Tuesday 15 November 2022

Biskuat Academy Dukung Potensi dan Inner Strength Anak

Beberapa waktu lalu, mama-mama pasti sudah menerima rapor ujian tengah semester anak-anak. Gimana perasaannya, Ma, melihat nilai rapor anak-anak? Bangga karena nilai akademisnya bagus-bagus atau sedih karena nilainya banyak yang di bawah nilai minimal? Wajar saja kalau kita merasa bahagia atau sedih, karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin meningkatkan nilai akademis anak seperti mendampingi belajar dan memfasilitasi les tambahan.

Biskuat-Academy

 

Namun, kita jangan hanya terpaku pada nilai akademis. Tahan diri untuk merendahkan harga diri anak gara-gara nilai akademisnya kurang di beberapa mata pelajaran, karena itu bisa menurunkan kepercayaan diri anak. Percaya diri adalah salah satu inner strength atau kekuatan batin anak yang bisa menjadi faktor penentu kesuksesannya di masa depan. Anak yang percaya diri akan berani mencoba hal-hal baru, meskipun tidak semuanya berhasil. Dia akan terus bangkit dan pantang menyerah. Itulah yang akan menjadi penentu kesuksesannya di masa depan. 

Saya sendiri tidak memandang nilai-nilai akademis sebagai penentu kesuksesan anak, karena setiap anak memiliki kompetensi yang berbeda-beda. Anak sulung saya itu pandai matematika tetapi kurang kuat dalam hapalan. Saya akan mendorong potensinya di bidang matematika. Nah, anak yang kedua malah sebaliknya. Dia kurang pandai matematika, tetapi pandai dalam bahasa dan keterampilan. Saya bebaskan anak-anak memilih menggeluti bidang yang disukainya, dengan mendukung potensi dan inner strength mereka agar sukses di masa depan. 

Apa Itu Inner Strength ?

Nah, sekarang kita ngomongin inner strength anak. Apa sih inner strength itu? Inner strength adalah kekuatan dari dalam yaitu kekuatan mental yang tercermin dari kekuatan karakter anak. 

Saya prihatin karena belakangan ini banyak remaja yang mengaku mengalami gangguan mental health (meskipun belum diperiksakan ke psikolog atau psikiater). Mereka merasa mengalami gangguan mental health berupa kecemasan, depresi, stres, dan lain sebagainya diakibatkan oleh tekanan luar terutama dari orangtua. 

Menurut mereka, orangtua terlalu memaksa anak untuk menggeluti bidang yang tidak disukai dan meminta anak untuk terus berprestasi. Bahkan mereka menyebut orangtua sendiri sebagai orangtua toxic. Saya sedih sekali sekali membaca curhatan-curhatan mereka di media sosial. 

Sebagai orangtua, saya yakin lebih banyak orangtua yang berusaha keras agar anak-anaknya bisa sukses di masa depan. Akan tetapi, mungkin caranya itu ditanggapi negatif oleh anak-anak. Anak-anak mengira orangtua terlalu memaksa mereka untuk berprestasi, sehingga mengabaikan kebahagiaan anak. 

Nah, itulah mengapa orangtua perlu juga mendukung inner strength anak, selain prestasi akademisnya, agar anak-anak memiliki kesehatan mental yang baik. Di antara contoh kekuatan dari dalam itu adalah pemberani, tangguh, percaya diri, dan baik hati. 

Inner Strength

 

Inner strength anak saya itu adalah baik dan suka membantu. Kalau minta bantuan, dia akan segera membantu. Senang dong pastinya kalau anak kita memiliki inner strength yang terwujud dalam karakter positif. Kita pun bisa terus mendukung potensi dan inner strength anak.

Cara Mendukung Inner Strength Anak 

Menjadi orangtua memang tak mudah. Ternyata memberikan pendidikan akademis tidaklah cukup untuk masa depan anak. Kita juga harus membentuk karakter positif anak dengan mendukung kekuatan baik dari dalam. Berikut ini cara saya mendukung inner strength anak: 

1. Membebaskan Anak Memilih

Setiap anak memiliki bakat dan potensi yang berbeda-beda. Asalkan itu positif, kenapa tidak kita dukung? Misalnya, anak kedua saya suka menggambar komik. Saya pun membebaskannya menggambar komik. Jika nantinya dia mau menjadi komikus, tidak akan saya larang. 

2. Memberikan Waktu untuk Mengembangkan Potensi Non Akademis 

Anak-anak sudah selama lima hari lebih banyak belajar pendidikan akademis. Kenapa tidak saya berikan waktu dua hari sisanya untuk mengembangkan potensi non akademisnya? Seperti anak sulung saya yang suka belajar koding, si tengah yang suka gambar, dan si bungsu yang suka olahraga. 

