Sunday 25 January 2015

Resep Pizza Rumahan

Pizza Rumahan
"Pizzanya enaaak. Mama bikin toko Pizza aja!" celetuk Sidiq, sambil melumat pizzanya. Ismail juga berkomentar, "kue bikinan Mama enak-enak, ya...." Hiyaaa... mamanya tersipu-sipu, walaupun masih merasa nggak pede. Ini pizza pertama buatan saya, didedikasikan untuk anak-anak yang pengen banget makan pizza. Syukurlah, rumah saya jauh di kampung jadi nggak bisa delivery pizza. Mau pizza, harus ke mall. Saya coba aja deh bikin sendiri dari  buku resep "Buku Masak Pertamaku" karya Annabel Karmel, terbitan Esensi. 

Sudah lama saya punya buku resepnya, tapi baru pertama mencoba salah satu resep cookies. Untuk resep pizza ini, semula mikirnya bakal susah. Apalagi nguleninya, bikin keringetan. Eh, ternyata lumayan gampang dan hasilnya pun lumayan yah. Kalau kurang bulat seperti pizza-pizza di toko, ya maklum aja dah, namanya juga baru pertama bikin, hehehe....

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Ragi (saya pakai Fermipan), ini adalah pengembang roti (soalnya ada yang nggak tahu :D), bisa dibeli di warung-warung terdekat. Gunakan 1 1/2 sendok teh. 
  2. Tepung terigu 375 gram. 
  3. Garam 1/2 sendok teh.
  4. Gula 1 sendok makan. 
  5. Merica 1/2 sendok teh.
  6. Minyak goreng/ minyak zaitun 2 sendok makan. 
  7. Air hangat 250 ml.
  8. Campur seluruh bahan
  9. Topping pizza: keju, sosis, saus tomat, mayonaise. Bisa juga ditambahi bawang bombay, daging ayam, daging burger, jagung manis, dan lain-lain sesuai selera dan ketersediaan bahan :D
Cara membuatnya:
  1. Ragi dicampur dengan air matang 3 sendok makan, aduk-aduk sampai berbusa atau kurang lebih 10 menit. 
  2. Tepung terigu diayak, campur dengan garam, gula, dan merica. Buat cekungan di tengah, masukkan ragi, minyak goreng, dan air hangat. Aduk semuanya. Taruh adunan di atas meja yang bersih, yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Uleni adonan (diaduk-aduk pakai tangan, seperti sedang menyuci baju pakai tangan) sampai halus dan elastis. Kalau lengket, lumasi tangan dan adonan dengan minyak goreng. Lakukan kurang lebih 8 menit. 
  3. Lumasi mangkuk dengan minyak goreng, masukkan adonan, ratakan ke seluruh mangkuk, lalu tutup dengan plastik. Diamkan sampai mengembang 2 x lipat. 
  4. Setelah mengembang, taruh lagi di meja bersih yang sudah diolesi tepung terigu, bagi 2 atau 4 adonan, tergantung besar kecilnya pizza. Gilas adonan (saya biasa gunakan botol sirup) sampai berbentuk bulat pipih. 
  5. Taruh di atas loyang pemanggang yang sudah diolesi minyak goreng, hiasi toppingnya dengan saus tomat, sosis, keju, mayonaise. 
  6. Panggang dengan suhu 220 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. 
Tunggu mengembang

Hias topping pizza
Yuk, cobaiin! ^_^






















6 comments:

  1. yuhuuu...looks so yummie... saya jadi kepikiran pengen bikin sendiri juga dirumah Mba

    ReplyDelete
  2. waaaa bikin laper mak, menggoda banget sih...sepertinya mudah ya caranya ntar kalo banyak waktu mau bikin juga ah :)

    ReplyDelete
  3. Asiiik...pake pan bisa ga ya..???

    ReplyDelete
  4. Beberapa hari ini ligat pizza terus...mauuu mbak ^^

    ReplyDelete
  5. Beberapa hari ini ligat pizza terus...mauuu mbak ^^

    ReplyDelete
  6. Keliatannya enaaak mak :D, jadi pengen nyoba bikin dirumah buat bekel Marwah juga :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^