Wednesday 14 September 2022

Resep Dimsum Mudah dan Hemat

Kali ini saya mau membagikan resep dimsum yang baru dua kali saya coba nih. Dimsum atau somay, sama saja menurut saya. Anak-anak lebih suka somay sih karena kalau dimsum itu ada wortelnya dan ayamnya terlalu banyak. Jadi sebenarnya yang disukai anak-anak saya itu cuma tepung tapioka kenyal-kenyal hehehe.... 

Resep Dimsum


Resep dimsum mudah dan hemat ini saya peroleh dari google yang tentu saja ada bahan-bahan yang saya kurangi, sesuai dengan kesukaan anak-anak. Dulu saya pikir sulit membuat dimsum sendiri. Ternyata setelah dipraktekkan ya nggak terlalu susah. Sebagiaman setelah saya mempraktekkan Resep Tumis Bunga Pepaya Anti Pahit. Kenapa saya jadi ingin membuat dimsum? Itu karena saya punya kulit pangsit basah yang nggak kepakai di rumah.

Tadinya memang saya mau membuat dimsum tapi kok ya malas. Kulit pangsit basah itupun teronggok saja di kulkas sampai beberapa waktu. Akhirnya baru kemarin dapat hidayah untuk memasak dimsumnya. Eh ternyata nggak sulit, meskipun butuh dua kali untuk dapat hasil yang lumayan.

Percobaan pertama, dimsumnya terlalu keras sehingga harus cepat dimakan. Mungkin karena pakai dada ayam filet dan tepung tapiokanya kebanyakan. Percobaan kedua, baru deh lumayan dengan paha ayam filet dan mengurangi takaran tepung tapiokanya. 

Tentu saja hasilnya tidak seenak di restoran Cina, karena yang masaknya itu chef. Tapi buat dimsum rumahan ya masih bisa dimakan deh. Anak-anak saya pun mau memakannya. Boleh dicoba sebagai ajang belajar memasak dimsum, tapi ekspektasinya jangan ketinggian ya hehe. 

Resep Dimsum Mudah dan Hemat

Bahan-bahannya: 

Daging ayam fillet bagian paha

Tepung Tapioka 100 gram

Lada, penyedap rasa, garam masing-masing 1/2 sendok teh

Bawang putih 3 siung, iris tipis 

Telur ayam 1 butir  

Kulit pangsit rebus

Cara memasaknya: 

Daging ayam fillet dicacah sampai halus sekali. Kalau bisa ya diblender, tapi saya pilih dicacah saja. 

Masukkan irisan bawang putih, tepung tapioka, telur ayam, lada, penyedap rasa, dan garam ke dalam daging ayam yang sudah halus. Aduk semua sampai rata.

Basahi kulit pangsit dengan sedikit air, lalu masukkan adonannya secukupnya dan tutup kulit pangsitnya berbentuk kelopak bunga. 

Panaskan kukusan, basahi wadah kukusan dengan sedikit minyak. 

Masukkan dimsumnya ke dalam wadah kukusan dan tunggu sampai 30 menit.

Angkat dan sajikan.

Mudah banget kan? Kalau adonannya mau ditambahkan parutan wortel dan irisan daun bawang juga boleh ya. Bebas saja. Ternyata memang semudah itu memasaknya. Yang susah adalah membentuk kulit pangsitnya sampai berbentuk kelopak bunga. Butuh latihan berkali-kali agar sempurna. 

Saya tidak sempat memotret dimsumnya nih, jadi fotonya hanya pas-pasan di atas itu. Soalnya begitu matang langsung diserbu. Untuk kuahnya sih anak-anak cukup pakai kecap dan saus. Jadi saya tidak membuat kuah dimsum. Boleh dicoba asal jangan protes kalau rasanya biasa saja ya hehehe. Maklum, saya hanya bisa memasak Menu Masakan Sehari-hari yang Mudah dan Enak.



 

1 comment:

  1. Bikin sendiri lebih enak ya sepertinya, jadi pengen. Selama ini ga pernah bikin sendiri, cuman beli aja kalau lagi pengen

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^