Saturday 29 October 2022

Resep Terong Pete Balado

Whuaaah.. bulan Oktober sudah mau berakhir tapi baru ada dua tulisan di blog saya ini. Padahal saya berencana mengikuti beberapa lomha blog, tapi kok malas nulisnya ya. Apalagi butuh usaha maksimal kalau nulis untuk lomba. Sedangkan saya mau nulis yang santai-santai saja.

Resep Terong Pete Balado


Oke deh, supaya blog ini update terus dan bisa naik domain authoritynya, saya akan membagikan resep terong pete balado yang sangat biasa ini. Masakan ini hanya saya yang suka. Suami dan anak-anak tidak suka. Ya siapa tau di antara teman-teman pembaca ada yang suka juga dan mau masak sendiri. 

Terong pete balado bisa disajikan bersama sayur tumis bunga pepaya yang resepnya sudah saya tulis di resep tumis bunga pepaya ya. 

Resep Terong Pete Balado 

Untuk bahan-bahannya tentu saja sangat mudah didapatkan di tukang sayur dekat rumah, karena terong itu pasti tersedia di tukang sayur mana pun. Harganya juga murah meriah. 

Sedangkan untuk petenya nih, kadang susah dapatnya karena harus rebutan dengan ibu-ibu komplek. Selain itu di hari-hari tertentu, harganya bisa sangat mahal. Yup, hanya untuk sayuran yang bau ini kadang saya pikir-pikir mau beli kalau harganya sedang mahal. Tapi emang pete itu bikin ketagihan. 

Awalnya suami saya melarang masak pete, tapi sekarang udah longgar. Asal nggak tiap hari aja masak pete. 

Berikut bahan-bahannya: 

Terong 2-3 buah 

Pete 1 papan 

Cabai merah keriting 5 buah 

Cabai rawit merah 5 buah 

Bawang merah 4 siung

Tomat 1/2 buah (kalau ukurannya besar)

Garam dan penyedap secukupnya 

Air 100 ml 

Minyak untuk menggoreng terong dan menumis bumbu.

Cara memasaknya: 

Potong-potong terong sampai bentuk dadu besar, lalu goreng dan tiriskan. 

Keluarkan pete dari cangkangnya.

Blender cabai, bawang, dan tomat sampai halus dengan sedikit air.

Masukkan minyak untuk menumis, lalu tumis semua bumbu. 

Setelah harum, masukkan terong dan pete, aduk rata. 

Terakhir, taburi garam dan penyedap. Aduk rata lagi. 

Masak sampai airnya surut. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat. 

Masakan sayurannya kan sudah semua ya, jangan lupa masakan protein hewani juga. Bisa dicoba Resep Ayam Bakar Kecap yang Mudah dan Enak untuk tambahan protein hewaninya. Berhubung sekarang saya sedang diet mggak makan nasi, cukup makan lauk pauk di atas itu sudah mengenyangkan kok. 

1 comment:

  1. Langsung neguk liur 😄😄. Balado terong kesukaanku, tiap Minggu pasti ada menu itu. Tapi jrg pake Pete, Krn susah di pasarku jarang ada 🤣🤣. Kalo kebetulan ada, baru deh mba beli. Pete itu memang makanan paling pas buat sambel dan balado yaaa 🤣

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^