Friday 16 July 2021

Tips Memasak Healthy dan Tasty Food bersama Keluarga

Sabtu pagi jam 11, saya langsung stand by di Instagram Hometown Diary karena ada IG Live yang bermanfaat banget untuk ibu-ibu saya. Temanya: Memasak Healthy & Tasty Food bersama Keluarga." Acara ini rutin diadakan tiap Sabtu lho. Nggak hanya materi bermanfaat, tapi juga ada hadiah yang dibagikan untuk penonton teraktif. Bintang tamunya kali ini adalah Kak Ai dengan IG @kelincitertidur. 

IGLive Hometown

Siapa yang suka nyetok susu di rumah? Saya sudah pasti dong nyetok susu, karena anak-anak suka banget minum susu. Eit, susu nggak hanya bisa langsung diminum tapi juga dijadikan makanan dan minuman lain yang bervariasi. Susu Hometown Diary nih multifungsi banget, apalagi susunya segar dan berbeda. Apa tuh maksudnya "berbeda"? Itu karena susunya segar 100% tanpa tambahan gula dan bahan lainnya. 

Kak Ai mau membuat yogurt dari susu Hometown Diary. Kenapa sih kita bikin yogurt sendiri? Ternyata kalau bikin sendiri tuh bisa lebih hemat dan banyak. Trus, kita juga bisa membuat yogurt no sugar atau menambahkan sendiri bahan yang diinginkan seperti madu atau buah-buahan. Kualitas yogurt ditentukan dari susu yang digunakan, lho. 



Bahan membuat yogurt hanya dua yaitu: susu segar Hometown Diary (satu liter) dan yogurt plain yang sudah jadi (bisa dibeli di pasar). Siapkan termometer untuk mengukur suhunya.

Panci yang mau digunakan harus disterilisasi dulu yaitu dengan merebus air  dengan menambahkan cuka. Setelah itu, panci bisa langsung dipakai untuk membuat yogurt. 

Tuangkan susu Hometown ke dalam panci, lalu panaskan. Gunakan termometer untuk mengukur suhunya yaitu hanya 40-45 derajat celsius. Siapkan wadah toples kaca yang juga sudah disteril. Setelah tercapai suhunya seperti di atas, matikan apinya. Kemudian masukkan yogurt plainnya ke dalam panci. Aduk-aduk hingga rata. Masukkan yogurt yang sudah jadi ke dalam botol kaca tadi dan tutup dengan serbet. Simpan di dalam tempat yang hangat, misalnya di dalam oven yang tidak menyala, selama 12-18 jam. 

Setelah 12 jam, susunya akan menjadi lebih kental. Kalau ingin lebih kental lagi, saring dengan menggunakan saringan. Air sisa saringannya jangan dibuang karena bisa digunakan untuk membuat cream soup. Yogurt yang dihasilkan ini tidak ada penambahan gula sama sekali. Cocok nih untuk saya. Selama ini saya ragu membeli yogurt di luaran karena kandungan gulanya justru lebih tinggi daripada minuman lain. Yogurtnya simpan di dalam kulkas maksimal seminggu.

Selanjutnya, yogurt yang sudah jadi bisa dikreasikan lagi lho menjadi saus buah-buahan. Siapkan buah Strawberry dan Cranberry. Hancurkan buahnya menggunakan sutil sambil dipanaskan di panci dengan api kecil. Jangan diblender karena nanti terlalu halus. 

Masukkan pemanis, bisa dengan maple sirup atau madu. Tambahkan air jeruk lemon supaya segar. Matikan kompor. Kemudian masukkan chia seeds agar adonannya mengental secara alami. Aduk-aduk lagi. 

Untuk plattingnya, masukkan dulu yogurtnya ke dalam piring. Lalu hias dengan aneka buah di sekitar yogurtnya.  Buahnya bisa diganti dengan buah apa saja yang ada di rumah. Tuangkan saus buahnya tadi ke atas yogurtnya. Setelah itu, silakan dinikmati.

Melihat penampakannya, yummy bangeet. Jadi pengen mencoba membuatnya sendiri. Ternyata segampang itu membuat yogurt sehat tanpa tambahan gula. Bisa untuk makanan diet nih. Hayooo... siapa lagi yang mau diet? Cus, bikin yogurt sendiri di rumah.


Jangan lupa ikuti instagram @hometown.id untuk mendapatkan resep-resep masakan lainnya yang mudah, praktis, dan sehat menggunakan susu Hometown. Acara ini juga diadakan setiap Sabtu di IG Live-nya. Rugi deh kalau nggak ikutan!

Resep-resepnya nanti bisa dipraktekkan untuk membuat perbekalan anak-anak dan kita sendiri dalam menghadapi tahun ajaran baru yang lagi-lagi dilaksanakan secara daring kan Mom.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^