Friday 13 September 2013

Nulis Sambil Ngasuh Anak?

Kemarin itu saya baca postingan Windi Teguh tentang kesulitannya menulis setelah memiliki bayi, lalu nama saya pun disebut. Katanya saya kok masih bisa nerbitin buku dan ngeblog, meskipun punya tiga balita? Idiiih.. jadi ge-er nama saya disebut-sebut. Sebenarnya, saya gak super-super amat. Wong, kondisinya juga berbeda. Windi kan kerja di kantor di siang hari, sedangkan saya di rumah. 


Saya justru merasa bahwa produktivitas saya masih kalah jauh dari ibu-ibu lain yang sering menang lomba blog dan menerbitkan buku juga, meskipun punya anak-anak kecil.  Selama ini, saya menulis gak pakai target dan deadline. Ikut lomba blog juga sering banget karena timing yang pas. Misalnya, saya lihat lomba blog itu diperpanjang, mungkin pesertanya kurang. Lalu, saya pun mengikutinya, meski akhirnya gak menang juga hehe.... Begitu juga sewaktu ikut lomba novel. Memang sudah diniatin, tapi ternyata saya gak bisa ngejarnya. Eh,  gak disangka deadlinenya diperpanjang, dan saya bisa ngejarnya! Wuiiih.... yaaa.. walopun gak menang juga. 

Kapan saya menulis? Itulah... saya juga gak bisa menyebutkan waktunya. Random saja. Kalau bayi saya bisa tidur pulas dan saya gak ikut tidur, itu artinya saya bisa menulis. Kakak-kakaknya sudah bisa main berdua, malah kalo saya temani kok saya jadi bengong, wong mereka asyik ngobrol berdua. Kecuali kalo mereka udah minta dibacain buku atau ngobrol. Sering kali kakak-dede itu mau ngobrol sama saya, misal kalo ada kejadian di sekolah, mereka akan cerita-cerita. Nah, saat itulah saya harus fokus memperhatikan.

Urusan rumah tangga? Waktu belum ada yang bantuin, ya saya kerjain menjelang deadline. Deadlinenya sore hari, jadi saya mulai beres-beres rumah jam 4 sore. Pagi sampai sore itu nemenin anak-anak. Malam hari, baru deh nulis. Nulisnya pun harus fokus. Jangan buka sosmed dulu. Apalagi kalau mau nyelesein nulis novel, modem jangan dicolok dulu. Tapi pada akhirnya ya dicolokin juga, karena butuh googling referensi data. Kalo udah begitu, biasanya kebablasan. 

Mungkin karena gak pakai target itu, ternyata tulisan saya banyak juga yaaa.... walopun gak semua lomba blog diikuti, cuma yang gampang aja. Apalagi rejeki saya sekarang ini lebih banyak di giveaway yang ninggalin komen (bukan buat postingan). Gampang banget kan? Xixixixi.... Jadi, klo lomba blognya susah, tinggalin aja lah. Yang gampang aja gak menang-menang. Klo giveawaynya susah, tinggalin jugalah. Maklum, emak rempong.

Intinya, nikmati saja ritme hidup ini. Gak usah membandingkan pencapaian kita dengan orang lain, karena akan cape sendiri. Contohnya saya dan Windi ya beda jauuuh... Windi kerja di kantor, saya kan nganggur di rumah. Jadi pekerjaan rumah bisa dikerjakan di pagi sampai sore hari. Sedangkan Windi baru bisa menemani anak di malam hari, ya harus fokus nemenin anak. Insya Allah kelak ada waktunya untuk menyalurkan hobi nulis lagi. Enjoy sajaaa....


2 comments:

  1. suka degan kalimat ini mbk "Intinya, nikmati saja ritme hidup ini. Gak usah membandingkan pencapaian kita dengan orang lain, karena akan cape sendiri"
    jujur,saya salut sama mbk lely yang udah bisa nerbitin beberapa buku loh.sempat mikir,kok bisa ya??hehe,,g bisa ngebayangin,soalnya blm punya anak jd mikirnya kl punya anak itu ribbbetttt banget hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dipikir ribet krn nanti beneran ribet mbak Zwan hehe... nikmati saja :D

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^