Friday 17 March 2023

Bagaimana Menjadi Blogger yang Kredibel?

Tak terasa sudah belasan tahun lamanya saya menjadi blogger. Dari awalnya hanya iseng, jadi serius. Ketika pertama kali membuat blog, saya tidak terpikir bahwa blog itu akan menjadi sumber penghasilan. Saya membuat blog hanya untuk menulis catatan harian sekaligus mempromosikan buku-buku saya. Iseng-iseng saya mengikuti lomba blog karena diajak oleh teman-teman yang sudah lebih dulu ngeblog. Eh nggak disangka, menang. 

BloggerDay 2023

 

Lama-lama saya ketagihan ikut lomba blog dan sering dapat hadiah. Kemudian saya bergabung dengan beberapa komunitas blogger, salah satunya Komunitas Bloggercrony Indonesia. Jejaring, pengetahuan, dan wawasan saya pun bertambah. Bahkan, saya mendapatkan peluang job ngeblog di luar mengikuti lomba blog. Di antaranya adalah job mengendorse produk, menghadiri event, review kuliner, dan lain-lain. 

Semakin ke sini, menjadi blogger Indonesia itu semakin menantang. Dulu saya hanya fokus di blog, tetapi sekarang saya juga harus mengelola media sosial seperti instagram, twitter, dan tiktok karena sebagian besar klien menginginkan blogger yang memiliki follower banyak (berpengaruh). Jadi rasanya tidak cukup hanya mengulas produk di blog, melainkan juga dibagikan di media sosial. 

Bagaimana Menjadi Blogger yang Kredibel?

Blogger  yang kredibel itu apa? Berdasarkan wikipedia, kredibilitas artinya  kualitas, kapabilitas, dan kekuatan yang menimbulkan kepercayaan. Kredibilitas itu penting untuk mengambil hati klien dan pembaca. Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi blogger yang kredibel dan bagaimana menjadi blogger yang kredibel?

Memiliki Keahlian sebagai Blogger 

Blogger itu senjatanya adalah tulisan. Melalui tulisan di blog  itu, blogger harus mampu meyakinkan pembaca bahwa tulisannya itu dapat dipercaya. Untuk belajar menulis itu bisa dilakukan dengan banyak membaca. Sebelum menjadi blogger, saya memang sudah menulis buku. Jadi saya sudah punya kemampuan menulis. Nah, bagi teman-teman yang baru mulai menulis, bisa dengan belajar perlahan dari banyak membaca dan menulis. Lama-lama pasti tulisannya akan bagus. 

Selain itu, di dalam blog juga harus ada foto-foto untuk meyakinkan pembaca. Belajar memotret produk juga harus ditekuni oleh blogger. Saya pun awalnya memotret foto seadanya. Karena sering dilakukan, akhirnya kualitas foto semakin membaik, meskipun tidak perlu secantik karya fotografer ya. 

Selanjutnya adalah keahlian mengelola sosial media, sebab sekarang blogger tidak hanya dibutuhkan blognya tetapi juga medsosnya. Otomatis kita juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi di media sosial dan terus mempelajari tren-tren media sosial. Semua keahlian tersebut juga bisa kita dapatkan ilmunya melalui komunitas-komunitas blogger lho. Komunitas Bloggercrony Indonesia sering mengadakan event-event seperti Blogger Hangout yang memberikan ilmu gratis untuk menjadi blogger yang kredibel. Blogger Hangout yang ke-68 lalu memberikan ilmu tentang Seni Bernegosiasi. Ini peting juga dimiliki blogger saat akan menjalin kerjasama dengan klien.

Bloggercrony

 

Profesional dalam Bekerja 

Ketika memutuskan untuk menjadi blogger yang mau bekerjasama dengan klien, maka kita harus profesional dalam bekerja. Tidak bisa seenaknya lagi, meskipun pekerjaan blogger ini adalah pekerjaan freelance. Profesional itu contohnya selalu menepati waktu dalam mengerjakan tugas, mampu mencapai target pembaca yang diminta oleh klien, mengerjakan tugas tulisan sesuai syarat dan ketentuan, kalau diundang event juga usahakan tidak datang terlambat, berusaha menyajikan tulisan terbaik yang dapat meyakinkan pembaca (bukan tulisan asal jadi), dan lain-lain.  

Kenapa sih harus profesional? Ya, karena klien sudah mengeluarkan budget untuk membayar para blogger yang bekerjasama dengannya. Blogger mendapatkan uang atau produk dari klien. Ada biaya yang dikeluarkan untuk mempekerjakan blogger. Sudah tentu blogger harus bekerja sesuai ketentuan. 

Jujur dalam Bekerja 

Satu lagi nih yang penting adalah kejujuran. Contohnya dalam hal mengulas produk. Di antara pekerjaan blogger adalah mengulas produk. Jika bekerjasama dengan klien biasanya blogger harus mencoba produknya dulu. Jika sudah diberikan produknya, ya kita harus mencobanya. Lalu, memberikan ulasan yang sesuai pengalaman. Dengan demikian, ulasan produk tersebut akan dipercaya oleh pembaca karena melihat foto-foto atau videonya bahwa blogger memang sudah mencoba produk tersebut.

