Saturday 11 June 2016

Pisang Goreng Keju, Takjil yang Mudah dan Mengenyangkan

Assalamu'alaikum, kembali lagi di menu resep Ramadhan. Kemarin saya sudah bagikan resep membuat Udang Tempura Seperti di Restoran Jepang. Kali ini saya ingin membagi resep Pisang Goreng Keju yang enak, wangi, dan bikin nagih. Siapa yang nggak suka Pisang Goreng? Pisang Goreng itu enaknya dimakan saat kita sedang santai-santai di waktu pagi atau sore hari. Sambil baca buku dan minum teh atau kopi. Hem, maknyuusss... Eh, tapi di bulan puasa gini kan kita nggak bisa makan di pagi dan sore hari. Bisanya setelah Magrib. Jadi, menu Pisang Goreng ini enaknya dibikin jadi takjil, alias makanan pembatal puasa setelah azan Magrib. 


Saya mendapatkan resep membuat Pisang Goreng dalam bentuk Sate Pisang ini di acara cooking class yang diadakan oleh Sriboga Easy Mix di Plaza Bisnis Kemang. Sebenarnya cara membuatnya sih gampang, hanya tinggal mencampurkan tepung terigu dengan air, lalu masukkan pisangnya, dan goreng. Eh, tapi yang ini berbeda lho. Pembedanya ada pada tepung yang digunakan, yaitu Tepung Pisang Goreng Sriboga Easy Mix. Tepungnya itu praktis banget. Sudah manis, nggak perlu pakai gula dan garam lagi. Tinggal tuang tepungnya ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air. Pisang yang digunakan adalah Pisang Raja. Yang menarik, tepungnya ini wangiiii.... Wanginya bikin pengen cepat-cepat maem pisangnya. 

Pisang Raja belah dua

Aduk rata
Sate Pisang

Di rumah, saya mempraktekkan lagi ilmu yang sudah diberikan oleh Chef Citra. Berhubung Pisang Raja susah didapat, jadi saya pakai Pisang Uli. Harganya sedang mahal nih, maklum bulan Ramadhan. Sesisirnya Rp 8000. Biasanya sih cuman Rp 5.000-an. Yuk, mulai masak. Saya masak menjelang buka puasa. Jadi pas dimakan itu masih hangat dan sedap.

Bahan-bahan yang Diperlukan: 
10 buah Pisang Uli, belah dua. 
Tepung Pisang Goreng Sriboga Easy Mix
Air dingin secukupnya
Parutan Keju
Selai Strawberry
Minyak goreng

Cara membuatnya:
Masukkan 6 sendok makan penuh Tepung Pisang Goreng Sriboga Easy Mix ke dalam mangkuk, tambahkan air dingin secukupnya. Aduk sampai tepung tidak menggumpal dan kental. Jangan terlalu cair ya tepungnya. Cemplungkan satu per satu ke dalam minyak panas. Masak sampai menguning, angkat, dan dinginkan. Kemudian, oleskan selain Strawberry dan taburi parutan keju. Alhamdulillah, nikmaaat.... 

Tepung Sriboga Easy Mix bisa dibeli di supermarket-supermarket, atau kalau mau praktis bisa pesan di www.easymix.co.id. Kemarin ada yang nanya apakah tepung Sriboga EasyMix ini halal? Saya jawab ya, HALAL. Sudah ada logo MUI-nya ya Bu, di bawah kemasan. Insya Allah, aman untuk jadi bahan pembuat makanan. Kita bisa membuat kreasi lain dari resep Pisang Goreng Sriboga EasyMix ini, lho.... Yuk, dicoba di rumah!

6 comments:

  1. Kl aku suka pisang cokelat keju... tp resep ini boleh dicoba mak...

    ReplyDelete
  2. Iya kesukaan saya banget ini mah pisang goreng. Bikin ah.

    ReplyDelete
  3. aku suka banget buah pisang,apalagi kl udah jadi pisgor keju..makin suka

    ReplyDelete
  4. Mudah banget ni, Mak. Okelah, daku ke pasar beli pisang he he he

    ReplyDelete
  5. hemmmm jadi pengen buat... tiba2 laper, pisang mana pisang ^^

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^