anak saya yang pertama dan kedua, PTM 50%. Sedangkan di sekolah anak saya yang ketiga, PTM 100%. 

Baca Juga: 5 Persiapan Pembelajaran Tatap Muka 

Yup, justru anak-anak yang SMP hanya PTM dua kali seminggu, eh adiknya yang SD tiap hari PTM. Makin terasa beratnya pula karena bulan puasa kali ini jaraknya jauh dengan libur kenaikan kelas. Jadi, anak-anak harus sekolah full 3 minggu. Hanya libur satu minggu menjelang lebaran dan satu minggu lagi setelah lebaran.

Jujur, awal puasa terasa berat bukan hanya untuk anaknya tapi juga saya yang antar jemput ke sekolah. Puasa dimulai hari Minggu, anaknya hanya libur sehari di hari Jumat. Padahal dulu mereka libur seminggu. 

Saya sendiri juga merasa mengantuk sekali pagi-pagi mengantar anak ke sekolah. Sehabis sahur dan salat subuh, nggak ada yang namanya tidur lagi. Jadi naik motor itu sambil menahan kantuk. Siangnya saat jemput sekolah, cuacanya panas sekali. Sekolah si bungsu pun jaraknya jauh dari rumah sekitar 14 km PP. 

Saya jadi ingat bulan puasa waktu saya masih kecil dulu, libur sebulan selama puasa. Tapi bukan berarti nggak melakukan apa-apa di rumah. Saya melakukan kegiatan positif seperti menyewakan komik dan buku cerita di depan rumah. 

Dari sekolah juga memberikan buku kegiatan Ramadan sehingga bisa fokus beribadah. Hayo siapa yang samaan kayak saya, selalu mengikuti ceramah agama di masjid sebelum salat tarawih dan pulangnya minta tanda tangan ustaz? 

Yup, bulan puasa dulu anak-anak fokus beribadah karena sekolahnya libur tapi ada buku kegiatan Ramadan. Sedangkan sekarang ini sekolah tetap masuk, sehingga ibadah anak-anak pun tidak fokus. Kegiatan Ramadan juga bukan kegiatan yang diwajibkan lagi, hanya kebijakan sekolah masing-masing. Sudah nggak ada yang namanya mengejar tanda tangan ustaz. 

Dulu ibunya juga bisa santai nggak perlu antar jemput anak sekolah saat bulan puasa. Nggak ada drama juga untuk anak-anak sekolah yang kehausan saat pulang sekolah. Beberapa anak harus batal puasa karena kehausan sepulang sekolah. Alhamdulillah Salim bisa bertahan dari ujian itu walaupun saya sering kasihan.

Bayangkan saja, pulang sekolah naik motor 7 km di bawah matahari terik. Di sekolah juga beraktivitas seperti biasa. Sampai rumah ya pastilah haus. Biasanya juga jajan Pop Ice. Karena sedang puasa, saya suruh berwudhu, salat zuhur, lalu ngadem di kamar ber-AC dingin supaya puasanya nggak batal. 

Baca Juga: Mendidik Anak Laki-laki Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga 

Dia juga sambil membayangkan Milo Float dan hampir tiap hari minta berbuka dengan minuman kesukaannya itu. Saya pun hampir tiap hari pesan Milo Float demi supaya anak saya bisa terus berpuasa keesokan harinya. 

Bagaimana dengan saya? Sepulang menjemput anak sekolah, rasanya tenaga terkuras habis. Mana badan panas karena terbakar matahari. Ya sudahlah saya ikut ngadem di kamar dan tidur sampai menjelang berbuka, kecuali kalau sedang ada kerjaan ngeblog. 

Jadi benar-benar bulan puasa itu menjadi bulan untuk menguji kekuatan fisik, mental, dan jiwa kita. Aktivitas tetap harus berjalan seperti biasa tapi tanpa makan minum. Bangun sahur jam 2.30 pagi, tapi nggak bisa tidur lagi setelah Subuh.

It's okaylah. Bismilah. Semoga kita semua bisa menjalani ibadah puasa ini sebaik-baiknya. Demikian curhat hari ini. 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^