BloggerDay 2023 bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia 

Bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia menjadi salah satu cara untuk menjadi blogger yang kredibel, karena banyak ilmu dan pengetahuan yang dibagikan dalam setiap eventnya. Salah satunya adalah event BloggerDay. Tahun ini akhirnya saya kembali mengikuti BloggerDay 2023 bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia yang rutin menyelenggarakan event ini untuk merayakan ulang tahun Bloggercrony. Tahun ini adalah tahun ketujuh dari penyelenggaraan BloggerDay dan diadakan secara hybrid. Saya mengikuti acara onlinenya, sedangkan offlinenya berupa fun camp. 

Acara onlinenya berupa zoom yang diadakan pada tanggal 24 Februari 2023 bersama para kru Bloggercrony. Sedangkan fun campnya diadakan di Puncak Halimun Camp pada tanggal 4-5 Maret 2023. Acara yang mendekatkan hati para blogger, karena bisa lebih dekat dengan kru Bloggercrony yang selama ini membersamai para blogger untuk mengembangkan diri. Apalagi 100 peserta ini mendapatkan merchandise dari Cera Production selaku event partner.

bloggerday 2023

 

Jadi sudah dua kali saya mengikuti BloggerDay. Pertama dulu itu saya ikut BloggerDay  di Kampung Wisata Rumah Joglo, menginap bersama 100 blogger. Seru banget. Apalagi setelah itu saya ikutan lomba blognya dan menjadi salah satu pemenangnya. Benar-benar event yang berkesan. Serasa liburan gratis yang dibayar pula. Sayang, foto-fotonya sudah banyak yang hilang karena hape saya rusak dan datanya belum tersimpan. Saya cari-cari cuma ketemu foto anak saya, karena dulu boleh bawa keluarga juga. 

 

Rumah Joglo


Sepanjang pengalaman berkomunitas bersama Bloggercrony, sudah banyak hal yang saya dapatkan baik itu ilmu, jejaring, dan materi. Beberapa kali saya mendapatkan job blogger juga dari Bloggercrony. Komunitas Bloggercrony Indonesia ini tidak hanya komunitas untuk kumpul-kumpul blogger, tetapi juga untuk mengembangkan diri dan mendapatkan banyak pengalaman berharga.  

Jujur saja, penghasilan sebagai blogger juga ikut mengangkat kualitas hidup saya. Dulu saat tanggal tua, saya pernah berutang untuk biaya makan sehari-hari. Sekarang sudah nggak pernah lagi, karena penghasilan sebagai blogger bisa menambal uang belanja yang kurang-kurang.

Baru di tahun ini saya berkesempatan ikut BloggerDay lagi meskipun hanya hybrid. Mengangkat tema Skill Set Up, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada potensi diri dan kompetensi personal agar dapat dikembangkan menjadi Skill Set andalan para blogger. Jadi semoga saja blogger tetap berjaya meskipun sekarang sudah ada platform media sosial lainnya yang diminati seperti Tiktok. 

Apalagi pandemi kemarin juga berimbas pada profesi blogger. Banyak job blogger yang berkurang. Bahkan saya sampai kembali menulis novel lagi saking sepinya job blogger. Sedangkan beberapa teman blogger juga alih profesi dengan jualan online. 

Komunitas Bloggercrony Indonesia memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

BloggerDay 2023 juga menghadirkan Anwar Natari selaku Pengawas Komunitas Bloggercrony Indonesia. Wardah Fajri selaku founder Bloggercrony menyebutkan bahwa Bang Away ini adalah guru untuk Komunitas Bloggercrony Indonesia. Bang Away memberikan nasihat kepada para blogger supaya tetap menjaga profesionalitasnya. Untuk menjadi profesional itu, kita perlu 3 hal yaitu memiliki pengetahuan (Knowledge), kemampuan (Skill), dan sikap (Attitude). 

Skill Set adalah keterampilan yang harus dimiliki apa pun profesinya. Bang Away pun menyebutkan pengalamannya sebagai editor.  Untuk mendapatkan keterampilan itu, maka kita harus terus berlatih. Agar tulisannya lebih bagus, Bang Away sampai terjun langsung ke lapangan dan melakukan wawancara kepada narasumber. 

Begitu juga dengan para blogger ini. Jika ingin meningkatkan keterampilannya dan menjadi blogger yang kredibel, maka kita harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan. Tidak lupa juga disertai dengan sikap yang baik. Dengan demikian, kita dapat mengambil hati klien dan pembaca.

Nah, bagus banget kan insight yang didapat dari event BloggerDay 2023 ini.  Mau gabung juga dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia, cari tahu saja di instagram/ twitter @bloggercrony.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^