Sunday 14 July 2013

Travelling yang Terganggu Gara-Gara Magh Akut

Ceritanya, suami saya ngajakin liburan ke Bandung, tanggal 22 Juni lalu, sekalian dengan acara kantornya. Kami rencana berangkat hari Jumat pagi, karena acaranya dimulai setelah salat Jumat. Eh, hari Kamis sore, saya dan bayi saya (9 bulan), sakit. Perkiraannya sih masuk angin, karena mual-mual dan gak nafsu makan. Bayi saya malah beberapa kali muntah. Malam Jumat, kami langsung ke rumah sakit untuk  memeriksakan kondisi dede bayi, khawatir sakitnya parah. Gagal kan rencana liburan ke Bandung dan menginap di hotel mewah?

Saya sih sudah sedih saja, takut gak jadi liburan. Padahal udah dari seminggu sebelumnya tuh siap-siap mau pergi. Memang saya sudah merasa gak enak badan sejak dua hari sebelumnya. Entahlah, mungkin kecapean dan stress juga, mengurus anak-anak dan rumah tanpa pembantu. Suami juga sibuk terus di kantor, sampai rumah malam. Jadi agak sedikit te-be, tekanan batin #halah. Tapi saya pingiiin banget berlibur ke Bandung, itung-itung kan ngilangin stress. Lah, kalau sakit, bagaimana?

Pas diperiksakan ke dokter, katanya sih bayi saya baru gejala mau sakit. Dikasih obat antimuntah, demam, dan antibiotik, kalau-kalau sakitnya nambah parah. Malam itu juga, kami berikan obat itu sambil berdoa semoga sakitnya gak semakin parah. Alhamduillah, bayi saya udah gak muntah lagi. Justru saya yang merasa kondisi badan semakin drop. Rasanya lemaaaas bangeeet…. Walau begitu, rencana liburan tetap berjalan. Yang penting Dede Bayi udah sehat.

Sebelum Subuh, kami sudah bangun. Seperti biasa, saya yang paling repot nyiapin semuanya. Biarpun badan lagi gak enak, tetap saya yang harus mandiin anak-anak (3 anak), nyiapin baju, dan perbekalan. Suami sih ngurusin mobil aja. Saya pikir adil juga, kan nanti dia yang nyetir sampai ke Bandung. Saya tinggal duduk dan tidur. Jadi, gak apa-apalah saya repot duluan. Suami nyempetin nyuci mobil sendiri, untungnya dia pakai lap microfiber yang dibeli di Ace Hardware, Depok. Jadi, mobilnya cepet kering. Kacanya kan gak boleh lama-lama basah, supaya gak jamuran. Suami saya memang sering belanja perlengkapan rumah tangga di Ace Hardware, Jalan Margonda No 166 Depok. Di sana koleksinya lengkap, berkualitas, tapi terjangkau. Contohnya ya lap kaca Microfiber ini.

Lap kaca Microfiber dari Ace Hardware

Jam 6, kami berangkat tanpa sarapan. Benar-benar mengejar waktu, karena itu kan hari Jumat, di mana orang-orang juga berangkat ke kantor. Gak enak dong kalo kena macet. Syukurlah, perjalanan lancar jaya. Kami baru sarapan di restoran fast food di rest area Tol Karawang. Sebenarnya, dari rumah, saya sudah buang-buang air (BAB), pencernaan terganggu. Saya lupa kalau gak boleh minum yang asam-asam, eh malah minum teh lemon.

Anak-anak senang banget dalam perjalanan


Entah kenapa kok perjalanannya lama banget ya, padahal jalanannya gak macet. Sampai di Bandung sudah jam 12 siang, suami salat Jumat dulu di Masjid ITB, lalu melanjutkan perjalanan ke hotel yang sudah dipesan. Suami benar-benar mengejar waktu karena acaranya jam 13.30 WIB. Sampailah kami di hotel bintang empat, check in, dan masuk ke kamar yang sudah dipesan.

