Tuesday 23 May 2023

Mau Servis Motor, Perhatikan 5 Bagian Ini

Motor matic adalah teman setia saya setiap hari untuk mengantar jemput anak sekolah dan les, belanja sayuran, dan pulang pergi dari dan ke stasiun kereta. Soalnya saya memang kalau pergi jauh itu naik KRL. Walaupun hanya dipakai untuk jarak dekat, maksimal 8 km, saya tetap membawanya ke tempat servis sebulan sekali sebagai bagian dari perawatan motor. 

 

Naik Motor

Bayangkan kalau tidak dirawat, tidak akan bisa seawet sekarang. Motor itu saya beli sejak 10 tahun lalu dan masih bagus digunakan. Suami saya yang mengajarkan supaya rutin membawa motor ke tempat servis meskipun belum ada masalah. Masa mau tunggu ada masalah dulu? Kalau mogok di jalan, berabe kan. Ibu-ibu mesti dorong motor mogok ke bengkel hehehe. 

Apa saja sih bagian dari motor yang harus dicek saat dibawa ke tempat servis? 

5 Bagian  yang Wajib Dicek secara Berkala saat Servis Motor

1. Oli

Oli ini ada 2 yaitu Oli Mesin dan Oli Gardan. Keduanya harus rutin diganti. Kalau Oli Mesin itu untuk melumaskan, mendinginkan, dan melindungi mesin. Biasanya diganti setelah menempuh jarak 2500 km. Tapi sekarang ini sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah bisa merekomendasikan untuk penggantian oli mesin sampai 5000 km, karena olinya sudah menggunakan teknologi ester.  Kenapa bisa diklaim 2x lebih lama dari oli biasa? Itu karena olinya menggunakan base oil tertinggi di kelas oli. Sedangkan oli gardan itu untuk melumasi gear pada CVT motor matic, diganti setelah dua kali mengganti oli mesin.   


Oli Motor Matic

2. Kampas Rem

Penting sekali nih mengganti kampas rem karena menentukan keselamatan. Kalau kampas remnya sudah tipis, harus segera diganti ya. Jangan sampai nanti remnya tidak pakem dan terjadi kecelakaan di jalan akibat tidak bisa mengerem motornya.

3. Aki atau Accu

Nah, ini juga penting banget lho karena motor saya pernah mati di jalan akibat masalah pada aki. Nantinya akan dicek apakah tegangan pada aki itu sudah sesuai yaitu 12,3-12,6 Volt saat mesin mati dan 13,7014,2 Volt saat mesin hidup. Kalau tidak sesuai, berarti ada masalah pada aki dan langsung diperbaiki sebelum motornya mogok gara-gara aki. 

4. Ban 

Periksakan ban motor kita juga ya, karena ini juga menyangkut keselamatan kita sendiri dan orang lain. Kalau bannya sudah tidak bagus seperti ban gundul, bisa-bisa nanti dia pecah di jalan dan mengakibatkan kecelakaan. Jadi, periksa ban motor bukan saat bannya kempes saja.  

5. Tune Up Motor Rutin

Servis motor secara keseluruhan ini bukan hanya setelah mesinnya mati atau mogok ya, tapi dijadwalkan rutin misalnya sebulan sekali. Pemeriksaan yang dilakukan itu mencakup semuanya, dari mulai ban, lampu, karburator, rem, klakson, dan lain-lain. Bisa juga disertai dengan ganti oli mesin, oli gardan, serta sparepart. Biasanya nanti akan diinformasikan dulu oleh mekaniknya, sebelum kita menyetujuinya. 

Servis Motor di Bengkel Servis Motor Terbaik 

Untuk melakukan servis motor ini, pilihlah tempat servis yang bagus ya.  Jangan sampai motor kita itu setelah diservis bukannya tambah bagus performanya eh malah tambah buruk. Pastikan juga biaya servisnya itu masuk akal, sesuai dengan pelayanannya. Pernah ada berita viral kan tentang bengkel servis motor yang getok harga dan motornya malah makin rusak setelah diservis. Sudah bayarnya mahal, motornya tidak bisa dipakai pula. Ngeri banget kan kalau salah cari tempat servis motor.

Tempat servis yang direkomendasikan dan cabangnya sudah ada di mana-mana adalah Planet Ban, servis mesin rasa baru. Apa itu maksudnya? Maksudnya, kita akan merasakan mesin rasa baru setelah diservis di Planet Ban. 

Servis motor rasa baru ini menggunakan sistem servis terpadu di mana motor kita itu akan mendapatkan peningkatan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biayanya juga lebih hemat. Kok bisa ya? Soalnya nanti mekaniknya akan mencari bagian vital yang tersembunyi, jarang diservis, dan jarang dicek lalu memperbaikinya sehingga kita akan merasa motor dengan mesin baru. 

Manfaat Servis di Planet Ban

Apa saja sih manfaat servis di Planet Ban? Berikut ini manfaatnya: 

  • Memakai oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi sehingga mesin jadi awet. 
  • Ganti olinya cukup 4-6 bulan sekali atau setelah 5000 km dan menggunakan oli motor matic yang bagus.
  • Mengurangi emisi dan polusi dari motor. 
  • Motor lebih nyaman dan tahan lama jika dipadukan dengan sparepart asli. 

Apa Bedanya Planet Ban dengan Tempat Servis Motor Lain? 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau servis motor di Planet Ban itu kita jadi seperti memakai mesin yang baru. Itu karena servisnya menyeluruh, termasuk juga membersihkan kotoran, debu, dan sisa pembakaran di bagian mesin motor dan blok CVT yang membuat motor jadi berat. 

Otomatis emisi karbon dari mesin ini jadi turun hingga 70% dan bisa lebih hemat BBM. Biaya servisnya juga terjangkau banget. Contohnya untuk servis motor injeksi cuma 20 ribu, servis CVT dan rantai cuma 19.500, dan servis throttle body cuma 20 ribu. 

Nah, kalau mau dapat servis motor rasa baru, cus deh ke Planet Ban aja.

 



6 comments:

  1. Awalnya aku nggak begitu ngeh tentang perawatan motor mba. Suami yang rajin bawa ke bengkel untuk service tapi lama kelamaan aku merasa harus paham juga. Akhirnya alhamdulillah aku udah rutin service motor. Planet Ban andalan bener

    ReplyDelete
  2. Wah, Mak Ela rajin banget setiap bulan cek motor.. Tapi memang kalau pemakaian setiap hari dan sering harus ceknya rutin ya mba.. Biaya servos di Planet Ban terjangkau yaa.. Servis memang mesti di tempat yang udah terpercaya ya..

    ReplyDelete
  3. Planet ban langganan aku n paksu nih. Cepat klo servis di planet ban, olinya juga murah tapi nlberkualitas

    ReplyDelete
  4. kudu rutin sih servis kendaraan supaya bisa digunakan dengan optimal. serahkan ke yang ahli aja biar perawatannya bisa dapet yang terbaik dan hasilnya maksimal

    ReplyDelete
  5. Emak2 kudu tau juga ya gimana cara merawat motor, jangan cuma tau makenya doang.. Xixixi

    ReplyDelete
  6. Bener itu, suamiku juga rutin cek motor dibagian-bagian itu, karena oli dan kampas motor paling sering harus diganti atau tambahin gitu deh. Urusan bengkel yang paham wkwkkw

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^