Tuesday 15 March 2016

Cara Mengobati Gondongan pada Anak

Cara Mengobati Gondongan pada Anak
Assalamu'alaikum... Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai cara mengobati gondongan pada anak. Beberapa waktu lalu, saat saya dan anak-anak sedang menginap di rumah orangtua saya, Sidiq mengeluh sakit di bagian pipi ke arah telinga kanan. Saya cek, eh ternyata bengkak. Untungnya, adik saya sudah pengalaman terkena penyakit ini. Ya, namanya Gondongan. Penyebabnya belum diketahui apa, menurut Mbak Google sih karena penurunan daya tahan tubuh. Biasanya menyerang anak seusia Sidiq. Obatnya hanya cukup makan dan tidur. Saya tanya ke adik saya yang sering berobat ke dokter, obat Gondongan dari dokter itu hanya antibiotik dan penurun panas (kalau demam). Berhubung Sidiq nggak demam, ya saya nggak perlu bawa ke dokter. 


Alhamdulillahnya, Sidiq nggak rewel. Pertanda penyakitnya masih tahap ringan. Dia hanya mengeluh sedikit dan tidur. Berdasarkan kebiasaan, Gondongan itu konon bisa diobati dengan bubuk BLAU. Iya, blau untuk pemutih pakaian. Entah apa hubungannya. Saya coba saja. Bubuk Blau yang berwarna biru itu dicampur dengan sedikit air, lalu dioleskan ke pipi Sidiq. Ternyata efeknya untuk mendinginkan atau meringankan rasa nyut-nyut akibat bengkak itu. Beberapa menit setelah dioleskan, Sidiq pun nggak mengeluh sakit lagi. Tapi itu harus diulangi kalau olesan blaunya sudah mulai hilang atau anaknya mulai mengeluh lagi.

Untuk pengobatan dari dalam, saya kasih Gold-G Sea Cucumber Jelly. Kebetulan saja obat itu ada di meja adik saya. Sejenis suplemen dari teripang berbentuk jelly warna putih. Rasanya seperti putih telur, amis-amis gitu. Sidiq berani meminumnya karena ingin sembuh walaupun rasanya eneg. Adik saya beli secara online, tapi saya belum googling juga di mana belinya. Manfaatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bismillah saja deh, toh kalau ke dokter juga dikasihnya antibiotik. Asalkan sakitnya nggak lebih dari tiga hari. Kalau sudah lebih dari tiga hari, baru dibawa ke dokter.

Ternyataa.... sakitnya cuma dua hari! Setelah dua hari itu saya kasih Blau dan Gold-G Sea Cucumber Jelly, bengkaknya hilang. Alhamdulillah ya, percaya nggak percaya dengan Blau itu. Belum ada penelitiannya sih. Sidiq sempat main ke luar dengan pipi kebiruan dan jadi tontonan orang, hehehe.... Eh, jangan sepelekan Blau. Buktinya, Sidiq nggak merengek kesakitan beberapa saat setelah diolesi Blau. Mulai sekarang harus sedia Blau nih di kotak P3K hehe...

1 comment:

  1. Iya, katanya diberi blau ya.
    Anakku bungsu pernah kena juga, tapi nggak parah. Jadi istirahat aja, libur sekolah dulu 3 harian :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^