3. Menanamkan Nilai Kebaikan  

Tugas orangtua tidak berhenti hanya sampai menyekolahkan anak. Di sekolah, anak-anak dididik oleh gurunya. Orangtua pun bertugas mendidik anak di dalam rumah dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan seperti berempati, berbagi, dan tolong menolong.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisinya 

Agar anak semangat mengembangkan potensi dan inner strengthnya, maka orangtua harus memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan bergizi. Termasuk untuk camilan anak pun harus mengandung vitamin dan mineral. Seperti Biskuat yang mengandung 9 Vitamin dan 6 Mineral. 

Makan Biskuat


5. Rutin Berolahraga 

Olahraga dapat melepaskan hormon stres dan melatih tubuh anak supaya kuat dan tangguh. Anak saya suka berolahraga seperti main bola, berenang, lompat tali, lari, sepeda, dan lain-lain. Olahraga juga menyehatkan tubuh, sehingga anak pun dapat menggapai prestasi akademis dan non akademis. 

Olahraga


Biskuat Academy 2022 untuk Dukung Potensi dan Inner Strength Anak

Selain berprestasi di bidang akademis, anak-anak juga bisa berprestasi di bidang non akademis. Salah satunya olahraga sepakbola. Ternyata, sepakbola itu bisa mendukung inner strength anak lho. Sebab, bermain sepakbola itu akan mengembangkan karakter tangguh, percaya diri, pemberani, dan baik. Untuk bermain bola, anak harus memiliki fisik yang tangguh bukan? Kemudian, dia harus percaya diri agar berani menendang bola hingga sampai ke gawang. Kerjasama tim akan berhasil jika masing-masing anggota tim memiliki karakter yang baik. Jadi, untuk menjadi pemain bola yang handal tak hanya perlu memiliki skill bermain bola yang handal tetapi juga karakter yang kuat dan positif.

Biskuat pun turut mendukung potensi dan inner strength anak-anak melalui program Biskuat Academy yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2019 dan diikuti oleh puluhan ribu peserta anak-anak lho. Biskuat Academy adalah sekolah bola online yang digagas oleh Biskuat, merk biskuit kesukaan anak-anak dari Mondelez International. Bertujuan untuk menciptakan #GenerasiTiger yang tidak hanya berprestasi tapi juga memiliki inner strength atau kekuatan baik dari dalam. 

Program Biskuat Academy ini didukung oleh Kemenpora dan Kemendikbud Ristek. Anak-anak yang terpilih untuk mengikuti sekolah bola online dari Biskuat Academy ini akan dididik oleh pelatih berlisensi UEFA A dan bisa bertemu dengan pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Wow, mantap benar  ya. 

Nggak cuma itu, Mama. Bagi anak-anak yang beruntung, bisa berkesempatan memenangkan tur ke stadion bola di Eropa dan mendapatkan ratusan hadiah menarik lainnya. Penasaran kan pengen ikutan? Gampang banget lho carany.a

Cara Ikut Biskuat Academy 2022

1. Beli Biskuat Kemasan Khusus 

Beli Biskuat dengan kemasan khusus yang ada logo Biskuat Academy, seperti yang sudah saya beli ini. Beli salah satu kemasan berikut ini:  

  • 1 Biskuat 121.6 gram
  • 1 Biskuat 60.8gram
  • 2 Biskuat 22,8 gram
  • 2 Biskuat 7,6 gram

Temukan kode unik di belakang kemasan. 


Kemasan Biskuat Academy


2. Daftar via Whatsapp

Kemudian kirimkan pesan ke nomor Whatsapp 0812 1222 5919 dan ikuti instruksi Chatbot Biskuat di Whatsapp.

3. Ikuti Biskuat Academy 2022

Selanjutnya, ikuti program sekolah bola online Biskuat Academy 2022 dan menangkan hadiah-hadiahnya. Siapa tahu anak kita beruntung lho mengikuti tur ke stadion bola di Eropa.

Nah, kan caranya gampang banget, Mama. Langsung deh buruan beli Biskuat dan daftarkan anak kita ke Biskuat Academy. Video inspirational dari Coach Aji ini membuat kita percaya bahwa setiap anak dapat mewujudkan mimpi melalui kekuatan baik dari dalam. 


 

*Artikel ini diikutkan dalam lomba KEBXBiskuatAcademy2022*

18 comments:

  1. Sejak punya anak, aku sadar ga bagus untuk menekan mereka harus bagus di semua bidang dan mata pelajaran. Yg ada cuma bikin mereka depresi dan stress. Jadi aku perhatiin apa yg menjadi kesukaan mereka dlm belajar, subject favoritnya, dia BGS dlm hal apa, dan itu semua yg aku pilih utk diseriusin.

