Thursday 25 August 2022

Resep Tumis Bunga Pepaya Anti Pahit

Bahagia itu saat berhasil memasak tumis bunga pepaya yang nggak pahit. Biasanya saya beli saja kalau menemukannya di warung tegal. Soalnya jarang banget yang menyediakan tumis bunga pepaya. Bisa jadi karena bunga pepayanya juga sulit didapat. Kalau resep tumis kangkung favorit keluarga sih mudah dipraktekkan, bagaimana dengan yang ini? 

Resep tumis bunga pepaya


Kalau cerita soal bunga pepaya, masih tersisa dendam di hati. Dulu di rumah yang lama, saya menyebar biji pepaya di sebelah rumah yang kosong. Nggak disangka ada yang tumbuh juga. Sayangnya, itu pepaya jantan yang nggak ada buahnya tapi ada bunganya.

Yup, bunganya itu nggak bisa menjadi buah. Kalau pepaya betina kan pasti jadi buah. Orang Indonesia memang kreatif ya. Biarpun nggak bisa jadi buah, tapi tetap bisa dinikmati. Daun dan bunga pepaya ini bisa dijadikan sayur yang manfaatnya sangat bagus untuk diet dan menurunkan kadar gula darah.

Masalahnya, rasanya itu pahit banget. Saya nggak tau cara memasaknya. Selain itu, belum juga coba dimasak eh ada tetangga yang mencuri bunga pepaya saya. Nggak hanya itu. Pucuk daun pepayanya juga dicuri. Kesel deh. Mentang-mentang tumbuhnya di rumah sebelah yang kosong. 

Akhirnya, saya nggak pernah mencoba memasak tumis bunga pepaya. Nah, beberapa waktu lalu saya melihat tukang sayur menjual bunga pepaya ini. Saya jadi terbayang tumis bunga pepaya yang enak banget, asal nggak pahit. Coba ah saya beli dan nanti googling cara masaknya. Alhamdulillah, setelah mencontek dari google, saya berhasil memasak tumis bunga pepaya anti pahit.

Resep Tumis Bunga Pepaya Anti Pahit

Bahan-bahannya: 

Bunga pepaya 

Teri asin

Daun singkong 

Cabe, bawang merah, bawang putih, air, terasi

Garam, minyak goreng, penyedap

Cara Memasak: 

Petik bunga pepaya dan daun singkong, buang tangkainya. Rebus bersama-sama selama 10 menit sambil dikasih garam secukupnya. Kemudian tiriskan dan buang airnya. 

Rendam teri asin di dalam air panas, tiriskan. Lalu tumis teri asinnya. 

Blender cabe, bawang merah, bawang putihnya, terasi, dan sedikit air. Tumis bersama teri asin. 

Masukkan daun pepaya dan singkong ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk sampai merata. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. 

Rahasia Anti Pahit 

Hasilnya tumis bunga pepaya ini sama sekali tidak pahit. Rahasianya ada pada garam dan daun singkong. Jika direbus bersamaan, bisa menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Selain itu juga karena dimasak bersama teri dan terasi. Jadi rasa pahitnya benar-benar hilang. 

Saya sudah tiga kali nih masak tumis bunga pepaya ini saking ketagihannya. Nggak kalah enaknya sama di warteg. Nggak pahit pula. Untuk daun singkongnya sih sedikit saja ya, karena hanya untuk membantu menghilangkan rasa pahitnya.

Selamat mencoba. Boleh dicoba juga menu masakan sehari-hari yang mudah dan enak ala saya lainnya di blog ini. 




3 comments:

  1. Harus pakai daun singkong, kalau garam saja masih pahit gaj ya

    ReplyDelete
  2. ow jadi itu rahasianya supaya ga pahit. Makasih Mbak Leyla

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^