Friday 20 September 2013

Khayalan Ibu Rumah Tangga: Semua Pekerjaan, Beres!


Ngomongin soal khayalan di usia yang sudah STU (setengah tua) bikin bingung sendiri. Setelah menikah, saya merasa jadi semakin realistis #halah. Gak berani mengkhayal yang macam-macam. Gak seperti saat ABG, stok khayalan gak habis-habis, dari mulai jadi bintang pilem Mandarin, Miss Universe, sampai pacaran sama Leonardo Di Caprio #tsaaah…..

Khayalan saya apa ya? Mau mengkhayal saja kok susah.  Sampai kemarin itu, saya nungguin si bibi yang bantuin kerjaan rumah tangga, kok gak datang-datang. Celana sekolah Ismail belum disetrika. Belum nyiapin bekal, mandiin anak-anak, ngurusin bayi, dan sebagainya. Hadoh! Mulai deh kepala keliyengan dan berpikir macam-macam.

Si bibi ini baru sepuluh hari kerja di rumah saya. Kerjanya cuma sampai siang, beres-beres rumah. Urusan anak-anak tetap saya yang pegang. Alhamdulillah, setelah nyaris setahun ini berjuang sendiri, ada juga yang mau kerja bantuin. Nyari asisten ini bukan perkara gampanng, sekalipun kerjanya hanya setengah hari. Suami saya sampai sms teman-temannya yang pulang kampung. Begini bunyi smsnya:

“Pesan orang yang mau kerja ya….”

Dan, jawaban dari teman suami saya:

“Wah, susah.. itu profesi yang paling dicari abad ini…..”

Gubraaaak….. So, apa ada yang mau mencoba profesi ini? :D

Jadi, terpaksa untuk pertama kalinya saya  pakai asisten yang cuma nyuci-setrika dengan gaji yang sama dengan bila dia pegang semua kerjaan (kecuali mengasuh anak dan memasak). Rugi dong? Ya, lumayan, daripada gak ada. Itupun harus berbagi dengan majikannya yang satu lagi dan saya cuma kebagian waktu 1,5 jam. Kerjanya cepet banget, alhasil cucian kurang bersih, setrikaan kurang rapih.

Syukurlah, gak lama bibi yang kerja di tetangga sebelah mengabarkan kalau si bibi yang dulu pernah kerja di rumah saya, pingin balik lagi ke rumah saya. Wow… mau banget, dong. Si bibi itu dulu memang kerjanya cukup bagus, bersih, dan rapi. Sayang, dia berhenti setelah setahun lebih bekerja, karena ada semacam misscommunication :D Gaji nambah sedikit, tapi kan dia bakal pegang semuanya, termasuk memasak, kecuali tentu saja mengurus anak.

Sebenarnya saya suka memasak, tapi karena si bungsu ini masih bayi, jadi sering kesulitan mau masaknya. Susahnya masak sambil gendong bayi. Kalau masak pas bayi lagi tidur, ntar denger suara wajan dan serokan yang lagi “berantem,” dia bangun lagi. Sebelum ada si bibi, seringnya saya cuma sempat masak buat anak-anak, buat bapaknya sering keteteran. Kasian kan, suami capek sampai di rumah gak ada makanan?

Saya merasa terbantu sekali dengan kehadiran si bibi ini. Rumah jadi bersih karena dipel tiap hari (biasanya 3 hari sekali :D) dan masakan pun selalu tersedia. Saya tinggal nyuapin buat anak-anak, atau ngangetin kalau suami mau pulang. Saya lebih senang memakai asisten yang setengah hari begini, yang penting kerjaan beres. 

Naaaaah… setelah sepuluh minggu dibantuin asisten, rupanya saya langsung panik begitu ngeliat jam dinding terus melaju di pagi hari, sedangkan si doi belum dateng! Gak ada kabar apa pun, karena saya lupa terus mau minta nomor hapenya. Pikiran pun jadi macam-macam, takutnya dia udah gak betah lagi, trus mengundurkan diri. Duh, gimana ini kerjaan? Mana cucian baju dan piring melimpah, lantai kotor banget, bla bla bla…..

Aaah.. sampai di sini saya jadi mengkhayal, seandainya ada alat yang bisa membantu membereskan pekerjaan rumah tangga dalam waktu singkat! 

Mesin Cuci Baju
Ini dia nih yang bisa mencuci semua pakaian dalam waktu singkat, gak cape, dan tinggal dijemur aja. Saya udah punya mesin cuci ini, hasil dari menang kuis. Kapasitas cuciannya pun besar, jadi bisa nyuci banyak. Masalahnya, mesin cuci seperti ini boros air dan boros listrik. Sekarang juga saya pakai mesin cuci yang biasa, tapi ya itu, cuman nyuci aja. Bilasnya tetap pakai tangan, supaya sabunnya benar-benar hilang. Trus, pengeringnya juga udah rusak. 

Mesin Cuci Piring
Nah, kalau ini, saya belum punya. Harganya juga WOW. Konon katanya, piring-piring tinggal disusun di dalam lacinya, kasih sabun, nanti dia akan nyuci sendiri. Rumah tangga-rumah tangga di luar negeri udah banyak yang memakai ini. Nyuci piring itu keliatannya sepele, tapi kalo piringnya segunung ya capek juga. 