Saya sudah dilanda kelaparan yang amat sangat, karena itu sudah jam makan siang, tapi suami gak sempat membelikan makanan. Lho, kan bisa pesan ke room service? Ehem, gak deh, makasih. Pas lihat menu dan daftar harganya, watauuu.. benar-benar bisa bin kantong bolobg. Apalagi kami kan perginya sebelum gajian. Suami baru gajian tanggal 25, sementara hari itu tanggal 21. Otomatis, kantong lagi cekak. Coba aja, sepotong pizza (sepotong lho, bukan seloyang) saja harganya Rp 45 ribu. Suami menyuruh saya memesan nasi goreng saja. Saya lihat harganya Rp 67 ribu. Oh My God! Mending nunggu suami pulang aja deh.

Oh ya, suami rapat di hotel yang berbeda dengan hotel yang kami tempati. Sengaja suami gak milih hotel tempat rapat, soalnya kan dia bawa keluarga.  Gak enak sama teman-teman kantornya yang ikut rapat juga. Jadi, suami meninggalkan kami (saya dan tiga anak) tanpa makanan. Saya membawa dua bungkus mie instan, tapi itu juga gimana masaknya??? Ada pemanas air, tapi saya coba nyalakan berkali-kali kok gak nyala? Saya telepon resepsionis untuk minta tolong, eh sampai setengah jam kemudian gak datang juga room servicenya. 
Anak-anak berlompatan di tempat tidur hotel

Anak-anak juga kelaparan dan rewel. Di atas meja ada beberapa makanan ringan dari hotel yang harus dibayar dengan harga 3x lipat dari harga toko. Suami pun menyuruh anak-anak memakan itu dulu, nanti dia beli lagi di minimarket dengan merk yang sama. Jadi ditukar, gitu, hehehe….. Si sulung tetap gak mau makan, karena masih ingat sebelumnya dilarang ayahnya makan (saking harganya mahal, wkwkwkwk….). Saya harus menelepon ayahnya dulu supaya anak saya yakin bahwa dia diperbolehkan memakan makanan itu.

Saya utak-atik lagi pemanas air, lalu menelepon resepsionis lagi. Akhirnya, selesai juga urusan setelah dikasih tahu bahwa panel listrik di samping tempat tidur belum dinyalakan. Ya elaah, dari tadi kek ngasihtaunya. Room service juga udah terlanjur datang, tapi saya tolak karena masalah sudah selesai. Saya pun bisa memasak air, lalu merendam mie instan. Anak-anak makan. Saya gak berselera, entah kenapa. Mungkin udah kecapean, padahal perut kurucuk-krucuk. Ajibnya lagi, suami saya pulangnya malam, karena rapatnya molor. Oh, no!

Jam 8 malam, suami datang, tapi kondisi saya sudah mengenaskan. Saya buang-buang air, perut melilit, rasanya benar-benar luar biasa, seperti mau melahirkan. Sakiiiitttt…. Ini benar-benar liburan yang enggak banget. Suami mengajak kami keluar mencari makan, tapi saya udah gak punya tenaga. Suami dan kedua anak saya pun keluar cari makan, tinggal saya dan dede bayi terkapar di atas kasur. Bayi saya gak apa-apa, tapi saya lemas sekali. Perut belum terisi, tapi sudah dikuras habis-habisan. Dehidrasi. Terakhir kali, saya muntah dan isinya makanan yang tadi pagi saya makan. Lho, kok masih utuh ya bentuknya? Kata suami saya, saya kena magh, jadi usus gak bisa mencerna makanan. Perut memang kembung banget.

