Thursday 6 January 2022

Resep Sambal Ayam Geprek

Kalau sedang tak sempat memasak, saya pasti order food online saja. Untuk masakan lokal, kesukaan anak-anak adalah ayam geprek, sate padang, dan bakso. Kemarin itu anak-anak minta ayam geprek terus. Sebenarnya yang membuat beda bukan ayamnya, tapi sambalnya. Yup, sambal ayam geprek selalu membuat ketagihan! 


Sambal ayam geprek



Saya sudah tahu resep sambal ayam geprek ini sejak masih kecil dari pembantu rumah tangga tante saya. Waktu kecil saya sering makan di rumah tante saya dan pembantunya membuat sambel geprek. Dulu namanya bukan sambal ayam geprek tapi sambal rawit jawa. Rawit Jawa itu cabai rawit yang sueper puedes, bikin lidah membara. Ukurannya besar dan berwarna oranye, kuning, atau hijau muda. 

Meskipun pedas, saya ketagihan memakannya. Apalagi cara membuatnya juga mudah sekali. Hanya bermodalkan cabai rawit jawa, garam, dan bawang putih. Untuk sambal geprek, agak berbeda sedikit resepnya. 

Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan: 

Cabai Rawit Jawa secukupnya 

Bawang putih 3 siung 

Garam, gula, dan penyedap secukupnya

Minyak goreng tiga sendok makan

Tomat 1/2 buah (boleh pakai atau tidak) 

Cara memasaknya: 

Cuci bersih dan pisahkan cabai dengan tangkainya, kupas kulit bawang putih, lalu goreng cabai, bawang putih, dan tomat ke dalam minyak goreng sampai agak layu. Hati-hati minyaknya menyiprat dan cabainya lompat-lompat ya. 

Ulek cabai, bawang putih, dan tomat sampai halus. Tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap secukupnya. Siram dengan sisa minyak gorengnya. 


Nugget Geprek


Sambal ayam geprek pun sudah jadi. Selanjutnya bisa digeprek ayam goreng di atas sambal itu. Kalau tidak ada bisa pakai nugget seperti di foto saya itu. Untuk sayurannya, bisa masak Acar Timun Kuning nih! 


5 comments:

  1. Kalau bikin ayam geprek, aku oakai tomat yang gede 1 buah aja. Gula sudah pasti iya paling 1 sendok teh cukup :D Menu ayam geprek memang kesukaan keluargaku :D Kadang bawang merah aku tambahkan juga, pokoknya semua masuk hahaha :D

    ReplyDelete
  2. Uww sambal ayam geprek emang penentu, apa ayam geprek itu enak atau enggak, haha... Walau di sini rawit setan mahal, tapi tetap saya beli kalau mau bikin sambal ayam geprek. Bawang putihnya banyak juga ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sampe skr, aku masih belum bisa move on dari ayam geprek nya adek mba nitaaaa 👍👍👍😍. Masih tetep yg terbaik sih mbaaa 😍.

      Krn bener sih, ayam geprek itu yg penting sambelnya. Itu yg menentukan banget ayam geprek nya bakal enak atau ga :D

      Delete
    2. Wkwkwkwk... Resep nebak-nebak sendiri, jadi bawang putih sesuai selera 😂

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^