    Di film atau drama Korea sering bgt anak2 dipaksa belajar, disuruh les sampai malam, bahkan makan JD ga teratur. Dipaksa utk bisa masuk univ tertentu. Dan ternyata kondisi aslinya memang seperti itu kalo menurut temen yg tinggal di sana. Krn kalo ga begitu, mereka ketinggalan. Jadi ga heran kalo tinggi sekali angka bunuh diri anak dan dewasa di sana :(.

    Ga laah, aku mendingan anakku hanya bagus di salah satu bidang dan tetep punya waktu utk bermain. Balance jadinya...

    Good luck buat lombanya ya mba 😘

    ReplyDelete
  2. Wah.. Kebetulan ade aku suka main bola.. Seperti biskuat academy nih pas banget buat ade aku.. Cus ah daftar biar bisa menyalurkan hobi dan minat di sepak bola

    ReplyDelete
  3. Keren euyy Biskuat Academy bikin mupengg hihi.. kalau punya anak laki dah kayaknya aku ikutin ke Academynya ini. Selain untuk melatih fisik dan rasa percaya dirinya, juga secara psikologis kalau diikutkan komunitas dan Academy begini biasanya dia akan lebih banyak berkembang ya kak

    ReplyDelete
  4. Inner strength yang terasah sedari dini akan membantu anak saat tumbuh dewasa nanti ya. Beruntung Biskuat academy membantu mengambangkan potensi tersebut dengan kegiatan menyenangkan dan asupan sehat.

    ReplyDelete
  5. Inner Strength sekarang lagi naek daun dan sering banget dibicarakan, emang penting banget bagi anak. Perlu banget dan jadi perhatian orang tua. Untung banget Biskuat pun turut mendukung potensi dan inner strength anak-anak melalui program Biskuat Academy

    ReplyDelete
  6. Untungnya sekarang semakin banyak orang semakin paham pentingnya inner strenght anak, ya. Dulu kan mengutamakan nilai rapor saja.

    ReplyDelete
  7. Keren biskuat ngadain acara semacam biskuat academy biar anak-anak Indonesia makin bertumbuh mengembangkan bakatnya

    ReplyDelete
  8. Biskuat ini keren ya Kak. Bisa bikin sekolah sepak bola buat jalan untuk meraih impian anak-anak Indonesia yang ingin menjadi atlet sepak bola

    ReplyDelete
  9. Kirain biskuat hanya menyediakan snack sehat doang. Ternyata ada academy nya juga. Keren banget.

    ReplyDelete
  10. Jadi PR banget untuk saya ini. Meskipun anak masih kecil, tapi perlu mengetahui inner strength agar saat remaja kesehatan mentalnya tidak terganggu. Makasih infonya yang bermanfaat, Mbak. Anak suka Biskuat juga nih, semoga ada kesempatan ikutan akademinya

    ReplyDelete
  11. Biskuat melengkapi dukungan kita pada anak ya mbak, anak gizinya jadi terpenuhi dan tumbuh lebih optimal.

    ReplyDelete
  12. Akademy biscuat kereen smg banyak bibit bibit unggul atlit muda yang bisa memajukan olah raga Indonesia di manca negara

    ReplyDelete
  13. Menanamkan nilai kebaikan sejak dini ini tidak mudah ya. Perlu pihak lain untuk mensukseskan nya. Seperti adanya pihak akademi biskuat dalam event yang memupuk ketangkasan anak dalam bermain bola

    ReplyDelete
  14. Mengetahui inner strength dan mengasahnya dengan baik sebenarnya bisa bantu anak mengasah potensi mereka yang terbaik ya. Bisa jadi potensi inilah yang akan membawa anak mencapai kesuksesannya. Bagus nih Biskuat Academy ini berarti.

    ReplyDelete
  15. Mantap nih biskuat, sejak dulu selalu mendukung potensi yang ada dalam diri seorang anak. Bukan hanya melulu tentang belajar, tapi banyak potensi lainnya yang bisa dikembangkan. Salut buat Biskuat Academy.

    ReplyDelete
  16. Jadi orangtua memang enggak gampàng ya Mbak.,apalagi di zaman sekarang ini. Mau keras dikit, ntar anak ngaku kena mental health nya, enggak keras tapi pergaulan diluar sana juga mengerikan.
    Btw, pengen ikutan biskuat academy juga ah kebetulan anak aku juga suka Biskuat.

    ReplyDelete
  17. wah biskuat dari dulu support terus perkembangan anak ya, mantap. btw dah lama juga nih gak makan biskuat, dulu aku suka banget hihi

    ReplyDelete
  18. kesuakaan banget nih biskuit, gak cuma anaknya, emaknya jg hehe.. jadi pengen ikutan nih biskuat academy :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^