Dede Salim udah sehat

Suami pulang membawa makanan dan balsam, tapi saya gak bisa makan. Hanya masuk beberapa suap. Saat tidur pun gak tenang, karena bolak-balik ke kamar mandi. Ya Allah, entah apa jadinya liburan kali ini. Gak bisa saya nikmati karena kondisi badan yang gak fit. Tubuh lemes banget. Pagi hari, kami mendapatkan sarapan gratis dari hotel. Saya makan duluan, sementara anak-anak berenang. Saya udah gak tau malu deh. Minum dua gelas jus, satu piring nasi dan lauk pauk, satu piring cemilan, satu cangkir teh manis, dan masih ngider-ngider nyari makanan lain untuk menggantikan makanan yang terbuang semalam. Itupun rasanya belum cukup, tapi gak enak juga diliatin pelayan karena mondar-mandir terus buat nambah makanan, hehehe…..

Hari Sabtu itu, kami checkout sebelum jam 9 pagi. Meneruskan perjalanan ke Garut, ke rumah orang tua suami. Tubuh saya masih lemas, Alhamdulillah sudah jarang BAB dan perut sudah gak begitu sakit. Racunnya sudah keluar semua, mungkin. Tapi sampai di Garut, suami membelikan obat untuk menghilangkan racun dan menambah cairan tubuh yang hilang. Saya nikmati sajalah sisa liburan itu, meski masih gak enak badan. Hfff…. Liburan yang gak sesuai harapan, gara-gara kondisi tubuh yang menurun drastis. Pinginnya sih anak-anak happy, eh malah anak-anak ketularan sakit juga. Yang penting  sekarang semua sudah baik-baik saja. 

Lanjut perjalanan ke Garut
Liburan kemarin itu memang sayang banget untuk dibatalkan, karena sudah pesan kamar hotel. Otomatis, supaya kejadian seperti kemarin gak terulang, saya harus bisa menjaga kesehatan sekeluarga sebelum berangkat berlibur. Seorang ibu sering kali melupakan kesehatannya sendiri, dan lebih fokus terhadap keluarga. Padahal, ibunya juga harus sehat, apalagi kalau anak-anak masih kecil. Pasti kan ibunya yang mengurus. Kalau ibunya sakit, siapa yang akan mengurus anak-anak? Ayahnya sudah fokus pada akomodasi dan transportasi. Kemudian, penting untuk bawa bekal dari rumah, apalagi kalau anggarannya terbatas. Makanan di hotel berbintang tentu akan jauh lebih mahal daripada makanan rumahan. Dan yang terakhir, bawa obat-obatan yang kira-kira akan dibutuhkan, misalnya obat magh, obat masuk angin, dan obat flu.

Nah, itu dia cerita liburanku yang berubah “menyeramkan” gara-gara penyakit magh yang datang tiba-tiba. Cerita ini diikutsertakan dalam kompetisi blog “When Travelling Gone Wrong” yang diadakan  oleh Ace Hardware Indonesia. 





6 comments:

  1. Kalau lambungku kumat biasanya nggak BAB mak, tapi muntah. Pas mudik kemarin perjalanan jogja-jkt terpaksa mampir UGD di Parakan, krn kalau kumat aku memang harus diinjeksi 3 macem obat via nadi & hrs tidur sebentar smp asamnya turun. Diterapi bisa mak, pake obat,Alhamdulillah udah 6 bln gak kumat, tp tetp gak berani kopi, tapai & gak boleh terlalu lama kosong, tp msh bisa puasa. Semoga enggak kambuh lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku muntahnya cuma sekali, Mak. Wah, sampe masuk UGD? lebih parah ya, berarti. Iya nih, aku jg demen kopi, tape, dan suka nunda makan. Aaamiin... moga kita sehat selalu ya, Mak :-)

      Delete
  2. Paling repot kalau ibunya yg sakit. Mau istirahat anak2 tetap nempel. Untung anak2 tetap ceria ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih ceria, tp pulangnya ikut sakit.

      Delete
  3. baru akhir bulan lalu saya liburan ke Jogja dan kena mag akut yang membuat semua berantakan karena tidak kuat melakukan apa-apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan ya kita, Mak. Emang bener2 mengerikan itu magh akut.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^