Gambar dari sini
Alat  Sapu dan Pel Instan
Nah, kalo yang ini saya belum nemu yang bisa bekerja sendiri, hehehe….. Kayaknya nyapu dan ngepel belum bisa digantikan oleh mesin, kecuali pakai robot, tapi berapa harganya? Eit dah…. Susah amat yak, xixixi…. Urusan nyapu dan ngepel ini sangat penting buat saya, karena rumah selalu berantakan oleh tiga anak (terutama dua yang besar itu). 

Mesin Setrika
Setrikaan udah pasti jadi momok ibu-ibu, apalagi yang punya anak banyak dan kecil-kecil kayak saya. Kalau gak pake asisten, setrikaan numpuk terus, kayak gak ada selesainya. Padahal, memang ngerjainnya gak tiap hari saking kok gak ada waktu buat nyetrika ya? Udah lama saya mimpi pengen punya setrika uap, ang konon baju tinggal digantung dan disentuh sebentar oleh setrika uap, langsung licin deh. Gak tau sih apakah bener seperti yang di teve-teve itu, kalo baju cepet licin? Saya pernah survey ke ibu-ibu yang udah make sih katanya gak begitu banget, alias  tetap aja pake tenaga yang lumayan pas nyetrikanya, heuheu…..
Setrika uap


Makanan Instan
Hadooh.. yang namanya makanan instan kan gak bagus. Delivery order juga susah dari rumah saya, maklum jauh dari peradaban #lebay.  Lagipula, kalau keseringan delivery ya bangkrut juga. 

Pekerjaan rumah tangga ternyata memang gak semudah yang kita bayangkan. Saya ingat waktu masih gadis dulu, pengennya jadi ibu rumah tangga saja. Kan enak, tinggal ongkang-ongkang kaki terima duit dari suami dan tunggu suami dan anak-anak pulang :D Jiyaaaah kenyataannya ya gak begitu. Ibu rumah tangga tanpa asisten adalah orang yang paling banyak pekerjaannya, sampe gak ada istirahatnya.  Gak ada alat apa pun yang bisa menuntaskan semua pekerjaan rumah tangga. Tetap saja kita harus pegang alatnya pakai tangan, ya kan? Makanya, hargai pekerjaan ibu rumah tangga! 

Daaaan… ketika saya masih mengkhayal sambil mencuci piring dan memutar cucian di mesin cuci, si bibi yang kerja di tetangga sebelah tiba-tiba masuk ke rumah dan berteriak,

“Buuuu…. Gak  usah dikerjain! Bi Ikah (nama asisten saya) nanti juga datang. Tadi dia ke rumah saya, minta tolong dikasihtau ke Ibu. Pagi-pagi mendadak ke Kecamatan, ngambil BLT (Bantuan Langsung Tunai). Harus pagi ini juga ngambilnya. Ntar siang dia datang ke sini,” katanya, dengan semangat. 

Saya mematikan kran. Cucian piring sudah beres, tinggal bilas cucian baju aja. Bayi bangun gara-gara teriakan si bibi tetangga. Senyum saya pun terkembang. Alhamdulilah….. 


12 comments:

  1. Jd emak2 emang bikin kreatif ya mak.. Termasuk dlm hal mengkhayal.. Hihihi.. Klo ada sapu 'n pel instan aku mau jg donk.. :D

    ReplyDelete
  2. hahahaha,,bener2 seru khayalannya...sekalian mesin cuci yg bisa nyuci,bilas,nyetrika.keluar2 udah mulus tinggal masukin di lemari,,hahahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ide bagus tuh, Mak Hanna... klo perlu udah masuk sendiri ke lemari :D

      Delete
  3. hehehe... benar juga ya, khayalan ibu2 adalah semua pekerjaan rumah beres! Kalo punya tongkat kayak peri, tinggal tring.. tring.. tring... beres deh.... wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah.. iya mbaa... itu lebih mantap lagi khayalannya, jadi ibu peri :D

      Delete
  4. saya ninggalin jejak dulu, baru bvisa masukin peserta :D

    ReplyDelete
  5. Seru mbak.. Saya juga ngerasain oenderitaan yang sama :)

    ReplyDelete
  6. Asyiik, pinjem doong alat2nyaa :D Semoga sukses untuk GA-nya yaa :)

    ReplyDelete
  7. Walau malas walau rajin si suamilah yang menanggung dosa si isteri...
    ada suami yg rajin, ada juga yg malas...
    jangan lupa...
    ada isteri yg rajin, ada juga yg malas...
    Pasangan masing2 adalah yg terbaik allah sediakan utk kita...
    masing2 ada tanggung jawab...

    Semua isteri memang senang dapat suami rajin sampai ada puji melangit..
    tapi siap" jika sebut suami berpoligami semua wanita menyumpah makian dan umpat .
    begitulah besarnya peranan suami pendamping hidup.

    " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan "
    (At Tahrim : 6)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^